​10 Cara Mudah dan Ampuh untuk Menghilang Bau Bawang di Tangan 

​Mengolah bawang tanpa khawatir baunya menempel!

​10 Cara Mudah dan Ampuh untuk Menghilang Bau Bawang di Tangan 

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Pernah nggak sih kamu memotong bawang dan bau bawang tersebut menempel di tanganmu berhari-hari? Bau menyengat ini terkadang sangat sulit dihilangkan jika dicuci dengan sabun saja. Kenapa ya bisa begitu?

Bawang yang sering kita gunakan untuk bumbu tambahan pada masakan ini ternyata mengandung belerang. Belerang merupakan senyawa yang memiliki bau menyengat, di mana senyawa ini mudah menempel pada kulit.

Kira-kira berapa lama sih bau bawang bertahan pada tangan kita? Apapun jenis bawangnya, biasanya dapat bertahan selama satu jam hingga dua hari di kulitmu. Umumnya tubuh akan memetaboliskan senyawa belerang ini agar baunya akan hilang dengan sendirinya.

Namun tentu saja kamu dapat menghilangkan bau bawang di kulitmu dengan lebih cepat! Adapun cara menghilangkan bau bawang di tangan dengan mudah dan cepat bisa dilihat dengan tips di bawah ini!

1. Gunakan sarung tangan

Dua tangan yang sedang menggunakan sarung tangan plastik
Unsplash

Pernah dengar dong kalimat ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’? Hal ini juga bisa kamu terapkan jika kamu tidak ingin terkena bau bawang saat mengolahnya. Gunakan sarung tangan plastik tipis saat memotong atau menghancurkan bawang, dijamin bau bawang tidak akan menghinggapi tanganmu deh!

2. Menggunakan sabun dan garam

Garam yang ditaruh di dalam mangkuk kayu
Unsplash

Salah satu cara menghilangkan bau bawang di tangan adalah dengan metode sabun dan garam. Bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan sabun cair ke dalam mangkuk kecil dengan 1 sendok makan garam, dan 1 sendok soda kue. Aduk semua bahan hingga berubah menjadi bentuk pasta.

Balurkan pasta garam dan sabun ini ke setiap sisi tanganmu, setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 detik. Setelah selesai, bilas tangan mu dengan air mengalir. Nggak cuma bisa menghilangkan bau bawang saja, campuran sabun dan garam ini juga bisa menghilangkan sel kulit mati yang ada pada tanganmu lho! Dan jangan lupa untuk memakai pelembab ya setelah mencuci tangan dengan sabun garam ini!

3. Menggunakan scrub kopi

Bubuk kpi yang disimpan di dalam jar kaca
Unsplash

Kopi nggakcuma bermanfaat untuk membangkitkan energimu sehari-hari, bubuk kopi juga bermanfaat untuk menetralkan segala macam bau. Hal ini juga berlaku untuk menghilangkan bau bawang di tanganmu lho! Bagaimana cara menggunakan bubuk kopi untuk menetralkan bau?

Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu mengoleskan bubuk kopi ke tanganmu dan diamkan selama kurang lebih 30 detik. Setelah selesai, bilas tanganmu dengan air mengalir hingga semua bubuk kopi hilang. 

4. Menggunakan bahan stainless steel

Sendok logam yang di taruh di atas meja
Unsplash

Cara menghilangkan bau bawang di tangan yang satu ini terbilang cukup unik. Karena kamu akan mencobanya dengan menggunakan barang yang bermaterialkan stainless steel!

Caranya adalah dengan menggosokkan benda berbahan logam, seperti sendok, ke kulitmu. Gosok-gosokkan selama beberapa waktu dan voila! Bau bawang akan hilang dengan sendirinya.

5. Mengoleskan minyak zaitun

Minyak zaitun yang disimpan didalam botol kaca
Unsplash

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau bawang di tanganmu adalah dengan menggunakan bahan dasar minyak, seperti minyak zaitun. Minyak zaitun yang memiliki wangi khas ini bisa kamu gunakan dengan cara digosokkan pada tangan. Diamkan beberapa saat dan jangan lupa untuk dibilas dengan air dan sabun untuk menghilangkan efek licinnya.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Pedas di Tangan dengan Cepat dan Ampuh

6. Daun mint

Beberapa daun mint dalam satu tangkai
Unsplash

Daun mint nggak cuma bisa menyegarkan minuman yang kamu buat lho, manfaatnya bisa lebih dari itu! Wangi khas dari daun mint ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau bawang pada tangan.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu menggosokkan daun mint pada tanganmu hingga daun tersebut mengeluarkan aromanya yang khas. Setelah itu, kamu bisa membilas tangan dengan air mengalir dan bau bawang pun akan hilang seketika.

7. Menggunakan odol atau mouthwash

Seorang laki-laki yang sedang menuangkan obat kumur ke tutupnya
Unsplash

Pasta gigi dan obat kumur bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau bawang pada tanganmu lho! Odol dan mouthwash memang diciptakan salah satunya untuk menghilangkan bau pada mulut. Nah, manfaat ini juga berlaku untuk bau bawang pada tanganmu.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu menggosokkan tanganmu dengan kedua bahan tersebut di bawah air mengalir selama kurang lebih 30 detik.

8. Lemon

Beberapa lemon utuh dan yang sudah di potong beberapa bagian
Unsplash

Lemon memiliki sifat acid yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau, termasuk bau bawang pada tanganmu. Kamu cukup potong lemon menjadi beberapa bagian dan gunakan potongan lemon selayaknya sabun. Setelah itu, bilas tanganmu di bawah air mengalir untuk menghilangkan rasa lengket pada tanganmu.

9. Memakai baking soda

satu sendok baking osda yang siap digunakan
Flickr

Baking soda sering dikenal sebagai pewangi natural yang baik digunakan di berbagai hal, salah satunya adalah bau bawang pada tanganmu. Caranya, campurkan satu sendok makan soda kue, garam, dan ¼ air. Gunakan larutan ini untuk mencuci tanganmu. Gosokkan residu yang tersisa pada tanganmu selama beberapa detik dan bilas dengan air mengalir.

10. Cuka Apel

Cuka apel yang disimpan di dalam gelas dan botol kaca
Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya

Selain lemon, cuka apel juga memiliki sifat acid yang bisa membantu menghilangkan bau di berbagai macam hal, bau bawang pada tanganmu juga bisa diatasi dengan menggunakan cuka apel ini lho! Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu membalurkan tanganmu dengan cuka apel secukupnya, diamkan hingga cuka apel mengering pada tanganmu. Setelah kering, bilas tanganmu dengan air bersih.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau bawang di tangan, mudah sekali bukan! Semua bahannya juga umum ditemukan di dapur, jadi kamu tidak perlu repot membelinya terlebih dahulu.

Baca Juga: ​10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Tumis Kangkung Bawang Putih

Tumis Kangkung Bawang Putih

(4.5)

10 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
rouna bunoch

rouna bunoch

Ayam Goreng Bawang Putih

Ayam Goreng Bawang Putih

(1.0)

8 langkah

2.3 rb

Yummy Official

Yummy Official

Kue Bawang Ala Mama Fuji

Resep Teruji

Kue Bawang Ala Mama Fuji

(4.8)

354,5 Kj

14 rb

Artikel Lainnya di tips