​5 Cara Membuat Whipping Cream Homemade Simpel dan Lezat, Wajib Coba!

​Cuma 5 bahan ini bisa menghasilkan whipped cream enak!

​5 Cara Membuat Whipping Cream Homemade Simpel dan Lezat, Wajib Coba!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Menambahkan whipped cream ke dalam dessert adalah cara terbaik untuk menambahkan rasa lezat pada makanan. Whipped cream memiliki tekstur yang ringan dan rasa creamy yang pas dipadukan dengan makanan apa pun. 

Walaupun ada banyak sekali whipping cream instan dan siap olah, tapi kamu juga bisa membuat whipping cream homemade, lho! Selain bahannya mudah dicari dan lebih murah, whipping cream homemade ini juga tak kalah lezat dengan yang instan.

Mau tahu bagaimana cara membuat whipping cream sendiri di rumah? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Siapkan bahan dan alat

bahan-bahan whipped cream
ilustrasi bahan-bahan whipped cream (freepik.com/freepik)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Seperti yang kita tahu, whipping cream instant hanya membutuhkan mixer untuk mengocok cairan whipping cream agar mengembang.

Namun, untuk membuat whipped cream homemade ini agak berbeda. Kamu membutuhkan beberapa bahan dan alat yang harus disiapkan.

Bahan utama:

  1. 1 bungkus susu kental manis
  2. 1 bungkus susu bubuk
  3. 2 sdm gula
  4. 80 gram es batu (haluskan)
  5. 1 sdt SP (ditim)

Alat dan perlengkapan:

  1. Wadah besar
  2. Mixer

2. Tim SP terlebih dahulu

SP yang ditim untuk membuat whipped cream
ilustrasi SP yang ditim (yummy.co.id/nita95)

SP merupakan salah satu jenis pengembang yang biasa digunakan untuk membuat kue. Kamu bisa menggunakan SP untuk mengangkat tekstur whipped cream homemade supaya lebih mengembang dan stabil. 

Penggunaan SP pada pembuatan whipped cream ini harus menggunakan metode memasak tim. Hal ini dikarenakan SP mengandung bahan kimia seperti ryoto ester dan gula ester. Apabila tidak dihangatkan dengan cara tim, maka rasa kimia tersebut akan bercampur dengan makanan. 

Cara tim SP cukup mudah, kok. Kamu hanya memerlukan wadah alumunium atau wadah tahan panas lainnya dan air yang mendidih. Masukkan 1 sendok teh SP ke dalam wadah dan tim SP di atas air yang mendidih sambil diaduk. Jika SP sudah larut semua, angkat dan tiriskan sebelum digunakan. 

Baca Juga: ​4 Cara Membuat Nasi Sushi, Mirip ala Restoran! 

3. Campurkan bahan lainnya

cara membuat whipping cream di rumah
ilustrasi whipped cream (flickr.com/viralleakszone)

Setelah SP selesai ditim, kamu bisa mencampurkan bahan lainnya ke dalam satu wadah. Masukkan satu  bungkus kental manis, gula, susu bubuk, SP yang sudah cair dan juga es batu yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Kenapa harus menggunakan es batu saat membuat whipped cream homemade?

Jika bahan-bahan yang digunakan suhunya hangat, lemak akan kehilangan kemampuannya untuk menstabilkan udara yang masuk ke dalamnya. Meskipun masih bisa mengembang namun volumenya tidak akan sebesar jika kamu menggunakan air es. Selain itu, whipped cream juga tidak akan mengembang tahan lama. 

Ketika membuat whipped cream instan, petunjuk penggunaan pada kemasan akan mengarahkan kamu untuk mendinginkan produk dahulu. Setelah itu, kamu bisa mixerwhipped cream instan hingga mengembang.

Namun untuk whipped cream homemade, kamu bisa menggunakan es batu saat pembuatannya. Suhu dingin pada es batu akan membuat whipped cream lebih bervolume dan mengembang lebih lama.

4. Mixer semua bahan

cara membuat whipping cream di rumah
ilustrasi mixer dan whipped cream (flickr.com/rhettsutphin)

Mixer semua bahan dalam wadah dengan kecepatan kecil, sedang, lalu tinggi hingga semua bahan mengembang. Selain menggunakan mixer, kamu juga bisa menggunakan whisk. Namun alat ini mungkin membutuhkan effort yang cukup banyak hingga whipped cream mengembang. 

Saat mengaduk bahan whipped cream tadi, perhatikan juga perubahan teksturnya. Whipped cream yang sudah mengembang biasanya akan bertekstur firm peak. Jangan terlalu lama dikocok karena whipped cream akan terlihat kering, rapuh dan tidak menggugah selera.

5. Cara menambahkan rasa pada whipped cream

cara membuat whipped cream di rumah
ilustrasi whipped cream yang sudah jadi (flickr.com/michelleTNS)

Saat whipped cream sudah bertekstur kaku, itu artinya kamu sudah bisa menambahkan rasa. Jika mencampurkan perisa makanan terlalu cepat, khawatir whipped cream yang mulai mengembang akan mengempis kembali. 

Kamu bisa menambahkan berbagai rasa untuk whipped cream, seperti bubuk kayu manis, rhum, dan perisa lainnya yang kamu suka.

Jika kamu ingin membuat whipping cream sendiri di rumah, parhatikan bahan-bahan yang diperlukan dan teknik mengolahnya, ya. Krim kocok yang kamu buat bisa tetap mengembang jika disimpan di lemari es selama satu atau dua hari.

Baca Juga: ​4 Cara Membuat Nasi Sushi, Mirip ala Restoran! 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nungki Wardani

Nungki Wardani

Cup Cake Chocolate Whipped Cream #JagoMasakMinggu2Periode2

Cup Cake Chocolate Whipped Cream #JagoMasakMinggu2Periode2

(5.0)

6 langkah

1.9 rb

Artikel Lainnya di tips