Bingung Pilih Melon? Yuk, Ikuti 7 Tips Cara Memilih Melon yang Manis!

Dijamin legit dan manis! Ikuti cara akurat memilih melon ini

Bingung Pilih Melon? Yuk, Ikuti 7 Tips Cara Memilih Melon yang Manis!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Membayangkan buah melon, siapa yang tidak ngiler. Buah manis dan berair ini sangat cocok dimakan saat hari panas. Melon juga langganan diolah menjadi berbagai macam minuman seperti es teler ataupun es campur.

Tapi yang sering membuat kecewa adalah saat kamu sudah membeli satu buah melon utuh dengan membawa janji hiperbola penjual buah, bahwa melon tersebut pasti manis, harum dan legit. Tetapi begitu dibelah, kamu mendapati melon yang kurang nikmat dari segi rasa atau hambar.

Tidak perlu bingung, dan dijamin tidak akan dapat melon yang zonk lagi. Sobat Yummy perlu ikuti 7 tips cara memilih melon yang manis sesuai rangkuman Yummy App di bawah ini!

1. Perhatikan warna kulit melon

cara memilih melon yang manis
ilustrasi warna melon yang manis (pixabay.com/Dennis)

Dalam memilih bahan makanan, warna paling cerah dan mengkilap selalu mengindikasikan bahwa bahan tersebut masih fresh dan memiliki kualitas yang bagus. Tapi, Sobat Yummy harus tahu, warna cerah dan mengkilap dari melon pada umumnya menandakan bahwa buah tersebut belum matang.

Sebaliknya, pilih melon dengan kulit yang cenderung memutih, dengan warna kuning pucat ataupun hijau pucat. Melon dengan warna kulit tersebut sudah pasti memiliki tingkat kematangan yang pas dan berdaging manis.

2. Pilih melon dengan banyak jaring-jaring pada kulitnya

cara memilih melon yang manis
ilustrasi jaring-jaring kulit melon (unsplash.com/Max Griss)

Jika diperhatikan, pada permukaan kulit melon memiliki jaring-jaring atau guratan. Dari segi fisik ini, Sobat Yummy disarankan untuk memilih buah melon yang memiliki banyak jaring-jaring di kulitnya. Hal tersebut karena, buah melon yang matang sempurna memiliki jaring-jaring yang penuh pada kulitnya.

3. Pilih melon yang berat

cara memilih melon yang manis
ilustrasi melon berbobot berat (unsplash.com/Kenny Kenneth)

Dalam misi memilih melon yang manis pada supermarket atau penjual buah, Sobat Yummy coba pilih 2 buah melon yang menurut kamu warna dan permukaan jaring-jaring dikulitnya paling bagus.

Bandingkan kedua melon tersebut dari segi bobot. Melon dengan tingkat kematangan yang pas, cenderung memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan yang belum matang sempurna. Maka dari itu, pilihlah melon dengan bobot yang cukup berat karena sudah pasti manis.

Baca Juga: 8 Cara Memilih Durian Manis dan Berdaging Tebal

4. Periksa tingkat kekesaran permukaan melon

cara memilih melon yang manis
ilustrasi melon padat (pixabay.com/ruffles511)

Melon dengan kualitas yang baik, memiliki daging yang padat. Maka untuk memeriksanya, Sobat Yummy coba ketuk permukaan melon beberapa kali dan rasakan. Jika permukaan melon terasa keras, sangat memungkin buah tersebut memiliki kualitas yang bagus di dalamnya.

Hindari buah melon yang terasa lembek, hal tersebut mengindikasikan buah melon memiliki tanda-tanda kebusukan.

5. Hindari buah melon yang retak

cara memilih melon yang manis
ilustrasi melon yang buruk (pixabay.com/JamesDeMers)

Melon dengan kualitas bagus memiliki permukaan yang harus utuh. Hindari jika terdapat retakan pada buah melon. Hal ini secara umum dikarenakan kondisi perubahan cuaca saat menjelang panen.

Retak hingga menimbulkan terbukanya sedikit permukaan buah, menimbulkan penurunan kualitas pada buah. Sebab buah yang retak rentan terkontaminasi oleh pengotor dari lingkungan seperti kuman ataupun debu.

6. Cek aroma pada melon

cara memilih melon yang manis
ilustrasi aroma melon (pixabay.com/floriana_t)

Tips selanjutnya, yakni kamu bisa cek aroma pada melon yang kamu pilih. Melon dengan kematangan pas dan berdaging manis secara umum mengeluarkan aroma yang kuat, walau belum dibelah.

Aroma tersebut keluar dari pangkal tangkai. Kamu bisa dekatkan hidungmu di dekat pangkal tangkai melon yang kamu pilih, dan bandingkan dengan yang lain. Pilihlah melon dengan aroma harum manis paling pekat.

7. Coba goyangkan melon

cara memilih melon yang manis
ilustrasi biji dalam buah melon matang (unsplash.com/Martin Moore)

For your information, melon yang matangnya pas akan semakin banyak biji yang terlepas dari dagingnya. Hal itu, menyebabkan adanya ruang kosong di dalam buah melon.

Maka untuk mengetahuinya, coba goyang-goyang buah melon yang kamu pilih. Jika Sobat Yummy merasakan biji-biji melon yang memantul di dalam buah, menandakan buah tersebut berada di tingkat kematangan yang pas.

Nah, sekarang Sobat Yummy sudah tahu bagaimana cara memilih melon yang manis. Hari ini kamu bisa cus ke supermarket ataupun ke pedagang buah untuk menerapkannya secara langsung tips dari Yummy App di atas!

Baca Juga: Anti Gagal! Inilah 5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vhita Hani

Vhita Hani

Melon Bingsoo

Melon Bingsoo

(5.0)

6 langkah

263

Artikel Lainnya di tips