6 Cara Mengasah Pisau dengan Batu Asah, Dijamin Tajam dan Awet

​Bahaya, jangan memotong dengan pisau tumpul!

6 Cara Mengasah Pisau dengan Batu Asah, Dijamin Tajam dan Awet

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Tidak ada yang bisa menandingi rasa kesal ibu-ibu saat menghadapi pisau yang tumpul di dapur, bener gak Sobat Yummy? Tidak hanya membuat hasil potongan terlihat kurang menarik, pisau tumpul juga lebih berbahaya dari pisau yang tajam, lho. Mengapa?

Saat kamu menggunakan pisau yang tumpul untuk memotong makanan, maka tenaga yang dikeluarkan pasti akan lebih besar. Nah, khawatirnya, pisau akan lebih mudah melukai kulit karena pisau tumpul lebih mudah untuk tergelincir.

Selain itu, pisau yang tumpul juga bisa menyebabkan rusaknya kandungan gizi yang ada pada makanan yang akan kamu olah. Contohnya, kamu akan memotong sayur dengan menggunakan pisau tumpul. Pisau dengan keadaan tumpul ini dapat menyebabkan dinding sel sayuran itu rusak dan sobek. Padahal di dinding sel inilah berbagai zat gizi makanan terkunci.

Untuk itu, pisau dapur wajib diasah secara rutin atau minimal dua kali setahun agar ketajamannya tetap terjaga. Kali ini, Yummy App akan berbagi tips dan cara mengasah pisau yang mudah diikuti. Yuk, langsung saja kita pelajari langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Rendam batu asahan

ilustrasi pisau dapur memasak
ilustrasi jenis pisau dapur (pexels.com/Lukas)

Cara mengasah pisau bisa dengan menggunakan batu asah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merendam batu asahan di dalam air. Air yang akan diserap oleh batu asah adalah pelumas yang akan membuat proses mengasah lebih lancar. Nah, saat merendam batu asah ini, pastikan tidak ada lagi gelembung yang menempel di batunya, ya!

2. Simpan batu asahan di kain lembab

Langkah kedua dari cara mengasah pisau yakni menyimpan batu asah di atas kain lembab. Kenapa harus di kain lembab? Karena batu asah yang sudah basahi akan licin jika langsung bersentuhan dengan meja atau keramik. Jika kamu meletakkan batu asah pada kain kering, air yang ada batu asahan akan terserap ke kain kering.

Oleh karena itu, kain yang paling tepat digunakan untuk melapisi batu asahan agar tidak licin itu adalah kain lembab.

Baca Juga: Jenis-jenis Pisau Ini Wajib Kamu Ketahui, Permudah Proses Memasak!

3. Posisi yang benar saat mengasah

ilustrasi pisau dapur memasak
ilustrasi memotong dengan pisau (Pexels.com/Huy Phan)

Atur posisi pisau saat hendak mulai mengasah. Supaya pisau tajam sempurna, posisi yang tepat adalah pisau berada di sudut 22,5 derajat, mata pisau harus berada di depan atau membelakangimu, dan jari-jari sebelah kiri harus berada di daerah metal pisau. 

4. Gunakan sisi yang kasar pada batu asah

Saat pertama kali mengasah pisau, gunakan sisi yang kasar dulu ya. Gosok hingga sepuluh kali di setiap sisi pisau, lakukan secara berulang. Oh iya, saat mengasah pisau, jangan lupa juga jarimu harus tetap menekan metal pisau.

5. Gunakan sisi yang halus

ilustrasi pisau dapur memasak
ilustrasi pisau dapur (Pexels.com/Toni Cuenca)

Pisau sudah cukup tajam? Saatnya lanjut ke langkah terakhir. Cara mengasah pisau selanjutnya adalah dengan mengasah pisau dengan menggunakan sisi yang halus. Tekan metal pisau dengan jari-jarimu dan gosok setiap sisi pisau.

6. Jangan menggosok bolak-balik

Ini dia kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat mengasah pisau dengan batu asah. Jangan menggosok pisau bolak-balik! Gosok pisau dari ujung ke ujung terlebih dahulu. Jika sudah, angkat pisau dan asah dari bagian bawahnya.

Baca Juga: 15 Jenis Pisau Dapur Beserta Fungsinya

Nah, itu dia cara mengasah pisau dengan batu asah yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dijamin pisau di rumahmu akan cepat tajam dan mudah digunakan! Semoga bermanfaat ya, Sobat Yummy!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Empal Daging

Resep Teruji

Empal Daging

(4.6)

1432,2 Kj

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+6

Hana Arnin

Hana Arnin

Tips Cara Mengiris Beef Slice #TipsAndalan

Tips Cara Mengiris Beef Slice #TipsAndalan

(5.0)

5 langkah

905

Artikel Lainnya di tips