6 Cara Mencuci Panci Listrik yang Benar

Cuci panci listrik jadi lebih aman!

6 Cara Mencuci Panci Listrik yang Benar

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Panci listrik merupakan alternatif Sobat Yummy untuk memasak tanpa memerlukan gas. Sesuai dengan namanya, panci listrik memanfaatkan tenaga listrik untuk memasak makanan hingga matang. Berbagai masakan bisa dibuat dengan panci listrik mulai dari mie instan, kentang goreng, membuat bubur, dan masih banyak masakan lainnya. 

Alat elektronik yang canggih ini sangat berguna bagi anak kos saat malas untuk masak di dapur, karena digunakan bersama dengan pengguna kos lainnya. Hanya saja perawatan panci listrik tentu berbeda dengan merawat panci biasa. Karena berhubungan dengan arus listrik, kamu harus berhati-hati dalam membersihkan panci agar tidak rusak.

Pada artikel kali ini, Yummy App sudah merangkum bagaimana cara mencuci panci listrik yang benar untuk Sobat Yummy di rumah.

1. Lepas semua komponen panci

memisahkan komponen panci
ilustrasi memisahkan komponen panci (unsplash.com/cookerking)

Cara pertama yang dilakukan sebelum mencuci panci listrik adalah dengan melepaskan komponen panci seperti tutup dan gagangnya.

Pastikan kabel pada panci sudah tidak tersambung dengan listrik, dan lepaskan kabel yang masih tersambung dengan panci. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti korsleting listrik atau bahkan listriknya dapat membahayakan diri kamu.

2. Cuci di bawah air mengalir

mencuci bagian dalam panci
ilustrasi mencuci bagian dalam panci (unsplash.com/tinadawson)

Apabila seluruh komponennya sudah dilepas, cuci bagian panci dengan aliran air yang tidak begitu besar. Bersihkan menggunakan spons yang lembut supaya tidak meninggalkan bekas goresan dan lecet pada panci.

Cuci hanya bagian dalamnya saja, dan jangan biarkan bagian luar panci terkena siraman air, karena terdapat steker. Aliran air yang kecil juga untuk meminimalisir bagian luar panci terkena cipratan air berlebih.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Panci Gosong, Kembalikan Kinclongnya dengan Mudah

3. Bersihkan tutup panci dengan lap basah

komponen panci
ilustrasi lap komponen panci (pexels.com/liliana drew)

Tutup panci juga menjadi bagian yang kotor akibat terkena cipratan dari masakan. Tutup dan komponen panci lainnya bisa dibersihkan menggunakan kain lap lembut yang sudah sedikit dibasahi dengan air, karena pada beberapa panci listrik memiliki tombol power yang terletak pada tutup panci.

Oleh sebab itu, mencuci tutup dengan kain lap basah jauh lebih aman dibandingkan langsung dicuci di bawah aliran air.

4. Bersihkan karet panci

melepas karet panci
ilustrasi hendak melepas karet panci (instagram.com/sinar_perabot27)

Biasanya terdapat karet pada panci listrik yang juga harus dibersihkan dengan benar. Kamu bisa melepasnya terlebih dahulu, lalu cuci dengan bersih di bawah aliran air.

Apabila karet panci dirasa mulai keras, gantilah dengan karet panci yang baru. Mencuci karet panci juga bisa kamu lakukan dengan menyiram karet dengan air hangat supaya terjaga kebersihannya.

5. Keringkan panci

mengeringkan panci
ilustrasi menaruh panci di rak cucian piring (unsplash.com/rickysingh)

Setelah dicuci semua komponen pada panci listrik, tunggu semuanya kering terlebih dahulu sebelum dipasangkan kembali. Kamu bisa mengeringkannya dengan menaruh panci di rak cucian piring.

Namun, supaya proses pengeringan lebih cepat, kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan lap yang lembut. Semua komponen dari panci listrik harus dipastikan kering, dan jangan digunakan saat basah.

Pastikan seluruh komponen panci kering dan tidak ada sisa air yang tertinggal, supaya air tidak mengendap dan berpotensi merusak material panci. Untuk karet panci, biarkan kering sendiri tanpa perlu di lap menggunakan kain kering.

6. Gunakan lap basah

membasahi lap
ilustrasi membasahi lap (pexels.com/lilianadrew)

Jika masakan yang kamu buat tidak terlalu meninggalkan bekas bumbu, bau menyengat, dan lengket pada panci, kamu bisa lap panci listrik langsung menggunakan lap yang sudah cukup dibasahi terlebih dahulu.

Lakukan pada semua komponen panci, agar semuanya menjadi bersih. Kemudian keringkan menggunakan lap lembut yang kering. 


Pada intinya, cara membersihkan panci listrik yang aman kamu harus berhati-hati ketika melakukan seluruh proses pencucian, karena panci listrik rawan rusak. Sangat disayangkan jika panci rusak dan tidak bisa digunakan lagi untuk memasak. Karena itu, selalu pastikan sudah menggunakan cara mencuci panci listrik yang benar!

Baca Juga: ​Cara Ampuh Membersihkan Wajan Gosong, Tampak Seperti Baru!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Riska Wijaya

Riska Wijaya

Cah Daging Sapi Sayuran

Cah Daging Sapi Sayuran

(5.0)

8 langkah

3.5 rb

Artikel Lainnya di tips