5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Tepat dengan Mudah

Bisa cek bagian bahannya juga, loh

5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Tepat dengan Mudah

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Sering gagal saat memilih alpukat? Padahal kamu sudah merasa memilih alpukat paling cantik secara tampilan luar yang ada yang ditawarkan oleh pedagang buah. Tapi, kenapa saat dibelah di rumah, ternyata plot twist dan tidak secantik tampilan luarnya.

Memilih alpukat yang bagus memang kegiatan yang cukup tricky. Bahkan terkadang Sobat Yummy bingung, sebenarnya tampilan fisik alpukat seperti apa yang bagus dengan tingkat kematangan yang pas dan berdaging pulen? Dibutuhkan pengetahuan untuk mengetahuinya agar tidak gagal.

Maka dari itu, yuk, simak rangkuman Yummy App mengenai cara memilih alpukat yang bagus untuk kamu yang masih bingung!

Baca Juga: 4 Cara Mematangkan Alpukat, Mudah dan Cepat

1. Perhatikan warna kulit alpukat

cara memilih alpukat yang bagus
ilustrasi warna kulit alpukat yang bagus (unsplash.com/Alejandro Duarte)

Memperhatikan warna merupakan kegiatan paling utama dalam hal pemilihan bahan makanan. Begitu juga dengan cara memilih alpukat yang bagus. Kamu harus perhatikan warna kulit alpukat saat memilihnya.

Alpukat yang bagus dan matang memiliki warna hijau lebih tua atau hijau keunguan, serta terlihat mengkilap. Alpukat dengan warna yang lebih tua cenderung memiliki tingkat kematangan yang pas. Sedangkan warna alpukat yang lebih muda tingkat kematangannya belum sempurna.

2. Cek kelunakan buah

cara memilih alpukat yang bagus
ilustrasi daging buah lunak matang (unsplash.com/Annemarie Gruden)

Tips cara memilih alpukat yang bagus selanjutnya dan tidak kalah penting, yakni cek kelunakannya. Sobat Yummy bisa menekan dengan perlahan buah alpukat yang dipilih. Jika terasa sedikit lunak, maka alpukat tersebut sudah mencapai tingkat kematangan yang pas.

Hindari alpukat yang bahkan tidak lunak saja, tapi terasa sangat lembek. Alpukat dengan tekstur yang lembek saat ditekan diindikasikan buah tersebut sudah terlalu matang dan lebih cepat mengalami proses pembusukan.

3. Periksa memar hitam pada kulitnya

cara memilih alpukat yang bagus
ilustrasi alpukat tanpa memar hitam (unsplash.com/Hitoshi Namura)

Bersamaan dengan mengecek kelunakan pada alpukat, Sobat Yummy juga harus memperhatikan kemunculan memar hitam pada kulit buah.

Alpukat yang sudah busuk cenderung muncul memar hitam di kulit buahnya bersamaan dengan tekstur yang lembek saat disentuh pada bagian tersebut. Tak jarang juga terasa berair jika disentuh. Maka hindari memilih buah alpukat dengan memar hitam, karena sudah pasti kualitasnya tidak bagus.

Baca Juga: 15 Resep Olahan Alpukat yang Sehat, Nikmat dan Bikin Nagih

4. Goyangkan alpukat untuk bek bijinya

cara memilih alpukat yang bagus
ilustrasi biji alpukat (unsplash.com/Louis Hansel)

Kamu bisa mengetahui tingkat kematangan buah alpukat dengan mengecek letak bijinya. Biji alpukat saat matang, sudah tidak menempel pada bagian dagian buah. Maka cara mengeceknya, yakni goyangkan secara perlahan buah alpukat, coba rasakan dan dengarkan pantulan dari biji di dalamnya.

Jika Sobat Yummy mendengarkan suara pantulan biji di dalam buah alpukat, hal itu menandakan bahwa buah sudah matang.

5. Perhatikan bagian batangnya juga

cara memilih alpukat yang bagus
ilustrasi bekas tangkai alpukat (Unsplash.com/Mel Elias)

Cara memilih alpukat yang bagus bisa dilihat dari bagian tangkai alpukat. Jika buah alpukat yang Sobat Yummy pilih masih memiliki tangkai, coba tarik dan lihat bagian dalamya.

Bagian dalam bekas tangkai alpukat yang sudah berwarna coklat menandakan alpukat sudah memiliki kematangan yang pas. Tetapi, jika bagian dalam tangkai buah alpukat masih berwarna hijau, maka alpukat belum matang atau masih mentah.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi dalam menentukan alpukat yang matang, kan? Setelah membaca tips cara memilih alpukat yang bagus di atas, kamu boleh langsung ke pasar atau supermarket untuk menerapkannya! 

Baca Juga: Stok Alpukat Cepat Busuk? Berikut Cara Tepat Menyimpannya!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lia_Ariani

Lia_Ariani

Es Alpukat Jelly Bola

Es Alpukat Jelly Bola

(5.0)

5 langkah

588

Artikel Lainnya di tips