8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan dengan Mudah

Bahan alami dan instan untuk menghilangkan noda

8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan dengan Mudah

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Kunyit adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam bahan masakan. Tak hanya itu, kunyit juga dianggap manjur untuk kebutuhan perawatan wajah.

Namun sayangnya, mengolah kunyit seringkali meninggalkan noda pada kulit. Tak cukup dengan air dan sabun saja, untuk menghilangkan noda pada kulit membutuhkan bahan-bahan lain agar bisa sepenuhnya hilang.

Nah, untuk membantumu menghilangkan noda kunyit secara mudah, kali ini Yummy App akan berbagi cara menghilangkan bekas kunyit di tangan. Simak di bawah ini ya!

1. Susu Murni

Susu murni yang dikemas di dalam botol kaca
Unsplash.com/Elizabeth Dunne

Cara menghilangkan bekas kunyit di tangan yang pertama adalah dengan menggunakan susu murni. Tak hanya menghilangkan noda, susu murni juga dapat dijadikan sebagai toner.

Untuk cara menggunakannya, kamu dapat merendam kain ke dalam susu murni yang sudah ditaruh ke dalam mangkuk, hingga setengah basah.

Setelah itu, gosokkan ke kulit yang akan dibersihkan dengan cara memutar. Nah, kalau sudah, jangan lupa untuk membilas kulitmu dengan air mengalir.

2. Lemon

Lemon yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian
Unsplash.com/Cristina Anne Costello

Lemon yang mengandung acid ini juga bisa kamu jadikan alternatif penghilang bekas kunyit lho. Bagaimana caranya?

Cukup belah buah lemon menjadi beberapa bagian dan gosokkan lemon pada bagian kulit yang terkena bekas kunyit. Biarkan air lemon tersebut meresap di kulitmu.

Setelah didiamkan beberapa saat, bilas tanganmu dengan sabun dan air. Ulangi pemakaian lemon ini jika bekas kunyit masih belum hilang.

3. Scrub Gula

Gumpalan gula pasir di dalam wadah
Unsplash.com/Jason Leung

Campuran gula dan lemon dapat menjadi scrub alami yang berguna untuk menghilangkan bekas kunyit di tangan. Cara membuatnya pun mudah.

Gunakan mangkuk kecil untuk menampung 1 sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh jus lemon. Aduk rata kedua bahan tersebut, dan scrub alami dari gula dan lemon siap dipakai!

Ketika diaplikasikan, pijat secara perlahan agar kulitmu tidak mengalami iritasi. Jika sudah, bilas scrub dengan air bersih.

4. Minyak

Minyak yang di simpan di gelas kaca dan pipet
Unsplash.com/ CRYSTALWEED cannabis

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan minyak alami untuk menghapus bekas kunyit pada tanganmu. Untuk jenis minyaknya, kamu dapat menggunakan minyak kelapa yang memiliki asam lemak. Asam lemak ini sangat berguna untuk menghilangkan noda membandel pada kulit, sekaligus menyehatkan kulit.

Untuk cara menggunakannya, kamu cukup menggunakan kapas yang direndam ke minyak kelapa, dan menggosokkannya ke bagian kulit yang terkena bekas kunyit. Gosok secara melingkar, dan bilas sisa residu minyak apabila tanganmu sudah bersih dari noda.

Baca Juga: Cara Mudah Menyimpan Jahe Agar Awet, Sudah Tahu?

5. Baking Soda

satu sendok baking osda yang siap digunakan
Flickr

Baking Soda terkenal dengan sifat pemutihnya (bleaching). Bahan ini bisa membantu kamu menghilangkan noda kunyit yang menempel pada tanganmu. Bagaimana caranya?

Pertama, kamu harus mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 3 sendok makan air. Aduk larutan hingga rata atau berbentuk seperti pasta. Setelahnya, gosokkan perlahan di kulitmu dengan gerakan melingkar.

Apabila bekas kunyit telah memudar, kamu bisa membilasnya dengan air dan sabun hingga residue pasta baking soda menghilang.

6. Cuka Apel

Cuka apel yang disimpan di dalam gelas dan botol kaca
Unsplash.com/Towfiqu barbhuiya

Selain untuk menghilangkan bau, cuka apel juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda bekas kunyit lho! Bagaimana caranya?

Pertama, kamu perlu mencampurkan air dan cuka apel dengan perbandingan 1:1. Aduk rata kedua bahan tersebut dan gunakan kain atau kapas untuk memaparkannya ke bagian kulit yang terkena bekas kunyit. Biarkan larutan cuka apel tersebut mengering di tanganmu. Setelah kering, bilas dengan air. 

7. Madu

Madu yang disimpan di dalam jar kaca
Unsplash.com/Arwin Neil Baichoo

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan noda kunyit yang membandel pada kulit adalah dengan menggunakan campuran madu dan lemon! Caranya gampang banget, kamu cukup mencampurkan kedua bahan tersebut dan mengaplikasikannya ke bagian kulit yang terkena bekas kunyit. Biarkan madu mengering di atas kulitmu, lalu bilas dengan air biasa dan sabun. Mudah sekali bukan?

8. Make Up Remover

Make up remover dari berbagai merk dan jenis
Flickr

Kalau beberapa DIY bahan alami di atas belum manjur juga, kamu bisa menggunakan produk instan seperti make up remover! Semua jenis make up remover bisa kamu gunakan, mulai dari micellar water, cleansing oil, hingga cleansing balm. Bahan instan ini umumnya memiliki daya hapus yang lebih tinggi dibandingkan bahan alami karena mengandung bahan kimia yang memang dikhususkan untuk perawatan kulit.

Nah, itu dia cara menghilangkan bekas kunyit di tangan secara efektif dan mudah. Bahan yang diperlukan juga mudah untuk ditemukan. Semoga tips ini membantu kamu ya Sobat Yummy. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Pahit Pare, Antiribet!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Tongkol Goreng Kunyit

Tongkol Goreng Kunyit

(5.0)

5 langkah

436

Artikel Lainnya di tips