​3 Tips Membuat Ayam Goreng Tepung Kriuk, Lengkap dengan Resepnya

​Dijamin renyah dan kaya rasa ala restoran cepat saji!

​3 Tips Membuat Ayam Goreng Tepung Kriuk, Lengkap dengan Resepnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Membuat ayam tepung di rumah adalah salah satu cara untuk memanjakan keluarga di rumah. Setiap gigitan renyah dan lembut pada ayam menjadikannya makanan ini favorit di setiap kalangan. 

Takut gagal saat membuat ayam tepung yang crispy di rumah? Jangan khawatir! Kali ini Yummy App akan membagikan 3 tips mudah dan resep membuat ayam goreng tepung renyah yang mudah untuk di-recook. Langsung simak tipsnya yuk, Sobat Yummy!

1. Marinasi ayam dengan bumbu

marinasi ayam
ilustrasi ayam yang dimarinasi (flickr.com/kellygates)

Setelah ayam dipotong-potong sesuai selera, rendam ayam menggunakan bumbu marinasi. Kamu bisa rendam ayam tersebut semalaman agar bumbunya meresap sempurna.

Berikut bumbu marinasi untuk satu porsi ayam (500 gram):

  • 5 siung bawang putih
  • ½ sdt lada bubuk
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit (optional)
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam

Ulek semua bumbu di atas hingga halus, kemudian balurkan secara merata ke setiap ayam. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan semalaman. Jika kamu ingin hasil ayam lebih renyah, diamkan ayam yang dimarinasi di dalam freezer selama 12 jam.

Proses marinasi adalah proses merendam ayam dengan bumbu yang bisa membuat ayam lebih lezat dan daging lebih lembut. Jika kamu membutuhkan bumbu marinasi yang simpel, kamu bisa mencampurkan garam dan merica saja. 

Baca Juga: ​Resep Ngohiong Ayam yang Simple dan Halal ala Chinese Food

2. Gunakan tepung kering dan tepung basah

adonan tepung untuk ayam tepung
ilustrasi adonan tepung untuk ayam tepung (freepik.com/freepik)

Selagi menunggu ayam dimarinasi, siapkan dua adonan untuk membuat kulit ayam. Supaya hasilnya krispi, gunakan adonan cair dan adonan kering dengan resep seperti berikut:

Adonan tepung kering:

  • 225 gr tepung terigu
  • 75 gr tepung maizena
  • ½ sdt basil bubuk
  • ½ sdt oregano bubuk
  • ½ sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam

Adonan tepung basah:

  • 6 sdm adonan tepung kering
  • 75 ml air dingin

Salah satu tips ampuh yang membuat kulit ayam crispy adalah penggunaan air es pada adonan tepung basah. Air es pada adonan ini berfungsi untuk mengunci tekstur crispy pada tepung kering. Selain air dingin, kamu juga bisa menggunakan putih telur untuk adonan tepung basah.

Sama seperti air dingin, putih telur juga bisa membuat tepung kering tidak mudah lepas dari dagingnya. Tapi, jangan coba-coba untuk memakai satu telur utuh, ya. Telur utuh malah akan membuat kulit ayam jadi melempem.

Selain air es dan putih telur, kamu juga bisa membuat adonan tepung cair dengan campuran air es dan maizena dengan perbandingan 80:20.

Setelah membuat adonan tepung cair dan kering, kini saatnya kamu membalurkan ayam marinasinya. Balurkan ayam ke dalam tepung cair secara merata dan balurkan ke dalam tepung kering secara merata. Ulangi proses ini sebanyak dua kali agar tepung menempel sempurna. Tapi, pastikan adonan jangan terlalu tebal.

Nah, agar kulit ayam keriting seperti yang ada di restoran cepat saji, kamu bisa mencubit-cubit lapisan kulit dan juga adonannya. Cara ini ampuh untuk mengembangkan tepung saat digoreng agar hasilnya lebih kriuk sempurna.

3. Goreng dengan minyak panas

3. Goreng dengan minyak panas
Ilustrasi deep frying (freepik.com/jcomp)

Setelah ayam sudah dilumuri tepung sebanyak dua kali, kamu bisa menyiapkan perlengkapan untuk menggoreng. Ada dua cara menggoreng ayam crispy yang bisa kamu gunakan, yaitu deep frying dan double frying. Berikut ini penjelasannya!

1. Metode deep frying

Metode memasak deep frying selalu digunakan di restoran cepat saji. Deep frying adalah metode memasak dengan minyak yang sangat banyak hingga makanan tergoreng dengan sempurna.

Metode ini juga akan membuat kulit ayam jadi lebih crispy. Ketika kamu ingin menggunakan metode deep frying kamu bisa menggunakan panci kecil untuk menampung minyaknya.

Pastikan mengatur suhu minyak saat menggoreng. Tahap awal, kamu harus memastikan minyak tidak begitu panas agar bagian dalam ayam matang merata. Setelah tepung terlihat berubah warna menjadi lebih kekuningan, kamu bisa menaikkan suhu api dan masak ayam hingga kulit coklat keemasan. 

2. Metode double frying

Selain deep frying, kamu juga bisa menggunakan metode double frying. Sama seperti namanya, metode memasak ini mengharuskan kamu memasak ayam dengan dua kali proses.

Pertama-tama, masak ayam hingga setengah matang terlebih dahulu. Setelah itu, istirahatkan ayam di suhu ruang selama 1 menit dan masak kembali ayam hingga matang atau kulit berubah warna menjadi coklat keemasan. Cara ini bisa membuat ayam goreng tepung kamu renyah merata. 

Itulah cara mudah membuat ayam tepung crispy di rumah. Selain olahan ayam tepung, kamu bisa dapatkan banyak inspirasi resep ayam di Yummy App. Yuk, recook dan tunjukkan bakat memasak kamu!


Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 10 Resep Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Lezat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rayna Kitchen

Rayna Kitchen

Ayam Tepung Sambal Geprek

Ayam Tepung Sambal Geprek

(5.0)

7 langkah

427

Artikel Lainnya di tips