6 Cara Menghilangkan Minyak di Tenggorokan Setelah Makan Gorengan

6 minuman yang ampuh mengusir minyak di tenggorokan

6 Cara Menghilangkan Minyak di Tenggorokan Setelah Makan Gorengan

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Makanan berminyak seperti gorengan memang lezat ketika disantap untuk mengganjal perut. Namun, gorengan mengandung minyak yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan jumlah kolesterol meningkat dan tenggorokan terasa gatal.

Penikmat gorengan pasti pernah merasakan tenggorokan terasa tidak nyaman setelah memakan makanan ini. Untuk menetralisir tenggorokanmu, berikut Yummy Apps merangkum beberapa cara menghilangkan minyak di tenggorokan setelah makan gorengan. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Air hangat

1. Air hangat
Pexels

Setelah makan gorengan, terkadang area mulut terasa tidak nyaman karena minyak yang masih bersarang di area tenggorokan. Hal ini ternyata bisa kamu atasi dengan meminum minuman yang simpel namun tetap sehat.

Minuman pertama ini memang sangat simpel, namun memiliki khasiat yang luar biasa untuk tenggorokan yang berminyak. Air hangat akan meluruhkan minyak yang ada di tenggorokan dan juga ususmu sehingga minyak dapat keluar melalui sistem pembuangan tubuh.

2. Teh hijau hangat

2. Teh hijau hangat
Pexels

Selain air putih hangat, kamu juga bisa mengkonsumsi teh hijau hangat. Teh hijau memiliki kandungan kafein dan juga epigallocatechin gallate yang bisa membakar lemak.

Teh hijau yang hangat ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan minyak yang menumpuk di area tenggorokan setelah makan gorengan.

3. Yoghurt

description
Unsplash.com

Yoghurt yang bersifat dingin dan bertekstur lembut ini juga bisa membantu menghilangkan sisa minyak di tenggorokkan.

Bukan cuma itu, prebiotik yang ada pada yoghurt juga bisa menyehatkan saluran pencernaan. Yoghurt bisa kamu konsumsi agar terhindar dari sembelit karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak.

4. Air lemon hangat

4. Air lemon hangat
Pexels

Cara menghilangkan minyak di tenggorokan setelah makan gorengan selanjutnya adalah dengan air lemon hangat. Campuran air hangat perasan lemon dan madu bisa membantu tenggorokkan terasa lebih lega. Pasalnya, air lemon memiliki kandungan zat pektin yang ternyata berfungsi untuk membuang kotoran dan mengemulsi minyak dari dalam tubuh.

5. Air kelapa

ilustrasi daging kelapa
ilustrasi kelapa (pexels.com/craigadderley)

Air kelapa terkenal dengan kesegarannya. Hal inilah yang membuat air kelapa direkomendasikan untuk melegakan tenggorokan setelah memakan gorengan yang penuh minyak. Air kelapa muda juga bermanfaat untuk mengobati sistem pencernaan yang sedang terganggu.

6. Jus buah segar

6. Jus buah segar
Pexels

Cara menghilangkan minyak di tenggorokan setelah makan gorengan berikutnya adalah dengan mengkonsumsi jus buah yang segar. Selain bisa meredakan minyak, jus buah juga bisa melunturkan minyak yang dapat menyumbat aliran darah. Beberapa buah yang bisa kamu jadikan jus adalah wortel, mentimun, semangka, jambu biji, jeruk, dan masih banyak lagi.

Tips agar tetap sehat meskipun makan makanan berminyak

Beberapa minuman di atas mungkin sudah cukup melegakan tenggorokan dari sisa minyak gorengan. Tapi tanpa kita sadari, kita selalu mengkonsumsi makanan berminyak setiap harinya dan membuat minyak tersebut menumpuk dalam tubuh. 

Agar tubuhmu tetap sehat setelah mengkonsumsi makanan berminyak, ini dia cara mudah untuk menetralisir kadar lemak dalam tubuh.

1. Olahraga

Sempatkan waktu untuk berolahraga setiap harinya meskipun hanya jalan santai selama 30 hingga 40 menit. Olahraga bisa membantu menstimulasi metabolisme tubuh dan juga membantu melancarkan pencernaan.

2. Jangan langsung tidur setelah makan

Sepele namun penting untuk dilakukan adalah jangan langsung tidur setelah makan. Tunggu beberapa jam hingga makanan dapat dicerna di dalam tubuhmu. Pasalnya, tidur bisa memperlambat proses pencernaan dan bisa membuat makanan berminyak yang kamu makan tinggal di dalam usus.

3. Mengkonsumsi makanan kaya serat

Setelah mengkonsumsi banyak makanan berlemak, sempatkan untuk makan makanan yang mengandung serat tinggi. Makanan yang kaya serat akan membantu membersihkan usus dari lemak dan kotoran. Selain itu, makanan seperti ini juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. 

4. Menghindari makanan dingin

Hindari makanan dingin setelah makan makanan berminyak. Makanan dingin tidak baik untuk usus karena menyebabkan tekanan usus, lambung, dan hati. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan pada tubuhmu. 

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan minyak di tenggorokan setelah makan gorengan. Semoga tips di atas bisa membantu ya, sobat Yummy!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atik Haryono

Atik Haryono

Air Kelapa Agar-Agar

Air Kelapa Agar-Agar

(3.0)

5 langkah

567

Artikel Lainnya di tips