Advertisement

Advertisement

Advertisement

3 Cara Mencuci Anggur agar Aman Dikonsumsi, Lengkap dengan Tipsnya

Meski tidak berbahaya, lebih baik tetap dibersihkan, ya!

3 Cara Mencuci Anggur agar Aman Dikonsumsi, Lengkap dengan Tipsnya

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Lapisan putih di permukaan buah anggur disebut dengan lilin. Lilin berguna untuk melindungi kesegaran buah anggur dan mencegahnya agar tidak mudah busuk. Meski relatif aman jika termakan, namun lilin pada kulit anggur akan terasa sedikit pahit.

Buah anggur juga merupakan salah satu tanaman dirty dozen, yakni sebutan bagi hasil bumi yang mengandung pestisida cukup tinggi. Untuk itu, sebelum mengonsumsinya, kamu wajib mencuci anggur yang sudah kamu beli.

Namun, membersihkannya dengan air saja tidak cukup, sebab pestisida masih akan bertahan ketika hanya dicuci dengan air biasa. Bagaimana cara mencuci anggur untuk menghilangkan lapisan lilin serta pestisida yang menempel pada anggur? Yuk, simak tips dan cara mencuci anggur yang telah Yummy App rangkum di bawah ini.

Advertisement

Tips sebelum mencuci anggur

iStockphoto.com

1. Simpan anggur sebelum dicuci

Sebelum dicuci dan dikonsumsi, ada baiknya untuk menyimpan anggur terlebih dahulu untuk mencegah kelembaban yang akan mempercepat proses pembusukan. Cuci anggur beberapa saat sebelum kamu ingin menyantapnya saja dengan mencuci sebagian atau sesuai kebutuhan.

2. Cuci anggur dengan air bersih

Kamu tetap harus membilas atau mencuci anggur terlebih dahulu di bawah air mengalir. Bilas hingga beberapa kali sambil digosok dengan lembut untuk merontokkan pestisida yang menempel serta menghilangkan bakteri.

3. Rendam anggur

Siapkan wadah bersih, kemudian masukkan anggur ke dalam wadah dan letakkan di bawah wastafel. Kemudian, kamu tinggal menyalakan keran dan biarkan air mengucur hingga memenuhi wadah dan buah anggur dapat terendam.

Advertisement

1. Rendam dengan larutan garam

Cara mencuci anggur yang pertama yakni dengan merendam buah anggur di dalam air garam. Caranya siapkan air di dalam wadah, kemudian masukkan beberapa sendok teh garam atau secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga larut. Setelah larut bersama air, kamu bisa mulai merendam buah anggur selama 5-10 menit untuk menghilangkan lapisan lilinnya.

Selesai direndam, jangan lupa membilas kembali anggur dengan air bersih atau air mengalir agar tidak ada sisa-sisa garam yang menempel.

2. Rendam dengan baking soda

Cara mencuci anggur berikutnya yaitu menggunakan baking soda. Caranya, siapkan wadah berisi air bersih, kemudian tuang baking soda secukupnya. Pastikan untuk mengaduknya agar larut. Setelah larut, kamu bisa merendam buah anggur selama 3-5 menit untuk menghilangkan lapisan lilinnya.

Jangan lupa untuk membilas anggur yang sudah direndam dengan air bersih atau air mengalir untuk memastikan bahwa anggur benar-benar bersih dan terbebas dari residu atau bakteri yang tersisa.

Pastikan kamu tidak salah ya, baking soda yang dimaksud adalah soda kue yang mengandung 100 persen natrium atau sodium bicarbonate.

3. Rendam dengan larutan cuka

Cara mencuci anggur selanjutnya yang bisa kamu coba adalah merendam anggur dengan air cuka. Pertama, siapkan air bersih dengan suhu yang mendekati suhu anggur yang akan dicuci.

Lalu tuangkan air ke dalam wadah dan tambahkan cuka dengan perbandingan 3:1. Artinya, tiap tiga gelas air, kamu dapat menambahkan satu gelas cuka. Perbandingan ini sudah pas dan efektif untuk menghilangkan pestisida.

Rendam anggur selama 5-10 menit di dalam larutan cuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa residu yang masih menempel. Membilas anggur juga berguna untuk meghindari rasa cuka yang menempel pada anggur.

Itulah 3 cara mencuci anggur yang dapat kamu coba untuk membersihkan anggur agar lapisan lilin hilang. Selain anggur, cara di atas juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan jenis buah-buahan lainnya yang biasanya mengandung pestisida seperti apel dan blueberry. Sedikit tambahan, jangan lupa untuk mengeringkan anggur dengan tisu atau diamkan beberapa saat sebelum dikonsumsi atau disimpan kembali. 

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Mochi Anggur Keju #JagoMasakMinggu4Periode2

Mochi Anggur Keju #JagoMasakMinggu4Periode2

(4.6)

10 langkah

1.1 rb

Artikel Lainnya di tips

Advertisement

Advertisement