​4 Cara Membuat Nasi Sushi, Mirip ala Restoran! 

​Apa bisa cuka beras diganti dengan cuka lainnya?

​4 Cara Membuat Nasi Sushi, Mirip ala Restoran! 

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Hidangan sushi semakin populer di seluruh dunia. Makanan asli negeri sakura ini terbuat dari bulir beras pendek yang bertekstur lengket dengan tambahan topping daging ikan segar. Nasi sushi yang bertekstur unik ini ternyata dibuat dengan cara tertentu, lho. 

Selain pemilihan jenis beras yang tepat, nasi sushi juga memiliki bahan penting yang berperan penting dalam kelezatan rasanya. Cuka beras adalah salah satu kunci nasi sushi terasa lebih lezat saat kamu santap.

Tapi, apakah kamu tau cara membuat nasi sushi tanpa tambahan cuka beras? Lalu, bagaimana cara membuat nasi sushi dengan menghilangkan bahan esensial di dalamnya? Tenang, Yummy App punya tips cara membuat nasi sushi tanpa cuka beras untuk kamu. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Pilih beras yang mirip dengan beras Jepang

1. Pilih beras yang mirip dengan beras Jepang
Ilustrasi beras jepang (flickr.com/alishaglasco)

Nasi sushi memiliki tekstur kenyal dan unik. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan beras jepang yang asli. Namun, jika tidak ada kamu bisa memilih beras yang mirip dengan tekstur beras Jepang.

Beras dengan tekstur pulen bisa jadi alternatifnya. Di Indonesia sendiri, ada banyak beras lokal yang menyediakan kualitas beras pulen dengan harga yang relatif murah.

2. Gunakan tambahan beras ketan

2. Gunakan tambahan beras ketan
Ilustrasi beras ketan (lickr.com/ghostlayer)

Agar nasi sushi yang kamu buat lebih pulen dan lengket seperti aslinya, kamu bisa menambahkan beras ketan. Gunakan perbandingan 3:1 atau setara 300 gram beras pulen dan 100 gram beras ketan dengan tambahan 500 gram air. Untuk membuat nasi ini, kamu bisa menggunakan rice cooker agar lebih praktis!

3. Pilih alternatif cuka beras

3. Pilih alternatif cuka beras
Ilustrasi cuka beras (flickr.com/kitchenbutterfly)

Kamu bisa menggunakan beberapa alternatif cuka untuk membuat nasi sushi yang enak. Cuka dapur biasa tidak disarankan untuk digunakan dalam pembuatan nasi sushi ini karena memiliki rasa yang terlalu kuat. Berikut ini beberapa pengganti cuka beras yang bisa kamu gunakan:

  • Cuka apel. Cuka apel dapat membunuh bakteri yang ada pada beras dan menjadikannya pengganti yang baik untuk pembuatan nasi sushi. Cuka apel memiliki rasa yang unik dan dapat mengubah rasa nasi menjadi lebih lezat.
  • Cuka putih. Sama seperti cuka apel,cuka putih juga dapat membunuh pertumbuhan bakteri. Cuka putih juga memiliki rasa yang intens namun tidak begitu kuat yang dapat menambah rasa yang khas pada nasi sushi.
  • Jus lemon. Jika kamu ragu menggunakan dua cuka di atas, jus lemon bisa menjadi alternatif yang terakhir. Keasaman dari jus lemon akan menghalangi pertumbuhan bakteri dan memberikan rasa yang unik. Terlebih lagi, jus lemon bisa kamu buat sendiri. Jadi lebih hemat bukan?

4. Cara membuat nasi sushi

4. Cara membuat nasi sushi
Ilustrasi pembuatan sushi (flickr.com/emily)

Setelah kamu menyiapkan beberapa bahan untuk membuat nasi sushi, ini saatnya untuk membuatnya. Agar lebih mudah, coba perhatikan beberapa langkah di bawah ini, ya.

  1. Pertama-tama, buat campuran cuka alternatif terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus sedikit gula, garam, dan minyak sayur. Aduk ke dalam nasi bersama dengan cuka alternatif pilihan kamu. 
  2. Langkah selanjutnya yaitu memasak nasi. Kamu dapat menggunakan rice cooker agar lebih simpel atau memasak nasi tradisional dengan merebus air di atas panci bertutup. Pastikan untuk memasang tutupnya dengan benar agar bulir nasi benar-benar matang. Aduk juga sesekali nasi agar matangnya lebih merata.
  3. Pindahkan nasi setelah matang ke dalam mangkuk besar. Tuangkan gula, cuka, dan minyak sayur ke dalam nasi yang sudah dimasak dan campur menjadi satu. Tips mudahnya, kamu bisa menggunakan mangkuk kaca untuk melihat apakah campurannya saling menempel.
  4. Aduk nasi sampai tekstur nasi berubah menjadi lebih lengket  seperti nasi sushi pada umumnya. Kamu bisa cek tekstur nasinya dengan melihat apakah nasi sudah menggumpal atau masih terpisah-pisah. Saat mengaduk nasi, pastikan untuk menggunakan sendok kayu, hal ini untuk mengurangi kemungkinan nasi akan berubah rasa jika menggunakan sendok logam atau plastik.
  5. Setelah mencampur semua bahan secara menyeluruh, tata menjadi lembaran dengan menggunakan hangiri (alas kayu). Kamu bisa mengontrol ketebalan nasi sesuai selera. Untuk mencegah gumpalan dan cacat pada gulungan, sebarkan nasi secara merata ke seluruh lembaran.

Nah, itulah dia beberapa tips dan cara membuat nasi sushi tanpa cuka beras. Ternyata membuat nasi sushi tidak memerlukan bahan dan cara yang ribet, bukan? Jangan lupa untuk recook berbagai resep sushi lezat di Yummy App ya, sobat Yummy! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Memasak Nasi di Kompor, Pasti Pulen dan Nikmat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laylla gama

Laylla gama

Sushi Crab Stick #MISIHARIANAKNASIONAL

Sushi Crab Stick #MISIHARIANAKNASIONAL

(5.0)

5 langkah

1.2 rb

Artikel Lainnya di tips