​6 Cara Membuat Kremes Tabur yang Renyah Tahan Lama

​Kremes tabur ala ayam kremes!

​6 Cara Membuat Kremes Tabur yang Renyah Tahan Lama

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Makanan yang gurih dan bertekstur renyah selalu jadi favorit setiap orang, salah satunya adalah kremes tabur. Biasanya pendamping makanan ini sering dijumpai di makanan, seperti ayam atau ikan goreng untuk menambah tekstur crunchy

Di beberapa kedai makanan, kremes yang sering kita jumpai adalah kremes tabur yang berbentuk seperti sarang. Dari pada kamu harus membeli kremes tabur sepaket dengan makanan lainnya, kamu juga bisa, lho, bikin sendiri di rumah!

Berikut ini Yummy App membagikan langkah-langkah membuat kremes tabur anti gagal untuk kamu. Kremes tabur ini bisa kamu sajikan setiap hari bahkan hanya dengan nasi putih, dijamin kriuknya tahan lama! Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Perhatikan bahan-bahan yang diperlukan

bahan telur dan tepung
ilustrasi bahan kremes tabur (youtube.com/ceceromedkitchen)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kremes tabur. Berikut ini beberapa bahan utamanya:

  • 300 ml air sisa rebusan ayam (bisa diganti dengan air biasa)
  • 2 sdm munjung tepung beras
  • 125 gram tepung sagu
  • ½ sdt baking powder double action
  • 1 butir kuning telur
  • 2 siung bawang putih (dihaluskan)
  • Garam secukupnya

Ada beberapa bahan yang harus kamu perhatikan untuk membuat kremes tabur ini. Pertama, tepung sagu tidak boleh digantikan dengan bahan lainnya meskipun kegunaannya serupa, seperti tepung tapioka atau tepung kanji.

Kedua, baking powder yang digunakan pada adonan ni harus yang berlabel double action. Kenapa? Baking powder jenis ini bisa memproduksi gas dua kali lipat dibandingkan dengan baking powder biasa saat terkena suhu panas. Alhasil, kremes tabur akan semakin mengembang sempurna.

Selain itu, jika kamu ingin kremes tabur memiliki warna yang lebih cerah atau terlihat lebih kuning, kamu bisa menambahkan kunyit. Caranya mudah, kamu hanya perlu menambahkan kunyit bubuk atau parutan kunyit segar ke dalam adonan dan aduk hingga merata. Tambahan kunyit pada adonan tidak akan merubah rasa dari kremesnya, ya, Sobat Yummy!

2. Gunakan 1 butir telur utuh

satu buah telur
ilustrasi satu buah telur (pexels.com/aphiwatchuangcheom)

Jika kamu ingin kremes tabur yang dibuat teksturnya lebih kuat, kamu bisa menambahkan 1 butir telur utuh. Kamu bisa mengganti 1 butir kuning telur di dalam resep dengan 1 butir telur utuh, ya. Jangan gunakan lebih dari satu telur karena akan membuat kremes tabur yang dibuat tidak renyah.

3. Buat adonan dengan tekstur yang pas

cara membuat adonan kremes tabur
ilustrasi adonan kremes tabur (youtube.com/ceceromedkitchen)

Setelah semua bahan sudah disiapkan, saatnya membuat adonan kremes tabur! Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk dan aduk hingga merata.

Pada proses ini, kamu perlu memperhatikan tingkat kekentalan adonan. Untuk kremes tabur yang renyah, sebisa mungkin untuk membuat adonan yang agak cair. Kamu bisa menambahkan air jika dirasa adonan masih terlalu kental. 

Baca Juga: ​Resep dan Cara Membuat Kulit Pastel Renyah dan Tahan Lama, Anti Gagal

4. Gunakan minyak yang banyak dan panas

minyak panas untuk menggoreng
ilustrasi minyak panas untuk kremes tabur (youtube.com/ceceromedkitchen)

Jika adonan kremes sudah dibuat, tahap selanjutnya adalah mempersiapkan minyak untuk menggoreng. Untuk mendapatkan tekstur kremes yang renyah dan mengembang sempurna, kamu memerlukan minyak lebih banyak. Selain itu, minyak dengan jumlah yang banyak juga akan membuat kremes yang dibuat matang merata.

5. Goreng kremes dengan benar

cara membuat kremes tabur
ilustrasi menggoreng kremes (yummy.co.id/lilis-dapoer-tara)

Cara selanjutnya menggoreng kremes dengan cara yang benar. Tuangkan adonan kremes saat minyak masih dalam keadaan panas dengan cara melingkar.

Adonan kremes akan menyebar dan bertekstur seperti sarang dengan sendirinya. Selanjutnya, kamu perlu menurunkan suhu kompor dan segera angkat kremes agar tidak cepat gosong.

6. Simpan kremes dengan aman

cara membuat kremes tabur
ilustrasi kremes tabur yang sedang ditiriskan (youtube.com/ceceromedkitchen)

Setelah kremes matang, jangan lupa untuk meniriskan kremes dari minyak, ya. Jika sudah cukup kering, kamu bisa menyimpan kremes di toples yang kedap udara.

Namun, pastikan juga uap panas pada kremes sudah hilang sempurna sebelum toples ditutup rapat. Jika kremes masih panas, khawatir kremes malah akan melempem. 

Cara membuat kremes tabur yang renyah tersebut ternyata gak sesulit yang dipikirkan, bukan? Mulai sekarang kamu bisa menyantap nasi hangat dengan kremes tabur buatan sendiri di rumah. Selamat mencoba, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​3 Tips Membuat Ayam Goreng Tepung Kriuk, Lengkap dengan Resepnya

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Thea Priestiashanti

Thea Priestiashanti

Udang Goreng Kremes #JagoMasak2022

Udang Goreng Kremes #JagoMasak2022

(5.0)

5 langkah

798

Artikel Lainnya di tips