Banyak Noda Membandel di Kompor? Coba Tips yang Satu Ini!

Pakai alat bantu biar bersih maksimal, ya

Banyak Noda Membandel di Kompor? Coba Tips yang Satu Ini!

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Cara membersihkan kompor gas setelah dipakai memasak tentu tak bisa sembarangan jika ingin hasil yang maksimal.

Terkadang ada adonan atau bumbu yang mengenai bagian kompor sulit dihilangkan dan bisa membuat frustasi kalau tidak tahu triknya.

Selain tidak higienis, kompor yang tersumbat sisa makanan bisa menghasilkan api yang lemah, merusak bagian bawah peralatan masak karena panasnya tidak merata, hingga berpotensi terjadi kebakaran akibat kontrol suhu yang tidak akurat. 

Nah, pasti kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Yummy App telah menyiapkan tips dan cara membersihkan kompor gas yang praktis dan efektif untuk kamu praktikkan. 

1. Alat dan bahan pembersih yang diperlukan

ilustrasi persiapan membersihkan kompor gas
ilustrasi persiapan membersihkan kompor gas (freepik.com/Freepik)

Langkah pertama untuk setiap kegiatan bersih-bersih adalah menyiapkan seluruh perlengkapan yang diperlukan. Saat membersihkan kompor gas, pastikan semua peralatan dan bahan pembersih sudah ada di rumah. 

Berikut adalah daftar persediaan yang dibutuhkan untuk membersihkan kompor gas. 

Bahan:

  • Sabun cuci piring
  • Cuka
  • Bubuk soda kue
  • Cairan pembersih (opsional)

Peralatan:

  • Sikat gosok yang kaku
  • Sikat gigi bekas
  • Kain yang lembut 
  • Scrubbing pad

Sebelum mulai membersihkan, kamu harus memeriksa buku petunjuk manual yang dibawa oleh produk kompormu. Model tertentu mungkin memiliki metode perawatan sendiri. Jika tidak ada buku petunjuk, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

2. Menyiapkan kompor untuk dibersihkan

ilustrasi selesai memasak dengan kompor gas
ilustrasi selesai memasak dengan kompor gas (freepik.com/ diana.grytsku)

Kompor yang akan dibersihkan harus dalam keadaan mati. Kamu perlu memastikan permukaannya benar-benar dingin dan kenop kontrol telah diputar ke posisi mati. Di sini kamu akan memisahkan bagian-bagian kompor, jadi sangat penting agar gas tidak menyala saat kamu sedang bekerja. 

Biasanya ada empat bagian yang harus dibersihkan, meliputi: 

  • Grates atau pan support: Bingkai logam pada kompor gas yang berfungsi sebagai penyangga peralatan masak. Bagian ini dapat dilepas dengan mengangkatnya ke atas. 
  • Burner caps: Tungku kecil dengan bentuk bulat yang di kelilingi lubang-lubang untuk keluarnya api lilin. Burner caps ini bisa dipisahkan dari badan kompor. 
  • Burner heads: Potongan kuningan berbentuk bulat dan berlubang di tengah. Bagian ini berada di bawah burner caps yang berfungsi sebagai alas tungku. 
  • Permukaan kompor: Area luar yang menutupi semua bagian-bagian kompor gas. 

3. Cara membersihkan penyangga panci kompor gas

ilustrasi cara membersihkan penyangga panci kompor gas
ilustrasi cara membersihkan penyangga panci kompor gas (freepik.com/Freepik)

Saat kompor gas dingin, angkat grates dan guyur dengan air hangat. Selanjutnya cuci menggunakan larutan air sabun cuci piring dan gosok dengan bantuan spons atau scrubbing pad

Kamu bisa merendam penyangga panci itu dalam air sabun hangat selama 10 menit. Kemudian gunakan sikat non-logam untuk menghilangkan noda membandel.

Bila masih terdapat kotoran yang sulit dibersihkan, lumuri dengan pasta yang terbuat dari campuran cuka, sabun cuci piring, dan baking soda. Perbandingan 1:1:2 bisa digunakan dengan takaran sendok teh.

Setelah bersih, bilas dengan air kran. Segera keringkan untuk mencegah penyangga panci berkarat. Selepas menyeka dengan kain lembut, letakkan grates dengan hati-hati di atas kompor. 

Baca Juga: Cara Memasak Nasi di Kompor, Pasti Pulen dan Nikmat

4. Cara membersihkan tungku kompor gas

ilustrasi cara membersihkan tungku kompor gas
ilustrasi cara membersihkan tungku kompor gas (freepik.com/KamranAydinov)

Tungku api dan alasnya bisa kamu bersihkan langsung di kompor dengan menyeka menggunakan kain gosok. Jika bagian ini sangat kotor, kamu bisa melepasnya terlebih dahulu dan merendamnya ke dalam air hangat yang dicampur sabun cuci piring selama 20 menit. 

Kalau kamu menemukan sumbatan pada lubang yang menyebarkan api, singkirkan semua kotoran dengan jarum logam yang lurus. Jangan gunakan tusuk gigi dari kayu karena ada kemungkinan patah dan menyangkut. 

Sementara untuk noda membandel seperti lelehan keju yang mengeras, bisa ditangani dengan mengoleskan pasta soda kue. Kamu bisa membiarkan pasta soda kue ini selama 20 menit. Selanjutnya gosok dengan sikat gigi bekas, lalu bilas dan bersihkan dengan kain lembut. 

Angin-anginkan hingga kering sebelum memasang tungku dan tutupnya kembali. Tutup tungku harus dipasang kembali dengan pas dan menghasilkan minim gerakan saat dicoba diputar. Periksa kembali apakah tutup dipasang dengan benar. Caranya, kamu nyalakan tungku dan pastikan bahwa nyala api terlihat normal.  

5. Cara membersihkan permukaan kompor gas

ilustrasi cara membersihkan permukaan kompor gas
ilustrasi cara membersihkan permukaan kompor gas (freepik.com/user15285612)

Bagian terakhir yang bisa dibersihkan dari kompor gas adalah permukaannya. Untuk mengatasi minyak dan kotoran yang menempel, kamu bisa menyemprot larutan air sabun cuci piring dan diamkan sekitar lima menit. Lalu gosok permukaan kompor sampai semua noda hilang. 

Jika sabun cuci piring cair tidak berhasil, coba oleskan pasta baking soda yang sudah dibuat sebelumnya. Lapisi permukaan kompor yang kotorannya membandel dengan pasta dan biarkan sampai 20 menit.

Pasta pembersih itu akan membantu meluruhkan noda dan seka memakai spons. Lalu kamu bisa mengelap menggunakan kain lembab, dan ulangi dengan kain kering untuk membersihkan sisa busa. 

Kalau kamu menggunakan kompor dengan permukaan kaca atau keramik, bersihkan dengan lembut untuk mencegah goresan mikro. Kamu mungkin perlu menggunakan semprotan atau krim pembersih yang diformulasikan khusus untuk melindungi kompor gas dengan tipe ini.

6. Cara menjaga kebersihan kompor gas

ilustrasi cara membersihkan kompor gas
ilustrasi cara membersihkan kompor gas (freepik.com/Freepik)

Membersihkan kompor tidak akan terasa merepotkan jika kamu menjaga kebersihannya sejak awal. Kamu bisa langsung menyeka kotoran yang ada setelah memasak, atau menutupi wajan saat menggoreng agar minyak tidak menciprat. 

Selain itu, meskipun tidak ada tumpahan yang banyak, cipratan minyak atau sisa makanan sangat mudah untuk masuk ke sela-sela kompor, dan terpanggang saat kamu memasak. Sehingga kamu perlu telaten membersihkan permukaan kompor dan sela-selanya agar kebersihan kompor selalu terjaga.

Itu dia penjelasan lengkap seputar cara membersihkan kompor gas sesuai dengan bagian-bagian yang ada pada kompor.

Setiap bagian memiliki penanganan serta alat-alat yang sedikit berbeda. Dan yang perlu diingat, langsung membersihkan kompor setelah digunakan akan jauh mengurangi bebanmu ketimbang menunda-nunda membersihkannya. 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas yang Wajib Diketahui

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Tips Plating Snack Murah

Tips Plating Snack Murah

(4.5)

5 mnt

recooks-0

+6

Yummy Official

Yummy Official

Tips Membersihkan Kotak Makan Berminyak

Tips Membersihkan Kotak Makan Berminyak

(4.8)

10 mnt

1.7 rb

Artikel Lainnya di tips