Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Tidak Mudah Sobek

​Ternyata gampang, lho!

Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Tidak Mudah Sobek

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Martabak telur yang renyah dan gurih di luar, namun lembut dengan isian telur dan irisan daging di dalam, menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Mungkin kamu adalah salah satunya?

Selain isian telur dan irisan daging juga terdapat irisan bawang dan bumbu rempah. Kulitnya yang tipis, menciptakan tekstur yang garing dan renyah setelah digoreng.

Nah, untuk mendapatkan tekstur yang garing pada kulit martabak tentunya ada beberapa tahapan pembuatan yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun membuatnya tidak bisa sembarangan karena kulit martabak telur terbilang mudah sobek.

Ada beberapa trik dan cara membuat kulit martabak telur yang tidak mudah sobek. Intip proses pembuatannya yang tepat yuk!

Bahan-bahan untuk Membuat Kulit Martabak

Bahan-bahan untuk Membuat Kulit Martabak
Yummy App

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi;
  2. 150 ml air;
  3. 5 sdm minyak goreng;
  4. 2 sdm butter atau margarin;
  5. 1 sdt garam.

Langkah-langkah Membuat Kulit Martabak Telur

description
Pexels.com

Cara membuat kulit martabak telur:

  1. Gunakan tepung terigu protein tinggi.
    Pastikan kamu menggunakan tepung terigu protein tinggi. Hal ini dikarenakan jenis tepung ini dapat membuat adonan menjadi lebih mudah kalis, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu saat menguleni adonan.
  2. Jangan lewatkan butter atau margarin.
    Butter atau margarin berfungsi untuk menciptakan tekstur yang garing pada kulit martabak saat digoreng. Jadi, jangan lupa menambahkan butter atau margarin secukupnya ke dalam adonan kulit martabak sebelum diuleni.
  3. Uleni hingga kalis.
    Proses menguleni adonan adalah salah satu proses penting untuk mendapatkan kulit martabak telur dengan permukaan yang halus, tipis, dan elastis. Untuk memudahkan, kamu bisa menguleni adonan dengan tangan. Uleni dengan sabar sampai kamu mendapatkan tekstur adonan yang elastis.
  4. Rendam adonan dengan minyak goreng atau minyak sayur.
    Setelah adonan kalis, bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu bulatkan. Setelah itu, hal yang paling penting dilakukan adalah merendam adonan dengan minyak yang cukup di dalam wadah. Pastikan seluruh permukaan terbalur dengan minyak. Proses ini merupakan kunci untuk menghasilkan kulit martabak yang tipis, namun tidak mudah sobek.
  5. Diamkan adonan di suhu ruangan selama 2-5 jam.
    Tutup adonan yang berada di dalam wadah dengan kain atau plastic wrap dan diamkan beberapa jam di suhu ruang. Semakin lama mendiamkan adonan, teksturnya akan semakin elastis. Setelah beberapa jam, akan terlihat perbedaannya. Setelah adonan jadi, saatnya dipipihkan dan digoreng. Jangan lupa siapkan isian martabaknya terlebih dahulu berupa telur, irisan daging, sayuran, dan bumbu rempah.


Itulah bahan-bahan dan cara membuat kulit martabak telur agar elastis dan tidak mudah sobek. Mudah sekali bukan? Yuk dicoba, Sobat Yummy dan simak berbagai resep martabak lainnya di Yummy App!

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: ​Resep Telur Gulung Anti Gagal ala Abang Kaki Lima

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Martabak Telur & Kol Simpel

Martabak Telur & Kol Simpel

(5.0)

7 langkah

402

Artikel Lainnya di tips