9 Cara Menghilangkan Pahit Pare, Antiribet!

​Rasa pahit pare bisa diatasi kok!

9 Cara Menghilangkan Pahit Pare, Antiribet!

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Pare merupakan salah satu sayur yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu rasanya yang pahit. Banyak yang belum tahu cara menghilangkan pahit pare paling manjur. Akhirnya, sayuran ini sedikit dihindari untuk disandingkan sebagai makanan pendamping nasi.

Meskipun begitu, masih banyak yang menjadikan pare sebagai makanan favorit karena sensasi dari rasanya yang unik. Tapi, kamu tahu gak sih? Pare itu punya manfaat yang baik lho jika kita konsumsi. Ternyata dalam satu buah pare, terkandung vitamin dan mineral yang bikin tubuh kita lebih bugar. Jadi ada alasan dong untuk masak sayur pare di rumah? 

Nah, supaya sayur pare bisa lebih nikmat, di sini Yummy punya beberapa cara menghilangkan pahit pare yang pastinya manjur banget! Simak yuk!

Cara Memilih Pare yang Terbaik

description
freepik.com/jeswin

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara menghilangkan pahit pare, Yummy mau kasih sedikit tips dulu nih bagaimana cara memilih pare yang terbaik dan tidak terlalu pahit.

  1. Pilih pare yang masih muda, karena pare yang sudah matang besar kemungkinan rasanya akan lebih pahit;
  2. Pare yang masih muda memiliki karakteristik warna hijau yang terang dan ukurannya sedang.

Baca Juga: Cara Merebus Jengkol Agar Cepat Empuk dan Lebih Enak 

9 Cara Memasak Sayur Pare

Setelah kamu memilih pare sesuai dengan tips di atas, saatnya kamu lanjut ke tips ini. Di sini, Yummy akan memberikan kamu beberapa tips bagaimana cara memasak sayur pare agar tidak pahit dan menjaga rasa asli pare agar tetap lezat.

Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, langsung saja kita intip informasinya di bawah ini! 

1. Mengupas kulit pare

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengupas kulit pare yang berwarna hijau dan bertekstur kasar. Kamu bisa melakukan langkah ini dengan bantuan alat pengupas. 

Pastikan kulit pare benar-benar terkelupas hingga membuat permukaan pare menjadi halus. Mengapa kulit pare harus dikupas? Mengupas kulit pare ternyata dapat mengurangi rasa pahit yang dominan pada sayur pare.

2. Membuang biji pare

Selanjutnya, kamu harus membuang biji yang ada di dalam sayur pare. Buang bagian tengah pare hingga membuat bulatan seperti donat. Pastikan biji dan juga selaput putih yang menempel pada daging pare terbuang, ya!

Setelah ini, kamu bisa mengkreasikan bentuk pare sesuai dengan yang kamu mau, bisa dibiarkan saja bulat sempurna atau diiris memanjang. 

3. Merendam pare dengan garam

Setelah pare sudah terkupas bersih dan bijinya terbuang, kamu bisa melakukan beberapa cara agar rasa pahit pada daging pare hilang sempurna. 

Salah satunya adalah dengan merendam pare dengan larutan garam selama 20-30 menit sebelum dimasak. Garam dipercaya dapat membantu mengeluarkan rasa pahit yang ternyata adalah sari dari daging pare itu sendiri. 

4. Menggosok pare dengan garam

Masih sama dengan menggunakan media garam, kamu juga bisa menggosok halus daging sayur pare dengan garam. Setelah selesai digosok dengan sempurna, peras pare beberapa kali sampai mengeluarkan cairan seperti jus.

5. Merendam pare dengan yogurt cair

Yogurt juga ternyata bisa menjadi media penghilang rasa pahit di sayur pare, lho! Caranya gampang banget, kamu hanya perlu menyiapkan yogurt cair plain (tanpa rasa) dan rendam pare di dalam air yogurt selama satu jam sebelum dimasak. Selain bisa membuat rasa pahit pare hilang, cara ini juga bisa bikin rasa pare lebih lezat lho!

6. Merendam pare dengan air asam jawa

Selain yogurt, asam jawa juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Gak perlu ribet, kamu hanya perlu merendam sayur pare ke dalam larutan air asam jawa selama 30 menit sebelum dimasak. 

7. Merendam pare dengan gula dan cuka

Larutan air lainnya yang bisa kamu pakai untuk cara menghilangkan pahit pare adalah gula dan garam. Cara ini gampang banget kamu lakukan di rumah.

Kamu hanya perlu melarutkan gula dan cuka dengan perbandingan yang sama, didihkan larutan tersebut hingga sedikit mendidih, dan tuangkan pada sayur pare hingga beberapa saat. Dijamin sayur pare bisa dinikmati dengan nyaman!

8. Menambahkan gula

Selain merendam pare di beberapa larutan air, kamu juga bisa menggunakan tambahan gula saat memasak sayur pare. 

Taburkan gula sebelum sayur pare disajikan di piring saji. Cara ini bisa menjadi penawar rasa pahit yang ditimbulkan oleh pare. 

9. Menggoreng pare

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggoreng sayur pare. Cara ini ternyata sukses untuk menjinakkan rasa pahit pare, lho! Apakah kamu pernah coba rasa pare goreng? Kalau belum, ini saatnya kamu coba kreasi gorengan pare tanpa rasa pahit!

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan pahit pare yang bisa kamu coba di rumah. Semoga dengan informasi ini kamu bisa menikmati sayur pare dengan nyaman, ya!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Kunyit di Tangan dengan Mudah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nurwanida

Nurwanida

Oseng Pare

Oseng Pare

(5.0)

6 langkah

406

Artikel Lainnya di tips