6 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Mudah

Bau daging kambing bisa hilang seketika!

6 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing dengan Mudah

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Pemotongan kambing dan sapi sudah menjadi kegiatan yang selalu dilakukan oleh umat muslim, ketika Hari Raya Idul Adha tiba. Setelah selesai dipotong, daging kambing dan sapi akan diolah menjadi berbagai masakan yang lezat, seperti sate dan sop daging.

Berbeda dengan daging sapi, daging kambing memiliki bau yang lebih khas dan menyengat, sehingga terkadang mengganggu indra penciuman bagi beberapa orang. Parahnya, bau daging kambing sering kali dapat menyebabkan mual dan juga menghilangkan nafsu makan pada sebagian orang. 

Tetapi, kamu sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir, karena ada cara menghilangkan bau daging kambing, yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Sebelum itu, Sobat Yummy perlu tahu terlebih dahulu, alasan mengapa daging kambing bisa mempunyai bau khas yang menyengat.

Kenapa Kambing Bau?

hewan kambing
ilustrasi hewan kambing (pexels.com/mariatyutina)

Sobat Yummy, mungkin bertanya-tanya, mengapa kambing bisa begitu bau? Bau dari kambing ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan bau prengus. Kambing yang mulai mengeluarkan bau, merupakan kambing yang sudah mulai memasuki fase dewasa.

Bau kambing ini dikatakan berasal dari senyawa kimia 4-etil oktanoat, yang terdapat pada bagian kepala belakang kambing. Senyawa kimia yang terdapat pada kambing, menghasilkan feromon yang bisa menarik perhatian betina, untuk dapat berkembang biak. Jadi, bau tersebut dibutuhkan kambing, walaupun bagi manusia, bau tersebut terbilang cukup mengganggu.

Baca Juga: 10 Olahan Daging Qurban dari Mancanegara yang Harus Banget Kamu Coba!

Cara Memasak Daging Kambing agar Tidak Bau dan Cepat Empuk

memasak daging kambing
ilustrasi proses memasak daging kambing (unsplash.com/kevinmccutcheon)

Setelah kamu tahu mengapa kambing bisa mempunyai bau khas yang tidak disukai banyak orang, sekarang saatnya kamu tahu, cara menghilangkan bau daging kambing yang kurang sedap tersebut. Mari simak bersama Yummy App, ya!

1. Pisahkan lemak dari daging

pemisahan lemak dan daging
ilustrasi proses lemak dipisahkan dari daging (pexels.com/losmuertoscrew)

Kamu bisa mengawali proses pengolahan daging kambing dengan melakukan pemisahan antara lemak dengan dagingnya. Kamu bisa membekukan daging terlebih dahulu, untuk mempermudah proses pemotongan lemak.

Lemak ini dipisahkan, karena bau daging kambing biasanya juga berasal dari lemak. Untuk itu, kamu harus memisahkan lemak dan daging dengan benar, sampai daging bersih tanpa lemak.

2. Hindari mencuci daging

daging kambing mentah
ilustrasi daging kambing mentah (pexels.com/losmuertoscrew)

Pasti banyak dari Sobat Yummy, yang sering kali mencuci daging kambing untuk dibersihkan dari kotoran dan darah yang masih menempel. Namun ternyata, kamu lebih baik menghindari mencuci daging, karena dapat menyebabkan bau pada kambing malah semakin menyengat.

Alih-alih membersihkan daging dengan dicuci, kamu bisa merebusnya dalam air yang mendidih selama beberapa saat, supaya kotoran dan darah yang menempel dapat meluruh sepenuhnya.

Jika sudah terlanjur dicuci, kamu bisa merebus daging kambing dicampur dengan rempah-rempah yang dapat membantu untuk menutupi bau daging yang menyengat.

3. Lumasi dengan jeruk nipis

jeruk nipis
ilustrasi jeruk nipis (pexels.com/lisafotios)

Sudah bukan hal yang aneh lagi, kalau jeruk nipis memang biasa digunakan untuk menghilangkan bau pada makanan. Lumasi daging kambing dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama sekitar 30 menit, supaya meresap ke dalam daging.

4. Marinasi daging kambing

menyimpan daging yang sudah dimarinasi
ilustrasi menyimpan daging yang sudah dimarinasi (pexels.com/erikmclean

Sesudah semua step di atas dilakukan, sekarang waktunya marinasi daging untuk membuat daging kambing menjadi lebih empuk dan tidak alot. Kamu bisa marinasi daging dengan menggunakan beberapa rempah-rempah, untuk menutupi bau pada daging kambing.

Selain menggunakan rempah-rempah sebagai bahan untuk marinasi, buah nanas juga bisa digunakan untuk memarinasi daging lebih cepat. Nanas dipercaya mampu membantu melunakkan daging, karena mengandung enzim bromelain.

Parutlah nanas, lalu lumuri pada daging kambing, dan tunggu sekitar 10 menit sampai daging mulai empuk.

5. Daging dibungkus dengan daun pepaya

daun pepaya
ilustrasi daun pepaya (pexels.com/jhonivancocjin)

Jika sudah selesai, kamu bisa membungkus daging kambing yang masih mentah ke dalam daun pepaya. Daun pepaya akan kembali membantu membuat daging kambing menjadi semakin empuk.

6. Olah daging kambing

memasak daging kambing
ilustrasi memasak daging kambing (pexels.com/timursaglambilek)

Setelah cara menghilangkan bau daging kambing sudah kamu lakukan, dan tekstur dagingnya pun telah berubah menjadi lebih empuk, kamu bisa mulai untuk mengolah daging kambing, menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan enak untuk disantap.

Nah, sekarang kamu bisa bernapas lega, karena bau daging kambing ternyata bisa dihilangkan dengan cara-cara yang sudah dijelaskan, oleh Yummy App. Jadi, hidangan apa nih yang akan kamu masak?

Baca Juga: 8 Resep Olahan Daging Kambing untuk Menu Sehari-hari

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Nasi Goreng Sate Kambing

Nasi Goreng Sate Kambing

(5.0)

15 mnt

622

Artikel Lainnya di tips