11 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket dan Tetap Garing!

Ada bumbu yang gak boleh kamu sertakan, nih!

11 Cara Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket dan Tetap Garing!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Semua orang tahu kalau ikan adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat berguna untuk kesehatan jantung. Tetapi untuk beberapa orang, memasak ikan merupakan hal yang rumit. Satu masalah yang sering muncul adalah ikan yang selalu menempel pada wajan dan membuat ikan tidak digoreng dengan maksimal.

Meskipun ada banyak cara memasak ikan, seperti direbus dan dipanggang, tapi ikan yang digoreng adalah cara yang paling mudah. Untuk itu, kamu perlu menguasai beberapa cara menggoreng ikan agar tidak lengket.

Nah, berikut ini Yummy App membagikan langkah-langkah penting yang harus kamu lakukan saat memasak ikan dalam wajan. Apa saja?

1. Pastikan ikan masih segar

ciri ikan yang segar
ilustrasi ikan segar (flickr.com/oceansolutions)

Mengapa harus menggunakan ikan segar? Ikan segar dagingnya cukup padat dan tidak mudah hancur saat diolah. Tipe ikan seperti ini akan lebih membantu kamu saat mengolah ikan. Berikut ini beberapa ciri ikan segar yang perlu kamu ketahui.

  • Warna sisiknya masih terlihat segar
  • Sisik masih menempel kuat pada badan ikan
  • Wangi ikan masih segar dan tidak amis
  • Mulut ikan mengatup dan matanya masih jernih
  • Ekor ikan masih kaku
  • Ikan masih dapat tenggelam di dalam air

2. Rendam ikan dengan bumbu

bumbu ikan goreng
ilustrasi ikan dimarinasi (flickr.com/blazinghotwok)

Setelah memilih ikan yang segar, kamu juga perlu membersihkan ikan dan membumbuinya. Pastikan isi perut ikan sudah dikeluarkan sebelum dibumbui agar kualitasnya tetap baik.

Selanjutnya, siapkan bumbu yang akan digunakan untuk memberi rasa pada ikan. Rendam ikan dengan bumbu tersebut 1 jam sebelum ikan digoreng untuk meminimalisir ikan yang lengket.

3. Hindari bumbu kecap

ilustrasi kecap manis
ilustrasi kecap manis (flickr.com/sam)

Untuk menghindari ikan yang menempel di wajan ketika digoreng, hindari penggunaan bumbu dengan bahan dasar kecap ataupun gula. Bumbu manis seperti ini akan berubah menjadi karamel ketika terkena panas.

Wajan yang anti lengket malah akan membuat ikan yang kamu goreng menempel bersama dengan bumbunya. Lebih baik, kamu menggunakan bumbu dasar yang sifatnya tidak mengental, seperti kecap asin, air garam dan lada, bumbu kuning, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Masak Ikan Bakar agar Bumbunya Meresap, Sudah Tahu Resepnya?

4. Gunakan minyak segar dan wajan yang bersih

minyak sayur di wajan untuk menggoreng
ilustrasi minyak segar dan wajan (flickr.com/scottrubin)

Tips utama yang membuat ikan tidak lengket saat digoreng adalah menggorengnya menggunakan minyak segar dan wajan bersih. 

Minyak yang sudah pernah digunakan cenderung meninggalkan sisa-sisa makanan dari proses penggorengan sebelumnya. Hal inilah yang membuat makanan yang digoreng selanjutnya malah lengket dan susah untuk digoreng. Selain itu, aroma dari makanan sebelumnya juga akan ikut tercampur dengan ikan yang kamu goreng.

Wajan yang bersih juga jadi hal utama yang harus kamu perhatikan. Terkadang sisa makanan bekas menggoreng sebelumnya masih menempel pada wajan. Ini juga akan menyebabkan ikan lengket dan menempel pada wajan saat digoreng.

Selain harus bersih, pastikan juga wajan yang kamu pakai sudah kering setelah dicuci, ya. Wajan yang basah akan membuat minyak mudah meletup dan tidak aman untuk kamu. Lap seluruh bagian wajan hingga dirasa sudah kering sempurna sebelum dipakai.

5. Menggunakan taburan tepung

tepung goreng
ilustrasi tepung (flickr.com/livetenligtkoket)

Tips lainnya untuk menyiasati ikan yang lengket adalah menggunakan tepung pada minyak. Kamu cukup menaburkan sedikit tepung ketika minyak sudah mulai panas.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tepung ini sebagai bahan baluran untuk ikan agar tidak lengket. Caranya mudah, kamu hanya perlu membalurkan tepung keseluruh sisi ikan setelah selesai dimarinasi. Jika sudah, ikan siap untuk digoreng.

6. Menggunakan minyak panas

6. Menggunakan minyak panas
Ilustrasi minyak panas (pexels.com/kemajiogino)

Cara menggoreng ikan agar tidak lengket lainnya adalah memastikan minyak yang kamu gunakan sudah benar-benar panas. Jika kamu menggunakan minyak yang belum panas atau masih hangat, ikan akan terlalu banyak menyerap minyak dan ikan mudah hancur hingga menempel pada wajan. 

Untuk memastikan minyak sudah benar-benar panas, kamu bisa memasukkan beberapa tetes bumbu marinasi ke dalam minyak. Jika minyak mendesis artinya minyak sudah panas dan bisa digunakan untuk menggoreng. 

Baca Juga: 6 Cara Pengawetan Ikan yang Tepat agar Tetap Segar saat Dikonsumsi

7. Menggunakan perasan lemon

Buah lemon
ilustrasi buah lemon (pexels.com/lukas)

Selain ikan yang menempel, hal yang paling menakutkan adalah ikan yang terkadang meletup saat digoreng. Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan perasan jeruk lemon, lho! Cukup peras lemon sedikit ke dalam minyak.

8. Menggunakan garam

setoples garam
ilustrasi garam (pexels.com/castorlystock)

Selain perasan jeruk lemon, kamu juga bisa menggunakan garam. Taburkan garam pada minyak sebelum menggoreng ikan untuk mencegah ikan lengket pada wajan dan meletup.

9. Pastikan kulit ikan menghadap ke bawah

cara menggoreng ikan agar tidak lengket
ilustrasi menggoreng ikan (flickr.com/davidj)

Ketika kamu menggoreng ikan fillet, pastikan untuk menggoreng kulit ikan di bagian bawah agar terkena minyak. Biarkan bagian bawah ikan kering sempurna dan kamu bisa membalik ikan agar matang sempurna.

10. Menggunakan api sedang

api kompor masak
ilustrasi api sedang (flickr.com/lukehildreth)

Salah satu hal yang wajib diperhatikan ketika mengolah ikan adalah menggorengnya dengan api sedang. Api yang tidak terlalu besar akan membuat ikan matang merata, tidak mudah gosong, tidak lengket, dan lebih renyah.

11. Membalik ikan dengan tepat

cara menggoreng ikan agar tidak lengket
ilustrasi menggoreng ikan (flickr.com/theposs)

Kesalahan yang sering terjadi saat menggoreng ikan adalah terlalu sering membolak-balik ikan saat kedua sisi belum cukup kering. Setelah kamu memasukkan ikan ke dalam wajan, pastikan untuk membalik ikan setelah bagian bawah ikan sudah kering. Membalik ikan saat keadaannya masih basah malah akan membuat ikan menjadi hancur dan menempel pada wajan.

Beberapa tips dan cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan tidak meletup sebenarnya simpel, ya. Tidak membutuhkan banyak bahan dan yang terpenting perhatikan bumbu dan cara menggorengnya yang tepat.

Jangan lupa juga untuk recook berbagai resep ikan goreng yang lezat di Yummy App, ya! Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Tips Masak Ikan Bakar Agar Bumbu Meresap dan Aneka Resepnya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Eva Wijaya

Eva Wijaya

Ikan Goreng Baby Layang

Ikan Goreng Baby Layang

(5.0)

15 mnt

265

Artikel Lainnya di tips