Advertisement

Advertisement

Advertisement

Cara Membersihkan Cumi Asin dan 4 Cara Mengolahnya Jadi Makanan Lezat!

Bersihkan cumi dengan cara ini untuk olahan cumi yang lezat!

Cara Membersihkan Cumi Asin dan 4 Cara Mengolahnya Jadi Makanan Lezat!

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Siapa di sini yang gemar banget makan cumi? Hidangan lezat bercita rasa gurih, asin dan bertinta hitam ini sering banget dijadikan pendamping nasi. Tapi, kamu tau nggak sih? Kadang membersihkan tinta pada cumi tuh pe-er banget. Cara membersihkan cumi asin yang kurang tepat juga ternyata bisa mempengaruhi tekstur dan aroma cumi itu sendiri. 

Tapi tenang, Yummy bakal kasih tips yang bisa memudahkan kamu untuk menghilangkan tinta cumi dengan maksimal. Kalau gitu, langsung saja kita bahas cara membersihkan cumi asin yang benar versi Yummy yuk! Disimak yah!

Advertisement

Cara Membersihkan Cumi Asin yang Tepat

Nah, gimana yah cara membersihkan tinta cumi asin yang paling tepat? Gampang banget! Kamu hanya perlu mengikuti beberapa cara di bawah ini! Yuk, disimak!

1. Pisahkan Badan dan Kepala Cumi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memisahkan badan dan kepala cumi. Caranya, kamu tinggal ambil bagian kepala cumi dengan satu tanganmu dan tubuh cumi di tangan lain. Tarik perlahan untuk memisahkan kepala cumi dari bagian tubuh cumi.

2. Lepaskan Kantong Tinta

Tinta pada cumi memiliki cita rasa khas yang digemari banyak orang. Karena rasanya yang guring, bisa ditambahkan sebagai tambahan penyedap makanan dalam berbagai macam resep.

Kantung tinta cumi sendiri berapa di dalam jeroan cumi. Bentuknya seperti pembuluh darah yang berwarna hitam dan bisa dengan mudah diambil dengan jari kita.

Pada langkah ini, mungkin kamu akan menemukan sedikit cairan tinta yang keluar. Kamu bisa menampung dan menyimpan cairan tinta cumi untuk bumbu masakan lainnya lho.

3. Buang Tulang Rawan Cumi

Nah, cumi juga memiliki tulang rawan yang berbentuk seperti plastik. Ini bukan plastik yah, sekali lagi ini tulang rawan cumi!

Tulang rawan cumi ini tidak bisa dimakan dan harus dibuang. Caranya, cukup pegang tulang rawan dengan jari-jari kamu dan tarik dari tabung tubuh cumi-cumi. Mudah banget kan?

4. Potong Tentakel

Buat kamu yang suka makan tentakel cumi, pasti nggak masalah kalau tentakel diolah berbarengan dengan daging cumi lainnya. Tapi kalau kamu nggak suka dengan bagian tubuh cumi yang ini, tenang aja. Semua bisa diatasi!

Caranya gampang banget, kamu cuma perlu memotong tentakel dari bagian tubuh cumi dengan menggunakan pisau. Tempatkan pisau kamu tepat di bawah mata cumi-cumi dan potong lurus ke bawah.

5. Bersihkan kulit membran cumi

Kulit cumi  nggak se-glowing putih telur. Kulit cumi memiliki kulit yang gelap dan berbintik yang sebenarnya bisa dimakan kok. Tapi, ada juga yang nggak suka memakan bagian kulit ini. Bagaimana cara membuangnya yah? Gampang banget!

Kulit cumi memang umumnya gampang banget untuk dilepas. Kamu hanya perlu menguliti kulit cumi dari ujung tube hingga bawah. Setelah itu, cuci bagian dalam tubuh cumi hingga bersih sempurna menggunakan jari. Keringkan dan cumi asin siap untuk diolah.

Advertisement

Resep Cumi Asin

Nah, setelah kamu baca tips membersihkan cumi di atas. Sekarang Yummy mau kasih kamu beberapa resep cumi asin yang wajib banget kamu bikin di rumah! Yuk, kita masak!

1. Tumis Cumi Asin

Bahan Utama:

  • 250 gram Cumi Asin
  • 5 buah Petai (opsional)
  • 2 lembar Daun Salam
  • 1 sdm Saus Tiram
  • ¼ sdt Kaldu Bubuk
  • ¼ sdt Garam
  • 1 sdt Gula Pasir
  • 2 sdm Kecap Manis
  • ¼ buah Tomat (iris)
  • 100 ml Air
  • ¼ sdt Merica Bubuk

Bumbu Iris:

  • 4 siung Bawang Merah
  • 1 siung Bawang Putih
  • 1 ruas Bawang Bombay
  • 1 ruas Lengkuas
  • 2 buah Cabai Hijau Besar (buang bijinya)

Cara Membuat:

  1. Bersihkan cumi dan rendam di dalam air mendidih selama 30 menit. 
  2. Setelah direndam, bilas kembali cumi dan potong sesuai selera. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu yang sudah diiris sampai harum lalu masukkan petai.
  4. Tambahan air dan masak hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukkan cumi dan aduk hingga rata.
  6. Beri bumbu, garam, gula, saus tiram, kaldu bubuk, kecap manis, dan merica bubuk.
  7. Aduk hingga rata dan cumi asin petai siap dihidangkan.

2. Sambal Cumi Asin

Bahan Utama:

  • 150 gram cumi asin
  • 1 buah kecombrang (iris tipis) (opsional)
  • Air secukupnya

Bahan Sambel:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah
  • 10 buah cabe rawit
  • 4 buah tomat (ukuran sedang)
  • 1 sachet terasi
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Setelah cumi dibersihkan, rendam cumi selama 2 jam hingga asin dari cumi agak berkurang. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Membuat bumbu sambal: haluskan semua bahan dan tumis dengan minyak panas hingga harum.
  3. Masukkan cumi asin dan aduk sampai rata.
  4. Beri air secukupnya, garam, gula, kaldu bubuk. Aduk hingga rata.
  5. Masukkan kecombrang dan aduk kembali.
  6. Setelah selesai, pindahkan ke wadah.
  7. Sambal cumi asin siap disantap.

3. Balado Cumi Asin

Bahan Utama:

  • 250 gr cumi asin
  • 2 buah kentang
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah cabe merah
  • 8 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Setelah cumi dicuci bersih, rebus hingga air mendidih dan angkat. Tiriskan.
  2. Potong kentang bentuk kotak, lalu goreng kentang, sisihkan.
  3. Siapkan blender dan haluskan bahan bumbu halus.
  4. Tumis bumbu halus hingga wangi.
  5. Masukkan cumi dan saus tiram. Aduk rata.
  6. Masukkan kecap manis, garam, dan gula. Aduk rata.
  7. Tambahkan air. Masak hingga air menyusut.
  8. Masukkan kentang dan aduk hingga rata.
  9. Balado cumi asin siap disajikan.

4. Cumi Asin Petai

Bahan Utama:

  • Cumi asin secukupnya
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 2 buah cabe hijau
  • 2 buah cabe rawit
  • 1 buah tomat
  • 1 batang sereh
  • Minyak secukupnya (untuk menumis)
  • 2 papan petai
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bumbu dan iris-iris.
  2. Setelah cumi dicuci, rendam cumi ke dalam air panas selama 5 menit. Angkat dan iris sesuai selera.
  3. Tumis bumbu hingga harum.
  4. Masukkan cumi yang telah diiris.
  5. Cumi asin petai siap disajikan.

Nah, itu dia beberapa tips cara membersihkan cumi asin hingga bersih dan juga cara mengolah cumi menjadi hidangan yang lezat! Kalau kamu, tertarik bikin cumi asin apa hari ini?

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Elda Fitria

Elda Fitria

Cumi Saos Mentega

Cumi Saos Mentega

(5.0)

6 langkah

101

Artikel Lainnya di tips

Advertisement

Advertisement