Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas yang Wajib Diketahui

Praktikkan agar kulkas tetap bersih.

Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas yang Wajib Diketahui

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Lemari es atau kulkas telah menjadi salah satu alat elektronik yang terbilang wajib untuk dimiliki di rumah. Fungsinya yang dapat membantu mendinginkan dan membuat makanan ataupun minuman menjadi lebih awet, menjadi beberapa alasan mengapa kulkas amat dibutuhkan.

Dan untuk memastikan kulkas di rumah tetap berfungsi dengan baik, kita harus terus membersihkan dan merawatnya. Nah tapi sayangnya, masalah yang umum ditemui pada kulkas ialah bunga es yang kerap kali bermunculan di bagian freezer kulkas.

Memang kini tidak semua tipe kulkas mengalami masalah ini (karena sudah banyak kulkas yang dibuat menjadi lebih canggih), namun jika kulkasmu di rumah mengalaminya, Yummy App akan memberitahumu bagaimana cara mencegah bunga es di kulkas.

Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Penyebab Munculnya Bunga Es Pada Kulkas

Penyebab Munculnya Bunga Es Pada Kulkas
Unsplash.com/Mike McGrath

Sederhananya, di dalam kulkas akan selalu ada kemungkinan uap air terkumpul di dinding bagian dalam, terutama di bagian belakang kulkas. Hal ini dikarenakan udara dingin yang menyimpan lebih sedikit kelembaban dibandingkan udara hangat. Semakin udara dingin terkumpul, semakin banyak uap air yang ditarik keluar. Kelembaban itulah yang kemudian mengendap di permukaan kulkasmu.

Nah, ketika kamu melihat es di kulkasmu, maka kamu harus waspada, berarti ada hal yang salah dengan kulkasmu. Kelembaban normal yang mulai membeku ini dapat menyebabkan masalah kontrol suhu di dalam unit kulkas. Hal ini juga bisa membuat kulkas dalam keadaan yang lebih buruk, yaitu dapat mengakibatkan gagalnya mesin berfungsi dengan semestinya.

Berikut ini beberapa masalah yang mungkin terjadi pada kulkasmu, sehingga membuat bunga es bermunculan di dalam kulkas.

1. Refrigerator Frost

Coba periksa manual kulkasmu dan pastikan suhunya tidak berada di bawah 35°F. Pengaturan suhu pada kulkas biasanya berada di dinding kulkas bagian dalam atau langit-langit kompartemen pendingin. Coba kamu cek terlebih dahulu, apakah suhu kulkasmu sudah di atas 35°F atau belum.

2. Freezer Gasket yang Bocor

Pernah lihat ada karet yang mengelilingi pintu kulkas dan freezermu? Coba kamu cek keadaan karet tersebut, apakah karet atau gasket tersebut masih dalam keadaan yang baik?

Seiring waktu, gasket ini akan mengering dan retak atau rusak. Jika gasket rusak, biasanya pintu akan susah ditutup atau jika kamu paksa menutup pintu tersebut maka yang terjadi adalah pintu tidak akan tertutup dengan rapat. 

Nah, udara lembab yang ada di rumahmu dapat tertarik ke dalam kulkas jika pintunya tidak tertutup rapih, alhasil uap air di udara kan mengembun di dinding dan langit-langit kulkas seperti tetesan kecil. Tetesan air inilah yang kemudian akan membentuk es yang membeku.

Kulkas yang lebih modern mungkin sudah memiliki sistem pencairan sendiri atau self-defrosting, tapi gasket yang bocor ini juga akan menyebabkan adanya bunga es yang tertimbun. Maka dari itu, kalau kamu melihat karet yang ada di sekeliling kulkas mulai rusak segera perbaiki dan ganti agar kulkas terhindar dari bunga es.

3. Makanan

Siapa sangka makanan juga bisa menjadi penyebab adanya bunga es pada kulkasmu? Kelembaban yang ada pada makanan tentunya akan tersebar ke dalam kulkas atau kompartemen pembeku dan dapat menyebabkan bunga es muncul.

Makanan berair yang disimpan dengan wadah terbuka dapat menyebabkan embun beku karena terjadi penguapan. Uap tersebutlah yang akan menempel pada dinding atau langit-langit kulkas dan membentuk bunga es. Jadi, perhatikan makanan yang kamu simpan di kulkas yah!

4. Masalah Pada Defrosting Mechanism

Pada kulkas yang lebih modern, biasanya telah disertai sistem self-defrosting yang mampu memanaskan koil zat pendingin di dalam kulkas dan freezer. Sedikit peningkatan suhu di kulkas akan mencairkan bunga es di freezer, dinding dan rak kulkas. Air hasil pencairan bunga es ini nantinya akan mengalir ke drain pan (tempat pembuangan air).

Nah, jika jalur pembuangan ke drain pan ini tersumbat, maka kulkas akan mengalami beberapa masalah. Salah satu masalahnya adalah penumpukkan bunga es di kulkasmu!

Dari beberapa masalah yang telah Yummy App jabarkan di atas, langkah paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menghubungi teknisi yang dapat membantu memperbaiki kulkasmu.

Tapi sebelum kamu menghadapi isu tersebut, kamu dapat mencegah kemunculan ataupun penimbunan bunga es di kulkas dengan beberapa cara di bawah ini.

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Awet dan Tidak Layu

Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas

Lalu, apa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penimbunan bunga es yang ada di kulkas? Berikut ini beberapa cara mencegah bunga es di kulkas yang dapat kamu lakukan.

1. Amati kondisi pintu kulkas

Unsplash.com/nrd

Cara pertama, mengecek secara berkala bagaimana keadaan kulkasmu, terutama bagian pintu! Terlalu sering membuka pintu seringkali meningkatkan kelembaban di dalam lemari es dan inilah alasan utama kenapa kulkasmu sering ditumbuhi bunga es.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Ketika kamu ingin mengambil bahan makanan di kulkas untuk memasak satu menu, pastikan kamu mengambil bahan makanan dalam satu waktu. Contohnya, ketika kamu ingin membuat omelet, maka ambil bahan omelet, seperti telur, sayur, dan bahan pelengkap lainnya dalam satu waktu.

Kamu juga bisa membuat note atau daftar makanan yang perlu kamu keluarkan di pintu kulkas. Cara ini bisa meminimalisir kamu untuk membuka kulkas beberapa kali.

Cara kedua, mengencangkan engsel pintu lemari es yang dirasa longgar. Engsel pintu kulkas yang tidak terpasang dengan baik kemungkinan besar akan meningkatkan kelembaban di dalam kulkas dan menyebabkan penumpukkan bunga es.

Jika kamu melihat engsel atau sekrup kulkasmu goyah, segera ambil obeng untuk mengencangkan sekrupnya. Kamu hanya perlu memutar obeng ke arah jarum jam dan kencangkan hingga sekrup menguat. 

Cara ketiga, perhatikan seals atau karet yang terpasang di setiap pintu. Seka semua kotoran yang melapisi pintu kulkas atau freezer, bagian ini biasanya rentan untuk terkena residu sisa makanan yang kamu simpan di kulkas. Sisa makanan inilah yang biasanya berubah menjadi bunga es dan membuat seals kulkas tidak dapat menutup dengan baik.

Cara keempat, ganti seals atau gasket kulkas dengan yang baru jika karet seals sudah dalam keadaan rusak. Kamu bisa menghubungi call center dari merk kulkasmu untuk memesan gasket pengganti. Setelah kamu sudah mendapatkan seals atau gasket baru, kamu bisa mencabut gasket lama dan ganti dengan gasket yang baru. Jangan lupa untuk mencabut listrik kulkasnya terlebih dahulu sebelum mengganti gasket yah!

2. Rapihkan kulkas secara berkala

 
Unsplash.com/Ello

Cara pertama, kamu bisa merapikan kulkasmu dengan cara mengorganisir makanan yang kamu simpan. Saat kamu ingin menyimpan makanan, cek dulu sumber udara dingin yang ada di kulkasmu, jangan sampai makanan yang kamu simpan menghalangi sirkulasi udara dingin kulkas yah

Cara kedua, jangan menyimpan makanan secara berlebihan. Makanan dan minuman yang terlalu banyak malah akan menjebak udara dingin di area tertentu saja. Nah, hal inilah yang biasanya akan menimbulkan bunga es pada kulkasmu.

Simpan makanan dan minuman di tempat yang memang sudah ditentukan. Contohnya, menyimpan sayur di dalam laci kulkas, menyimpan daging di rak daging, bumbu di rak bumbu, dan seterusnya.

Cara ketiga, periksa ventilasi kulkas selama 6 bulan sekali untuk memastikan sirkulasi udara di kulkasmu dalam keadaan baik. Ventilasi yang kotor dan tersumbat akan menyebabkan aliran udara tidak lancar dan penumpukkan bunga es.

Setiap 6 bulan sekali, lakukan pengecekan kebersihan ventilasi kulkasmu. Bersihkan dengan sikat dan sabun cuci piring jika perlu. Matikan kulkas terlebih dahulu sebelum mengambil ventilasi kulkas. Dan jangan lupa untuk mengeringkan ventilasi sebelum dipasang kembali.

Cara keempat, bersihkan bagian dalam kulkas. Kamu bisa membersihkan bagian dalam kulkas sekitar dua kali dalam satu tahun. Sebelum membersihkan bagian dalam kulkas, jangan lupa untuk mengeluarkan semua makanan yang ada.

Gunakan tisu kering untuk menyikat semua remah yang ada di kulkasmu. Setelah itu, kamu bisa menggosok rak menggunakan kain pembersih dan sabun. Bersihkan semua tumpahan air atau remah di dalam kulkasmu untuk menghindari pembentukan bunga es.

3. Cara menghilangkan penumpukan es

Freezer yang ditumbuhi bunga es
Flickr

Cara pertama, kamu bisa mengatur suhu kulkasmu diantara suhu 37 hingga 40 °F (3 hingga 4 °C) dan freezer Anda pada suhu 0 °F (−18 °C). Hindari mengatur suhu kulkas dengan pengaturan yang tinggi karena dapat memancing adanya bunga es pada kulkas.

Cara kedua, lelehkan bunga es dengan air panas dan kain pembersih. Kamu bisa membersihkan bunga es dengan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air panas. Caranya, kamu hanya perlu menumpukkan kain ke atas bunga es, tekan-tekan dengan lembut untuk menghangatkan es hingga ke dasarnya. Lakukan berulang kali sampai bunga es bersih.

Cara ketiga, bersihkan bunga es dengan sikat bulu. Kalau kamu kesusahan membersihkan bongkahan es dengan air panas, kamu bisa menggunakan sikat bulu yang kaku. Sikat seperti ini bisa mengikis bongkahan es yang padat hingga ke dasarnya. Hindari membersihkan bunga es dengan menggunakan benda tajam yang dapat mengikis permukaan kulkasmu.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan bunga es yang ada di kulkas terutama freezer-mu. Semoga bermanfaat, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​7 Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas agar Awet dan Tetap Segar

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Endah Triana

Endah Triana

Es Kopi Jelly

Es Kopi Jelly

(5.0)

15 mnt

387

Heny Rosita

Heny Rosita

Es Teh Viral

Es Teh Viral

(5.0)

20 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di tips