Penggemar Pete Merapat! Ini Cara Menghilangkan Bau Pete di Mulut!

Bau pete dimulut mengganggu? Kamu perlu coba tips ini!

Penggemar Pete Merapat! Ini Cara Menghilangkan Bau Pete di Mulut!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Kamu suka banget makan pete, tapi kurang suka dengan after effectnya pada mulutmu? Pasalnya setelah makan pete, akan menciptakan bau mulut yang sangat menggangu.

Biji yang termasuk ke dalam famili polong-polongan ini, mengandung sejumlah senyawa yang bertanggung jawab atas bau tak sedap yang dihasilkan. Senyawa-senyawa tersebut yakni tetrathiane, pentathiopane, trithiolane, hexathionine, tetrathiepane, dan pentathiocane.

Eits, tapi Sobat Yummy jangan khawatir. Kamu bisa simak artikel Yummy App berikut agar tetap bisa makan pete dengan tenang tanpa worry tentang bau mulut. Yuk, cari tahu tipsnya!

1. Cukup minum air putih

Setelah makan pete, kamu harus pastikan cukup minum air putih, ya, Sobat Yummy! Kondisi mulut yang terlalu kering membuat bau mulut akibat pete semakin memburuk. Sehingga kamu harus tetap melembapkan mulut dengan cukup minum dan minuman yang paling ringan yang ampuh melembabkan mulut, yakni air putih.

2. Sikat gigi setelah makan

cara menghilangkan bau pete di mulut
ilustrasi sikat gigi (unsplash.com/diana polekhina)

Cara menghilangkan bau pete di mulut berikutnya, yakni dengan sikat gigi setelah kamu memakannya. Sikat gigi dapat membersihkan sisa makanan yang menempel.

Selain itu, pastikan pasta gigi yang Sobat Yummy gunakan sudah mengandung flouride, ya. Pasalnya kandungan flouride pada pasta gigi ampuh dalam menghilangkan kuman yang ada disela-sela gigi. Hal ini karena, kuman dalam mulut dapat memperburuk kondisi bau mulut.

3. Sikat lidah

Tidak hanya aksi pembersihan pada gigi saja yang dapat menghilangkan bau mulut akibat pete. Agar hasil optimal, Sobat Yummy juga bisa melakukan sikat lidah.

Hal ini dapat mengangkat sisa-sisa pete hingga menghilangkan kuman yang ada di lidah. Kamu bisa menyikat lidah dengan sikat gigi yang baliknya terdapat sikat untuk lidah, ataupun dengan alat khusus.

4. Kumur dengan mouthwash

cara menghilangkan bau pete di mulut
ilustrasi mouthwash menghilangkan bau pete (unsplash.com/towfiqu barbhuiya)

Masih kurang yakin? Sobat Yummy bisa melakukan kumur-kumur dengan mouthwash setelah sikat gigi usai makan pete. Berkumur dengan mouthwash dapat membersihkan potongan kecil pete yang membandel, sehingga bisa terangkat dan menghilangkan sisa-sisa bau mulut. Antiseptik pada mouthwash juga berperan untuk membunuh kuman agar tidak memperburuk aroma tidak sedap di mulut.

Baca Juga: Tak Perlu Takut, Ini Dia Cara untuk Hilangkan Bau Durian di Mulut!

5. Gunakan benang gigi

Sikat gigi dengan benang gigi atau biasa disebut flossing, juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan. Lakukan flossing dengan benar agar hasil lebih optimal. Cara ini mampu mengangkat partikel sisa makananmu agar terangkat dari sela-sela gigi, sehingga bau mulut dapat terkontrol.

6. Minum susu

susu untuk menghilangkan bau pete
ilustrasi minum susu menghilangkan bau pete (unsplash.com/engin akyurt)

Susu dikenal memiki manfaat utama dalam meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Ternyata susu juga punya manfaat tersembunyi lainnya, lho. Salah satunya, ampuh dalam menghilangkan bau mulut. Susu kaya akan lemak di dalamnya, sedangkan lemak dapat menetralisir bau mulut tidak sedap.

7. Minum teh hijau

Cara menghilangkan bau pete di mulut bisa dilakukan dengan minum superdrink, seperti teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan senyawa tanin yang dapat berperan sebagai antibakteri. Sehingga kuman dan bakteri penyebab bau mulut dapat teratasi.

Selain itu zat aromatik dari teh hijau, dapat mengurangi aroma tak sedap yang ada pada mulut.

8. Mengunyah daun parsley

daun parsley untuk menghilangkan bau pete di mulut
ilustrasi kunyah parsley menghilangkan bau mulut (unsplash.com/david todd mccarty)

Daun parsley biasa digunakan sebagai sentuhan terakhir setiap masakan. Tak disangka bahwa daun penghias makanan ini, mampu melenyapkan berbagai bau tak sedap dimulut, lho.

Sobat Yummy bisa memotong parsley segar hingga menjadi lembaran lebih kecil. Kemudian kunyah beberapa menit hingga aroma parsley menyamarkan bau pete pada mulut. Parsley diketahui memiliki klorofil yang bisa dimanfaatkan sebagai anti bau.

Setelah mengetahui tips-tips menghilangkan bau mulut di atas, kini Sobat Yummy tidak perlu worry lagi saat ingin makan pete. Yang terpenting yakni, jangan lupa cukup minum air putih agar mulut tetap lembab dan tidak makin memperparah kondisi bau mulut.

Baca Juga: ​10 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut, Dijamin Ampuh

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nila Iswahyudi

Nila Iswahyudi

Nasi Goreng Petai

Nasi Goreng Petai

(5.0)

15 mnt

166

Artikel Lainnya di tips