7 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dengan Mudah

Bisa pakai bumbu dan rempah yang ada di dapur

7 Cara Menghilangkan Bau Amis Ikan dengan Mudah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Bau amis pada ikan memang sering menjadi masalah yang mengganggu selera makan. Namun, jangan khawatir Sobat Yummy, ada beberapa cara mudah dan efektif agar ikan yang dimasak terasa segar dan lezat tanpa bau amis.

Nah, kali ini Yummy App akan membagikan tujuh cara menghilangkan bau amis ikan yang bisa Sobat Yummy coba. Yuk, simak!

1. Rendam Ikan dalam Larutan Asam

Cara pertama yang bisa Sobat Yummy coba untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah dengan merendamnya dalam larutan asam, seperti air asam cuka atau air perasan jeruk nipis.

Larutan asam dapat membantu menghasilkan rasa ikan yang lebih segar dan bebas dari bau amis. Cukup rendam ikan dalam larutan tersebut selama kurang lebih 30 menit sebelum mengolahnya. Setelah direndam, bersihkan dengan air bersih sebelum diolah, ya.

2. Rendam Ikan dalam Larutan Air Garam

Selain merendam memanfaatkan larutan asam, Sobat Yummy juga bisa mencoba merendam ikan dalam larutan air garam. Cukup tambahkan sedikit garam ke dalam air dan rendam ikan dalam larutan tersebut selama kurang lebih 30 menit.

Air garam dapat membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Setelah merendam ikan dalam larutan air garam, jangan lupa juga untuk membersihkannya dengan air bersih sebelum mengolahnya.

3. Gunakan Bahan Alami seperti Jahe dan Serai

bubuk jahe untuk merendam ikan
ilustrasi bubuk jahe (pexels.com/Pixabay)

Sobat Yummy juga bisa menggunakan bahan alami seperti jahe dan serai untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Kedua bahan ini memiliki aroma yang kuat dan dapat menutupi bau amis pada ikan.

Caranya mudah, Sobat Yummy hanya perlu mengiris jahe dan serai, lalu letakkan potongan-potongan tersebut di dalam ikan saat proses pengolahan.

Baca Juga: 6 Resep Bumbu Oles Ikan Bakar Rumahan yang Mudah Dibuat

4. Rendam dengan Susu atau Air Kelapa

Susu atau air kelapa juga umum dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis ikan, lho. Selain itu, merendam ikan dalam susu atau air kelapa akan memberi tekstur yang lebih empuk dan nikmat,

Caranya, rendam ikan dalam susu atau air kelapa selama kurang lebih 30 menit sebelum mengolahnya menjadi hidangan. Setelah itu, cuci bersih ikan dengan air bersih.

5. Gunakan Bumbu dan Rempah-rempah

Bumbu dan rempah-rempah, seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan kunyit juga dapat membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Selain memberikan aroma yang harum, bumbu-bumbu ini juga dapat memberikan rasa yang lebih lezat pada hidangan ikan.

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah tersebut saat mengolah ikan agar bau amisnya hilang dan mendapatkan rasa yang enak.

6. Hindari Menyimpan Ikan terlalu Lama

tips mengolah ikan segar
ilustrasi ikan segar (pexels.com/Gans Art)

Nah, penting untuk tidak menyimpan ikan terlalu lama sebelum diolah. Ikan yang disimpan terlalu lama cenderung mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Usahakan untuk membeli ikan segar dan segera diolah dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah dibeli, ya.

7. Bersihkan dan Olah Ikan dengan Baik

Penting untuk membersihkan ikan dengan baik sebelum mengolahnya menjadi hidangan. Bersihkan ikan dari sisik dan insang yang bisa menjadi sumber bau amis pada ikan. Potong ikan sesuai kebutuhan serta bersihkan dengan air bersih sebelum dimasak, ya.

Menghilangkan bau amis pada ikan sebenarnya tidak sulit. Dengan mengikuti tujuh cara di atas, Sobat Yummy dapat mengolah ikan menjadi hidangan yang segar, lezat, dan bebas dari bau amis. Selamat mencoba, Sobat Yummy!

Baca Juga: 7 Tips Masak Ikan Bakar agar Bumbunya Meresap, Sudah Tahu Resepnya?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Faridha Sadik

Faridha Sadik

Ikan Tuna Tempe Masak Kemangi

Ikan Tuna Tempe Masak Kemangi

(5.0)

45 mnt

104

Artikel Lainnya di tips