Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tidak Lembek, Bikin Ketagihan

​Pakai tepung ini bikin kentang goreng lebih renyah!

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tidak Lembek, Bikin Ketagihan

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Siapa yang bisa menolak kelezatan dari kentang goreng? Makanan sederhana yang satu ini punya banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan. Banyak sekali yang mencoba memasak kentang goreng di rumah namun berakhir gagal karena melempem. Apakah sobat Yummy salah satunya?

Sebenarnya ada beberapa cara membuat kentang goreng renyah tidak lembek di rumah. Cara ini bisa membuat bagian tengah kentang goreng benar-benar matang sebelum bagian luarnya terlalu kecoklatan. Tips utamanya adalah dengan memasak kentang goreng dua kali, menggunakan jenis kentang tertentu, dan penggunaan tepung maizena tertentu.

Supaya kamu jadi lebih jago, Yummy App sudah merangkum tiga cara membuat kentang goreng renyah tidak lembek untuk kamu. Simak tipsnya di bawah ini ya, sobat Yummy!

Siapkan Kentang

Siapkan Kentang
Ilustrasi memotong kentang (flickr.com/karenwangers)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih kentang dengan kualitas baik. Biasanya untuk kentang goreng banyak sekali yang menggunakan kentang russet agar hasilnya renyah dan tidak melempem. Kentang jenis ini memiliki kadar air yang paling sedikit dibanding yang lainnya. Namun, jika tidak ada usahakan saja untuk menghindari kentang berlilin karena kentang jenis ini tinggi kadar air.

Untuk memotong kentang pastikan ukurannya tidak terlalu tebal karena kentang sulit renyah ketika digoreng. Biasanya di restoran cepat saji, ukuran kentang akan berkisar 6 mm. Kamu juga bisa menggunakan pisau bergerigi untuk menciptakan permukaan kentang yang kasar agar kentang dapat lebih garing saat digoreng. 

Setelah kentang dibersihkan dan dipotong, tempatkan kentang ke dalam saringan lalu bilas di bawah air keran selama 15-20 detik. Kamu juga bisa mencuci kentang dengan cara direndam beberapa kali hingga air rendaman berubah menjadi bening. Proses ini adalah langkah awal untuk menghilangkan pati yang berlebih pada kentang. 

Selanjutnya, masukkan kentang ke dalam panci yang berisikan air dingin, penyedap rasa dan garam selama 30 menit. Setelah itu, cuci kentang dengan sekali bilas. 

Rebus air secukupnya sampai mendidih dan rebus kentang yang sudah dimarinasi tadi selama 7 menit. Tiriskan hingga mencapai suhu ruang.

Baluri kentang dengan tepung

Baluri kentang dengan tepung
Ilustrasi kentang yang dilumuri maizena (yummy.co.id/retnoadiesty)

Setelah kentang selesai dibumbui, ini saatnya kamu melumuri kentang dengan tepung agar lebih crispy! Untuk proses ini, kamu bisa menggunakan tepung maizena secukupnya. Tepung maizena ini mampu menjaga kelembaban alami kentang saat digoreng dan membuatnya lebih renyah. Selain itu, tepung maizena juga akan menjaga isi kentang agar tetap juicy lho

Tips mudah untuk membalur kentang dengan tepung maizena adalah dengan memasukkannya ke dalam wadah tertutup. Masukkan kentang dan maizena ke dalam wadah, kemudian tutup wadah, dan kocok-kocok kentang hingga semua permukaan kentang tertutup maizena dengan sempurna.

Masak dengan metode Double Frying

Masak dengan metode
Ilustrasi double frying method (flickr.com/cvc_2k)

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan metode memasak double frying. Metode ini bukan hanya sekedar mencelupkan kentang ke dalam minyak panas sebanyak dua kali.

Kalau yang kamu maksud seperti itu, kamu hanya bisa membuat kentang goreng jadi terlalu matang dan terlalu kering! Proses double frying yang paling benar adalah seperti ini:

  • Tahap 1: Goreng lama pada suhu yang lebih rendah. Goreng terlebih dahulu pada suhu yang lebih rendah, sekitar 162°C. Pada langkah ini, kamu akan mendapatkan kentang goreng yang sedikit lembut dan menggoreng kulit yang sedikit kecoklatan. Lalu, keluarkan kentang dari minyak saat sudah matang sepenuhnya.
  • Tahap 2: Keringkan dan dinginkan. Untuk melakukan tahap 2 dinginkan kentang goreng sampai suhu bagian dalam kentang sama dengan suhu ruang. Siapkan minyak yang sudah dipanaskan sekitar 190°C. Masukkan kentang ke dalam minyak dan goreng selama 2-3 menit atau sampai kentang berwarna coklat keemasan dan renyah. Setelah itu, tiriskan dan taburi dengan garam atau bumbu kentang favorit selagi panas agar garamnya menempel. Aduk, lalu sajikan!

Itu tadi tiga tips praktis cara membuat kentang goreng renyah tidak lembek. Mudah banget kan membuatnya? Jangan lupa untuk recook berbagai resep olahan kentang yang gak kalah lezat di Yummy App. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Rahasia Kentang Mustofa yang Renyah dan Tahan Lama

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nurwanida

Nurwanida

Kentang Goreng ala Fast Food

Kentang Goreng ala Fast Food

(5.0)

5 langkah

298

Artikel Lainnya di tips