10 Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar, Terapkan Yuk!

Maksimalkan manfaat sayur dengan memilih sayuran segar

10 Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar, Terapkan Yuk!

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Memenuhi nutrisi harian salah satunya bisa diperoleh dari mengonsumsi sayuran. Tubuh akan jadi lebih sehat dan mudah melawan penyakit jika kebutuhan nutrisinya tercukupi. Kebutuhan tersebut tidak hanya dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, namun juga kualitasnya.

Sayuran yang terkontaminasi patogen atau kuman penyebab penyakit bisa menurunkan kualitas sayuran dan berisiko menimbulkan penyakit seperti mual, muntah, hingga diare.

Mengonsumsi sayuran segar akan memiliki manfaat yang lebih baik dan maksimal bagi tubuh. Oleh sebab itu, penting bagi kita memilih sayuran dalam kondisi baik agar terhindar dari masalah kesehatan.

Lalu, bagaimana cara memilih sayuran yang baik dan segar agar aman dikonsumsi? Berikut tips yang bisa kamu lakukan!

1. Sayuran bewarna cerah

ilustrasi sayuran segar bewarna cerah
ilustrasi sayuran bewarna cerah (freepik.com/freepik)

Cara memilih sayuran yang baik dari Yummy App kali ini diawali dengan carilah sayuran yang berwarna cerah.

Sayuran yang baik dan segar dapat dikenali dari tampilan luarnya yang bagus dan terjamin. Biasanya sayuran segar dapat dilihat dari warna kulit luarnya yang masih cerah dan mengkilap.

Hindari memilih sayuran dengan warna kusam, menguning, atau berdebu. Karena bisa jadi merupakan tanda bahwa sayuran sudah lama dan tidak lagi dalam kondisi terbaik.

2. Kenali karakteristik sayuran yang baik

ilustrasi sayuran yang baik dan segar
ilustrasi sayuran yang baik dan segar (freepik.com/pvproductions)

Cara memilih sayuran yang baik selanjutnya adalah kenali karakteristik sayuran yang baik itu seperti apa.

Ketika hendak memilih sayuran, pastikan kamu memilih sayuran dengan bentuk yang baik. Hindari memilih sayuran yang layu, berbintik, atau memar.

3. Tesktur kencang dan padat

ilustrasi memeriksa tekstur sayuran
ilustrasi memeriksa tekstur sayuran (freepik.com/senivpetro)

Tidak hanya melihat dari warna dan bentuk fisiknya saja, untuk mengetahui bagaimana cara memilih sayuran yang baik, kamu juga harus menggunakan indra peraba kamu untuk menyentuh sayuran atau buah-buahan yang akan dibeli. Jika teksturnya masih kencang dan padat, tidak lembek atau bertekstur, tidak keriput atau pecah-pecah, berarti sayuran tersebut masih bisa dipastikan sebagai sayuran segar.

4. Memiliki bau yang segar dan khas

ilustrasi sayuran yang baik dan segar
ilustrasi sayuran yang baik dan segar (freepik.com/rawpixel.com)

Selain ketiga hal di atas, untuk mengetahui bagaimana cara memilih sayuran yang baik, kamu juga bisa menggunakan indra penciuman untuk mengenali sayuran yang baik dan segar dari wangi yang khas. Sayuran yang sudah mulai memasuki proses pembusukan, biasanya tidak lagi mengeluarkan bau khas sayuran, namun cenderung mengeluarkan bau busuk yang sedikit mengganggu.

5. Memilih sayuran di alat pendingin

ilustrasi memilih sayuran di lemari pendingin
ilustrasi memilih sayuran di lemari pendingin (freepik.com/pvproductions)

Ketika berbelanja sayuran di supermarket atau swalayan, biasanya kamu akan menemukan sayuran dalam kemasan yang dibungkus dan disimpan di lemari pendingin.  Cara memilih sayuran yang baik ini bertujuan agar kesegaran sayuran lebih terjaga dibanding sayuran yang dipajang di suhu ruang.

Baca Juga: 15 Sayuran Segar yang Mengandung Vitamin A 

6. Memilih sayuran tanpa pestisida

ilustrasi sayuran yang baik dan segar
ilustrasi sayuran yang baik dan segar (freepik.com/freepik)

Salah satu cara memilih sayuran yang baik dan harus kamu perhatikan untuk kesehatan kamu adalah pilihlah sayuran yang bebas pestisida. Lalu apakah kamu lebih suka sayuran yang terlihat mulus dan utuh? Sayuran dengan tampilan sempurna tersebut biasanya karena tidak dihinggapi ulat sayur pemakan daun atau daging sayuran.

Tetapi, bukan berarti itu merupakan hal yang bagus, lho. Tidak adanya ulat pada sayuran bisa menandakan bahwa sayuran tersebut mengandung pestisida yang dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Jadi, tidak masalah kalau kamu memilih sayuran yang daunnya bolong karena gigitan ulat, ya.

7. Belanja sayur di pagi hari

ilustrasi belanja dan memilih sayuran
ilustrasi belanja dan memilih sayuran (freepik.com/jcomp)

Salah satu tantangan belanja sayur adalah bangun pagi-pagi untuk bisa mendapatkan sayuran terbaik. Meskipun begitu, cara memilih sayuran yang baik ini tetap menyenangkan untuk dilakukan karena kita memiliki banyak pilihan sayuran segar yang bisa dibeli. Jika kesiangan, biasanya kamu hanya punya pilihan sayur terbatas dan tidak leluasa untuk memilih.

8. Belanja ke pasar sayur atau langsung ke petani

ilustrasi belanja sayur di pasar
ilustrasi belanja sayur di pasar (freepik.com/fxquadro)

Cara selanjutnya adalah belanja langsung di pasar sayur, karena akan memungkinkan kamu mendapatkan sayur segar dari pedagang atau bahkan petani langsung. Cara memilih sayuran yang baik ini akan mempermudah kamu untuk menyeleksi sayuran karena bisa dipastikan sebagian besar sayuran merupakan hasil yang baru dipanen.

9. Belanja sayur sesuai musimnya

ilustrasi hasil panen sayuran
ilustrasi hasil panen sayuran (freepik.com/jcom)

Biasanya, sayuran yang sedang musim akan lebih segar karena hasil panen melimpah yang membuat stok sayuran selalu ada dan diganti. Kamu juga bisa, lho, mendapatkan harga yang lebih murah saat sedang musimnya.

Meski kebutuhan konsumsi sayur kita terus ada dan tidak mengikuti musim. Namun, membeli sayur yang sedang musim dapat menjadi pilihan yang baik dan bijak.

10. Perhatikan kemasan

ilustrasi sayuran beku
ilustrasi sayuran beku (freepik.com/freepik)

Jika kamu memutuskan untuk membeli sayuran beku atau kalengan karena beberapa alasan, kamu perlu memperhatikan kemasannya. Cek tanggal produksi dan komposisi sayuran. Apakah mengantung garam atau produk tambahan lain yang kemungkinan akan merusak nutrisinya.

Jika kamu membeli sayuran di supermarket atau swalayan, pilih sayuran yang dikemas di dalam plastik. Kemasan tersebut bisa menahan kesegaran lebih lama dibanding yang tidak dikemas.

Itulah informasi mengenai 10 cara memilih sayuran yang baik dan segar sehingga aman dikonsumsi. Usahakan untuk menyetok sayur secukupnya saja agar tidak perlu menyimpannya terlalu lama. Hal ini bisa berakibat pada menurunnya kondisi kesegaran dan berkurangnya manfaat sayur. 

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Awet dan Tidak Layu

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

MaNdadari

MaNdadari

Sayur Tahu Labu Siam Kuah Kuning

Sayur Tahu Labu Siam Kuah Kuning

(5.0)

20 mnt

489

Artikel Lainnya di tips