Tips Membersihkan Kepiting dengan Mudah di Rumah!

Menghilangkan kotoran kepiting yang tidak enak dikonsumsi

Tips Membersihkan Kepiting dengan Mudah di Rumah!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Kepiting menjadi salah satu makanan laut yang banyak sekali digemari orang-orang. Dari mulai diolah menjadi kepiting saus tiram, kepiting saus padang, sup kepiting, dan berbagai macam makanan lainnya yang lezat untuk dinikmati. 

Kamu juga bisa loh, mengolah masakan kepiting sendiri di rumah. Namun kamu tentu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memasak kepiting.

Hal yang harus kamu lakukan sebelum mengolah kepiting menjadi masakan adalah proses membersihkan kepiting. Untuk itu, alangkah lebih baik jika kamu ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan kepiting yang benar. Berikut ini Yummy App sudah merangkum cara membersihkan kepiting untuk Sobat Yummy di rumah.

Tapi, sebelum beralih ke cara membersihkan kepiting, ketahui dulu berapa lama kamu perlu merebus kepiting saat memasak, yuk!

Berapa Lama Merebus Kepiting?

rebus kepiting
ilustrasi merebus kepiting (pexels.com/sonic)

Biasanya untuk memasak kepiting, kamu perlu merebus kepiting terlebih dahulu. Proses merebus kepiting untuk dimasak ternyata tidak membutuhkan waktu yang lama loh, hanya membutuhkan waktu sekitar 7-10 menit saja. Merebus kepiting dalam waktu yang lama, dikhawatirkan akan merusak daging kepiting yang sangat lembut dan gurih.

Baca Juga: Tips Mengolah Kerang Hijau: Cara Membersihkan hingga Resepnya

Cara Membersihkan Kepiting sebelum Dimasak

Untuk menghilangkan bau amis dan menciptakan tekstur yang lebih nikmat pada kepiting, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini sebelum mulai memasaknya.

1. Rebus kepiting

merebus kepiting
ilustrasi merebus kepiting (pexels.com/rdnestockproject)

Sebelum masuk ke proses memasak kepiting, kamu perlu merebus kepiting terlebih dahulu setelah membelinya dari pasar ataupun supermarket. Proses ini hanya memerlukan waktu 1 menit saja, lalu langsung masukkan kepiting ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air es.

Hal ini dilakukan supaya proses perebusan kepiting dapat terhenti saat itu juga. Merebus kepiting di awal ini tentu berbeda dengan perebusan kepiting sesaat sesudah dibersihkan, ya.

2. Membersihkan bagian wajah

membersihkan wajah kepiting
ilustrasi hendak membersihkan wajah kepiting (pexels.com/rdnestockproject)

Apabila kepiting sudah mulai dingin, kamu bisa mengeluarkannya dari wadah berisi air es tersebut. Setelah itu, lap kepiting terlebih dahulu agar kepiting ada dalam kondisi kering.

Jika sudah, kamu bisa mulai untuk memotong bagian mata, mulut, hingga pinggir cangkang kepiting yang bergerigi menggunakan gunting dengan ketajaman yang cukup. Jika gunting dirasa kurang kuat, kamu bisa menggunakan pisau dapur saja.

3. Lepaskan cangkang kepiting

melepaskan cangkang kepiting
ilustrasi melepaskan cangkang kepiting (pexels.com/kindelmedia)

Jika sudah selesai dengan bagian wajah, kamu bisa mulai untuk melepaskan cangkang kepiting. Tujuan dari melepaskan cangkang adalah untuk mengambil organ-organ di dalamnya yang rasanya tidak enak kalau sampai termakan.

Karena itu, bagian organ dalamnya perlu dibersihkan dengan benar. Kamu bisa melepaskan cangkangnya dengan menarik bagian belakang ke arah depan.

Kamu hanya perlu membuang organ-organ yang berwarna selain putih, karena putih adalah warna dari daging kepiting.

4. Bagian perut dibersihkan

membersihkan bagian perut kepiting
ilustrasi membersihkan bagian perut kepiting (pexels.com/rdnestockproject)

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ketika sudah mengangkat organ-organ dalamnya adalah, mencuci bersih bagian perut kepiting pada air yang mengalir. Pastikan kamu mencucinya dengan baik sampai benar-benar bersih dari darah maupun kotoran.

5. Potong kepiting menjadi beberapa bagian

memotong kepiting menjadi beberapa bagian
ilustrasi memotong kepiting menjadi beberapa bagian (pexels.com/rdnestockproject)

Kalau kamu sudah sukses melakukan keempat instruksi pembersihan di atas, kini kamu bisa memulai untuk memotong-motong kepiting menjadi beberapa bagian untuk memudahkan proses memasak dan proses konsumsinya. Pada umumnya bagian badan kepiting akan dipotong menjadi 4 bagian, dengan capit-capitnya yang juga dipotong terpisah.

Sesudah memastikan kamu mengikuti arahan cara membersihkan kepiting dengan benar, kepiting pun siap untuk dimasak. Kamu bisa mengolah kepiting menjadi berbagai olahan masakan.

Pemotongan kepiting sebelum dimasak juga sebenarnya tidak terlalu diwajibkan. Karena banyak sekali restoran yang terkadang menyediakan sajian kepiting dalam kondisi utuh.

Ternyata, tidak sulit bukan membersihkan kepiting secara mandiri di rumah? Caranya pun sangat sederhana dan mudah untuk diikuti. Selalu bersihkan dulu kepiting dengan benar sebelum dimasak, ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: Cara Membersihkan Daging Kurban Sebelum Dimasak, Haruskah Dicuci?

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Inda

Inda

Pindang Kepiting Laut

Pindang Kepiting Laut

(5.0)

8 langkah

2.6 rb

Lilis Dapoer Tara

Lilis Dapoer Tara

Kepiting Lada Hitam Singapore #JagoMasakMinggu8Periode2

Kepiting Lada Hitam Singapore #JagoMasakMinggu8Periode2

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips