7 Cara Menggunakan Oven Listrik yang Baik dan Benar

Coba aplikasikan cara ini pada oven di rumahmu, ya!

7 Cara Menggunakan Oven Listrik yang Baik dan Benar

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Oven listrik adalah alat dapur yang sangat bermanfaat, terutama untuk memanggang dan memasak berbagai hidangan. Untuk memastikan hasil yang optimal dan menjaga kualitas oven, diperlukan pemahaman tentang cara menggunakan oven listrik dengan benar.

Artikel ini akan menguraikan langkah-langkah secara rinci untuk membantu kamu menggunakan oven listrik secara efisien dan efektif.

Jenis-jenis Oven

Oven yang sesuai dengan dapur di rumah
ilustrasi oven (pexels.com/Max Rahubovskiy)

1. Oven kompor

Oven ini terdiri dari tabung oven yang ditempatkan di atas kompor. Di mana panasnya berasal dari api kompor, seperti namanya yaitu oven kompor. Meskipun terjangkau untuk dimiliki di rumah, suhu oven jenis ini tidak bisa disesuaikan dengan preferensi kita.

2. Oven konvensional

Pemanas utama dari oven konvensional adalah listrik atau pembakar gas dengan panas dipancarkan dan mendorong udara dingin ke arah bawah. Namun, kompor ini kadang-kadang dapat mengakibatkan hasil panggangan tidak merata.

3. Oven listrik

Oven listrik dianggap lebih efisien dibandingkan dengan oven kompor karena kemampuannya untuk menyesuaikan pengaturan suhu. Di sisi lain, dari segi ukuran pun lebih praktis daripada oven konvensional. Akan tetapi, untuk harga, jelas lebih tinggi daripada oven kompor.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Cooker Hood Tanpa Cerobong yang Bagus dan Harga

Cara Pemakaian Oven Listrik

Oven serta perabotan idaman di rumah
ilustrasi oven dan perabotan dapur (pexels.com/Charlotte May)

Langkah 1: sebelum penggunaan

1. Tahap pemanasan awal
Sebelum memulai proses memasak, pastikan oven telah dipanaskan terlebih dahulu hingga mencapai suhu yang dibutuhkan sesuai resep. Ini adalah langkah penting untuk memastikan agar makanan dapat dimasak secara optimal dan merata.

Dengan melakukan pemanasan awal ini, kamu juga bisa memastikan bahwa oven mencapai kondisi yang sesuai sebelum makanan dimasukkan.

2. Sesuaikan suhu yang sesuai
Menyesuaikan suhu oven dengan petunjuk resep yang kamu ikuti memiliki peranan penting. Penting untuk memperhatikan bahwa jika resep tidak menyebutkan suhu secara spesifik. Berpeganglah pada aturan umum bahwa oven listrik cenderung memerlukan suhu yang lebih rendah daripada oven gas.

Pemahaman akan karakteristik oven akan membantu dalam memutuskan suhu yang optimal. Serta memastikan bahwa makanan matang dengan hasil yang diharapkan sesuai dengan resep yang kamu ikuti.

Langkah 2: Atur rak dan penggunaan aksesorinya

1. Pengaturan rak
Tempatkan rak oven pada posisi yang benar memiliki dampak besar pada hasil masakan. Biasanya, masakan yang memerlukan pemanasan merata akan diletakkan di tengah rak.

2. Gunakan aksesori
Jika ovenmu dilengkapi dengan aksesori seperti loyang pemanggang atau rak tambahan, manfaatkanlah. Aksesori ini membantu mengalirkan panas dengan lebih merata dan dapat mengoptimalkan proses memasak.

Langkah 3: Pengaturan waktu

Atur timer pada oven sesuai dengan durasi waktu yang telah dijelaskan dalam resep. Hal ini akan membantu dalam memantau dengan cermat proses memasak, sekaligus mencegah potensi makanan terlalu matang atau tertinggal dalam aspek pengangkatan.

Dalam praktiknya, penyesuaian timer dengan durasi yang disarankan dalam resep akan memberikan kendali yang lebih besar terhadap kualitas hidangan yang dihasilkan.

Melalui pemantauan yang dijalankan dengan bantuan timer ini, kamu akan mampu mengevaluasi kemajuan dari proses memasak. Sekaligus mampu menghindarkan makanan dari risiko kemungkinan terlalu matang atau bahkan belum matang sepenuhnya.

Baca Juga: Banyak Noda Membandel di Kompor? Coba Tips yang Satu Ini!

Langkah 4: Awasi dan pantau

1. Pengawasan saat memanggang
Selama tahap memasak, diwajibkan untuk secara terus-menerus memperhatikan kondisi makanan yang berada di dalam oven. Ini sangat penting karena memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan yang mungkin timbul dalam proses memasak.

Contohnya, kamu bisa memutarkan posisi rak pada oven atau mengatur suhu agar hasil memasak lebih optimal.

Selain itu, ini juga membantu kamu dalam merespon secara cepat terhadap kondisi yang mungkin memengaruhi kualitas masakan.

Dengan memperhatikan setiap perubahan atau perkembangan dalam proses memasak, kamu bisa memastikan bahwa makanan mencapai kematangan yang diinginkan dengan hasil yang merata.

2. Pantau suhu oven
Ada beberapa situasi di mana oven listrik dapat mengalami fluktuasi suhu selama proses memasak. Jika memungkinkan, direkomendasikan untuk menggunakan termometer oven terpisah guna memantau suhu secara lebih akurat.

Langkah 5: Periksa kematangan

Lakukan pemeriksaan terhadap tingkat kematangan makanan dengan mengacu pada petunjuk yang tertera dalam resep atau ciri-ciri karakteristik yang kamu harapkan.

Misalnya, kamu dapat mengidentifikasi tanda-tanda seperti permukaan yang terpanggang dengan warna kecokelatan yang diinginkan. Atau dengan melihat apakah muncul lubang-lubang pada adonan kue.

Langkah 6: Setelah selesai memanggang

Saat makanan telah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, langkah pertama yang perlu diambil adalah mematikan oven dan dengan hati-hati mengeluarkan makanan dari dalamnya.

Bagian ini memiliki peran penting dalam mencegah agar makanan tidak terus memasak dan mengalami kelebihan pengasaman. Sebab hal ini bisa berujung pada hasil akhir yang terlalu kering atau lebih matang daripada yang diharapkan.

Langkah 7: Perawatan dan pembersihan oven

Setelah selesai menggunakan oven, berikan waktu bagi oven untuk mendingin sebelum kamu membersihan bagian dalamnya. Membiarkan oven mendingin terlebih dahulu adalah langkah yang penting karena menghindari risiko terpapar panas berlebihan yang dapat berbahaya saat membersihkan.

Nah, ketika oven sudah cukup dingin, kamu dapat melanjutkan dengan proses pembersihan. Menggunakan lap atau spons yang lembut adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan noda yang mungkin terbentuk selama proses memasak.

Pastikan untuk bekerja dengan lembut dan teliti, agar tidak merusak permukaan dalam oven, ya, Sobat Yummy!

Dari seluruh jenis oven, oven listrik adalah kunci untuk meraih hasil yang merata. Lakukan 7 langkah cara menggunakan oven listrik secara efisien dan tepat. Jangan lupa untuk merawat ovenmu agar awet tahan lama.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Panci Gosong, Kembalikan Kinclongnya dengan Mudah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Kentang Babi Kuah Kuning

Kentang Babi Kuah Kuning

(5.0)

6 langkah

378

Artikel Lainnya di tips