5 Cara Menggoreng Kerupuk Agar Tidak Bantat dan Mengembang Sempurna

​Kerupuk mekar dan renyah dengan melakukan cara ini!

5 Cara Menggoreng Kerupuk Agar Tidak Bantat dan Mengembang Sempurna

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kerupuk seringkali disantap sebagai salah satu pelengkap hidangan. Bagi sebagian orang, belum lengkap rasanya jika makan tanpa kerupuk. Wajar saja, sebab rasanya yang gurih dan renyah memang cocok dipadukan dengan beragam jenis hidangan. 

Selain itu, menyajikan kerupuk juga terbilang mudah. Cukup dengan digoreng di minyak panas dalam waktu beberapa detik, kamu sudah bisa langsung menyantapnya. Meski terlihat sepele, ternyata masih banyak yang gagal saat menggoreng kerupuk lho!

Salah-salah teknik, kerupuk yang digoreng bisa jadi bantat, keras, atau bahkan gosong. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kali ini Yummy App merangkum beberapa tips dan cara menggoreng kerupuk yang mudah dan bisa kamu ikuti agar dapat menghasilkan kerupuk yang mekar dan renyah.

1. Jemur kerupuk sebelum digoreng

1. Jemur kerupuk sebelum digoreng
iStockphoto.com

Kualitas kerupuk mentah yang digunakan sangat menentukan hasil dari penggorengan. Kerupuk yang digoreng dalam keadaan lembab, dapat menyebabkan kerupuk menjadi bantat dan alot.

Karena hal tersebut cara menggoreng kerupuk agar tidak bantat dan mengembang sempurna yang pertama adalah dengan menjemur kerupuk mentah terlebih dahulu.

Kerupuk mentah yang lembab karena sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama sebaiknya dijemur kembali di bawah sinar matahari. Ini dilakukan agar kadar air atau jamur yang menempel di permukaan kerupuk bisa menguap, sehingga akan menghasilkan kerupuk yang renyah dan mengembang saat digoreng.

Jika tidak sempat dijemur, kerupuk mentah juga bisa dioven selama beberapa menit untuk mengurangi kadar airnya.

2. Gunakan minyak goreng baru dengan jumlah banyak

2. Gunakan minyak goreng baru dengan jumlah banyak
iStockphoto.com

Penggunaan minyak goreng bekas akan berpengaruh pada tampilan kerupuk. Minyak goreng bekas akan menghasilkan kerupuk yang berwarna kehitaman dan tidak cerah. Untuk itu, cara menggoreng kerupuk yang tepat dengan mengganti minyak dengan minyak baru menjadi sangatlah penting.

Sebaiknya minyak yang digunakan juga tidak terlalu sedikit. Pastikan saat menggoreng, kerupuk dapat terendam di dalam minyak, sehingga dapat matang merata dan mencegah kerupuk melempem.

3. Perhatikan suhu minyak dan kompor

3. Perhatikan suhu minyak dan kompor
iStockphoto.com

Cara menggoreng kerupuk yang sempurna berikutnya adalah perhatikan suhu minyak dan kompor. Pastikan bahwa minyak benar-benar sudah panas yang ditandai dengan kepulan asap tipis atau gelembung-gelembung kecil di permukaan minyak. Kerupuk akan dapat mengembang dengan cantik saat minyak berada pada suhu 150 hingga 180 derajat celcius.

Saat asap yang muncul dari minyak goreng mulai menebal, segera kecilkan api untuk menstabilkan kembali suhu pada penggorengan. Jika api dibiarkan besar, maka kerupuk yang digoreng akan gosong hanya dalam beberapa detik. Jadi, jangan sampai hal ini terjadi, ya.

4. Goreng satu per satu

4. Goreng satu per satu
iStockphoto.com

Cara menggoreng kerupuk yang sempurna selanjutnya adalah dengan menggoreng kerupuk satu per satu.

Usahakan untuk menyelesaikannya satu per satu jika ukuran kerupuk cukup besar. Setelah itu, tekan kerupuk dan pastikan seluruh bagiannya terendam di dalam minyak goreng agar matang merata dan mengembang.

Kerupuk dengan ukuran yang lebih kecil sebetulnya bisa dimasak berbarengan, namun jangan dimasukkan ke penggorengan terlalu banyak. Hal ini untuk mencegah kerupuk berdempetan satu sama lain dan suhu minyak menurun. Jika hal itu terjadi, kerupuk yang kamu goreng tidak akan matang merata dan menghasilkan kerupuk yang alot.

Baca Juga: ​Cara Menggoreng Telur Dadar dan Mata Sapi Enak, Mudah Dibuat

5. Tunggu dingin sebelum dimasukkan ke toples

5. Tunggu dingin sebelum dimasukkan ke toples
iStockphoto.com

Setelah matang, tiriskan kerupuk dari minyak di atas kertas tisu khusus makanan. Biarkan kerupuk dingin sebentar sebelum memasukkannya ke dalam toples. Memasukkan kerupuk yang masih panas ke dalam wadah tertutup dapat menyebabkan kerupuk akhirnya melempem dan tidak renyah.

Itulah beberapa tips dan cara menggoreng kerupuk untuk mendapatkan hasil kerupuk yang mengembang sempurna dan anti bantat. Nah, untuk kamu yang sekarang sudah tahu trik goreng kerupuk ini, saatnya kamu praktikkan di dapur. Selamat mencoba!

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: ​Cara Goreng Tahu Bulat Anti Gagal, Lengkap dengan Tipsnya

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rayna Kitchen

Rayna Kitchen

Kerupuk Pangsit Balado Pedas

Kerupuk Pangsit Balado Pedas

(5.0)

5 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di tips