7 Cara Menghias Nasi Goreng yang Unik dan Menarik, Eyecatching Banget

Bisa untuk bekal atau hiasan di restoranmu!

7 Cara Menghias Nasi Goreng yang Unik dan Menarik, Eyecatching Banget

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Suka nasi goreng tapi bosan dengan tampilan yang tidak menarik? Ingin sesekali mempercantik tampilan dari makanan kesukaanmu untuk lebih menggugah selera?

Ayo merapat, karena Yummy App akan membagikan cara menghias nasi goreng yang unik dan menarik. Ini juga bisa diterapkan pada bekal nasi goreng anak ataupun suami, bahkan suatu lomba. Tanpa berlama-lama, let’s move to the point!

1. Beri bahan makanan warna-warni

cara menghias nasi goreng
ilustrasi nasi goreng warna-warni (pinterest.com/takes two eggs)

Dalam pemasakan nasi goreng, terkadang warna bahan makanan yang dimasukkan bisa menjadi hiasan tertentu. Seperti tambahan potongan sayuran dengan warna cerah akan mempercantik visual nasi gorengmu saat matang dan plating.

Dalam menghias nasi goreng, sayuran yang bisa digunakan yakni kacang polong, wortel, jagung manis, paprika, kubis ungu, brokoli, daun bawang, atau bahan lainnya dengan warna cerah. Potong bahan-bahan tersebut dengan bentuk dan size yang mirip. Disarankan jika ingin lebih menarik, masak nasi goreng tanpa saus yang dapat mengubah warna nasi, seperti nasi goreng Hongkong. Hal ini agar warna-warni dari sayuran lebih terlihat.

2. Gunakan piring yang unik

cara menghias nasi goreng
ilustrasi nasi goreng nanasa (dzunglewis.com)

Salah satu trik dalam menghias makanan yakni dengan menyajikannya pada piring yang unik. Alih-alih dengan piring putih biasa, kamu bisa bermain dengan piring yang memiliki warna elegan, bermotif, bentuk yang unik. Atau bahkan Sobat Yummy bisa melakukan plating di bahan yang dapat dijadikan sebagai piring, seperti buah nanas.

Menambah kesan tropikal, dan kamu juga bisa menambahkan daging buahnya ke dalam nasi gorengmu. Perpaduan nasi goreng dan nanas sangat matching, lho!

3. Bermain dengan garnish

hiasan sayuran untuk nasi goreng
ilustrasi garnish (youtube.com/italypaul)

Of course, garnish dalam setiap plating akan menambah poin plus dalam membuat cantik tampilan. Membutuhkan keterampilan untuk membuat garnish yang unik dan eyecatching.

Contohnya dengan carving sayuran menjadi bentuk menarik. Kamu bisa menggunakan lobak, tomat, wortel ataupun timun untuk membuat garnish dan meletakannya saat menghias nasi goreng.

Cara menghias nasi goreng ini juga bisa Sobat Yummy terapkan pada bekal si kecil dengan garnish berbentuk lucu, seperti hewan atau karakter kartun yang anak suka.

Baca Juga: 10 Resep Nasi Goreng Indonesian Style yang Bikin Nagih!

4. Bentuk nasi menjadi karakter

cara menghias nasi goreng
ilustrasi nasi goreng bentuk karakter (instagram.com/japanhaulofficial)

Asah sisi kreatif Sobat Yummy dengan membentuk nasi goreng menjadi karakter lucu nan imut seperti kelinci, panda, beruang, atau karakter lainnya yang anak sukai. Kemudian tambahkan potongan sayuran, keju, saus, atau nori untuk membentuk mata, hidung, mulut dari karakter yang sedang dihias.

Cara menghias nasi goreng yang satu ini dapat membuat kagum si kecil. Cocok diterapkan saat membuat bekal anak.

5. Memanfaatkan telur

5. Memanfaatkan telur
illustrasi nasi goreng dengan telur (pinterest.com/jetix)

Nasi goreng tanpa telur memang rasanya kurang lengkap. Dalam cara menghias nasi goreng dari Yummy App ini, telur bisa kamu sajikan sebagai garnish pada nasi gorengmu.

Untuk garnish telur, coba goreng menjadi dadar. Sobat Yummy bisa menjadikan telur dadar tersebut lembaran selimut pada nasi goreng yang sudah dibentuk seperti karakter. Permanis tampilan dengan saus merah untuk membuat motif pada telur dadar. Atau jika ingin lebih ekstra lagi, coba buat telur omurice atau masak seperti tornado egg.

6. Hias dengan edible flower

cara menghias nasi goreng
ilustrasi edible flower untuk hiasan nasi goreng (unsplash.com/bakd raw)

Banyak jenis bunga yang bisa dikonsumsi. Bunga-bunga tersebut juga sangat cantik jika digunakan sebagai pemanis dari penyajian makanan. Tak jarang, banyak restoran yang menggunakan edibleflower sebagai garnish makanan agar memiliki tampilan semakin menarik.

Sobat Yummy juga bisa terapkan pada nasi goreng homemade kamu. Selain penambah kesan cantik, hiasan nasi goreng yang satu ini bisa dimakan dan juga memancarkan aroma segar yang dapat menemani sarapanmu.

7. Presentasi ekstra

cara menghias nasi goreng
ilustrasi plating extra (unsplash.com/anthony espinosa)

Poin terakhir dalam cara menghias nasi goreng dari Yummy App kali ini adalah presentasikan makanan dengan menarik, buatlah presentasi yang ekstra ala restoran fancy pada nasi goreng buatanmu.

Cara menghias nasi goreng ini juga bisa menggugah selera saat memakannya. Sobat Yummy bisa bermain dengan tata letak pada saat proses plating.

Seluruh poin cara menghias nasi goreng di atas, juga bisa kamu terapkan semua pada satu piring. Atur sedemikian rupa agar terlihat estetik. Sobat Yummy juga bisa hias piring dengan saus yang di gores dengan sendok, sebagai tekstur pada piring.

Dengan begitu nasi goreng pun akan tampil lebih unik dan menarik! Tampilan keren pada makanan juga dapat meningkatkan nafsu makan, lho! Sehingga hal ini sangat efektif untuk anak yang susah makan. Atau juga bisa kamu terapkan jika berencana membuka rumah makan sendiri.

Baca Juga: Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek dan Kering

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Aisah

Aisah

Nasi Goreng Bento SpongeBob #MISIHARIANAKNASIONAL

Nasi Goreng Bento SpongeBob #MISIHARIANAKNASIONAL

(5.0)

6 langkah

808

Artikel Lainnya di tips