4 Cara Membuat Perkedel Kentang yang Mudah dan Antipecah

Resep antigagal dengan bahan yang simpel!

4 Cara Membuat Perkedel Kentang yang Mudah dan Antipecah

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Selain dicemil, perkedel kentang sering kali dihidangkan sebagai lauk pelengkap nasi uduk, nasi kuning, hingga nasi liwet. Makanan yang memiliki cita rasa gurih ini bertekstur lembut dan mudah rapuh saat diolah. 

Namun kamu tak perlu khawatir saat ingin membuatnya, karena sekarang sudah banyak resep untuk menyiasati agar perkedel matang dengan sempurna. Nah, berikut cara membuat perkedel kentang yang tidak mudah rapuh ala Yummy App.

1. Siapkan bahan nembuat perkedel

bahan-bahan membuat perkedel kentang
ilustrasi bahan perkedel kentang (freepik.com/mrsiraphol)

Berikut ini bahan-bahan yang kamu perlu siapkan untuk membuat perkedel kentang yang antipecah:

Bahan utama:

  • 2 buah kentang atau 300 gr kentang
  • 1 butir telur
  • 1 siung bawang putih
  • 1 lembar daun bawang

Bumbu pelengkap:

  • Lada
  • Kaldu bubuk
  • Ketumbar
  • Garam secukupnya

2. Haluskan kentang

cara membuat perkedel kentang
ilustrasi perkedel kentang yang masih halus (flickr.com/bour3)

Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah menghaluskan kentang untuk dibumbui dan digoreng. Caranya, kupas dulu kulit kentang hingga bersih di bawah air mengalir. Lalu, cuci semua kentang kupas hingga bersih.

Setelah kentang sudah bersih semua, potong menjadi beberapa bagian. Lalu, kamu bisa menggorengnya dengan api sedang hingga setengah matang. Angkat kentang dan haluskan menggunakan garpu atau ulekan.

Jika sudah halus semua, tambahkan bumbu untuk memberi cita rasa lebih gurih. Masukan bawang putih cincang, bumbu halus, daun bawang, dan jangan lupa untuk menambahkan telur. Telur ini berfungsi sebagai perekat kentang agar tidak pecah.

Baca Juga: Tips dan Cara Menggoreng Kerupuk Agar Mengembang dan Tidak Bantat

3. Bentuk perkedel

cara membuat perkedel kentang
ilustrasi perkedel kentang yang baru dibentuk (flickr.com/malvin8390))

Setelah perkedel dibumbui dan diberi telur, masukkan adonan ke dalam lemari es selama kurang lebih 2 jam. Pendinginan bertujuan agar adonan sedikit mengeras dan mudah dibentuk. Biasanya perkedel dibuat bentuk bulat atau oval agak pipih.

Sedikit tips untuk tahap ini, setelah membentuk perkedel, kamu bisa mencelupkannya tersebut ke dalam putih telur. Hal ini dilakukan agar perkedel jadi semakin kokoh saat digoreng. 

4. Goreng perkedel kentang

cara membuat perkedel kentang
ilustrasi perkedel kentang yang sudah digoreng (flickr.com/weetnnerart)

Pertama-tama, siapkan minyak goreng dengan jumlah yang cukup sampai bisa agak merendam perkedel. Setelah minyak cukup panas, masukkan perkedel yang sudah dibentuk tadi.

Tips sederhana agar perkedel tidak mudah pecah adalah jangan terlalu sering membalinya. Balikkan perkedel jika sisi paling bawah sudah terlihat kecokelatan. Hati-hati karena adonan perkedel sangat mudah gosong, karena itu proses ini harus sangat kamu perhatikan, ya!

Ternyata tidak sulit, kan, cara membuat perkedel kentang yang sempurna. Resep ini bisa kamu gunakan untuk melengkapi hidangan spesial sebagai tambahan lauk pauknya. Selamat mencoba, Sobat Yummy~

Baca Juga: Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tidak Lembek, Bikin Ketagihan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Perkedel Kentang

Perkedel Kentang

(5.0)

7 langkah

222

Artikel Lainnya di tips