10 Cara Menghilangkan Pedas di Tangan dengan Cepat dan Ampuh

Gunakan salah satu cara ini untuk meredakan panas di tangan

10 Cara Menghilangkan Pedas di Tangan dengan Cepat dan Ampuh

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sensasi rasa pedas setelah makan atau memasak dengan cabai sering kali menempel di tangan dan sulit hilang. Rasa pedas ini berasal dari senyawa bernama capsaicin yang sering kali bisa menimbulkan rasa kebas dan panas di tangan. Hal ini juga dapat menimbulkan reaksi susulan berupa kulit kemerahan dan berkeringat.

Mencuci tangan saja kadang tak cukup. Untuk itu, perlu bantuan beberapa bahan lainnya yang bisa meredakan rasa panas dan pedas di tangan akibat cabai.

Yuk, simak 10 cara menghilangkan pedas di tangan berikut ini!

1. Gel aloevera

lidah buaya untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi gel lidah buaya (pixabay.com/Rosina-Sch)

Gel lidah buaya dapat membantu mengatasi pedas dan panas pada kulit akibat cabai karena memiliki efek cooler. Hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga kulit yang terasa panas dapat mereda.

Namun, jika kamu memiliki indikasi alergi terhadap lidah buaya, ada baiknya untuk menghindari menggunakannya.

2. Santan

santan kelapa untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi santan kelapa (freepik.com/jcomp)

Santan yang berasal dari perasan daging buah kelapa ini biasanya dijadikan sebagai bahan masakan yang bisa disulap menjadi berbagai makanan nikmat khas Nusantara.

Namun kali ini, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan rasa pedas di kulit dengan merendam tangan pada santan. Santan akan bekerja dengan cukup baik untuk dapat menanggulangi permasalahan panas dan pedas di kulit tangan.

3. Baking soda

baking soda untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi baking soda (pixabay.com/NatureFriend)

Masih dengan bahan alami yang biasanya tersedia di rumah, selanjutnya ada baking soda. Campurkan baking soda bersama air, usahakan agar teksturnya kental. Kemudian oles pada tangan dan biarkan mengering sebentar sebelum dibilas.

4. Sabun cuci piring

sabun cuci piring untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi mencuci gelas (pexels.com/Kampus Production)

Sabun cuci piring ternyata juga dapat berperan mengatasi rasa pedas di tangan, lho. Cukup cuci tangan seperti biasa menggunakan sabun cuci piring. Lakukan beberapa kali hingga rasa sakitnya mereda.

Sabun cuci piring memiliki kandungan yang mampu melunturkan minyak cabai dan paprika. Sehingga dapat membantu menghilangkan sisa-sisa capsaicin yang menempel di tangan.

Baca Juga: ​10 Tips agar Jengkol Tidak Bau, Masakan Jadi Lebih Nikmat

5. Produk sabun pemutih

deterjen untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi produk sabun pemutih (freepik.com/freepik)

Cara ini mungkin sedikit tidak lazim, tetapi pemutih dapat membantu mengatasi masalah pedas di tangan juga, kok. Produk pemutih akan merubah capsaicin menjadi garam yang mudah larut di dalam air, sehingga akan lebih mudah dibilas. Capsaicin yang menempel di tangan bisa dibasuh dengan mudah dan rasa panas pun akan mereda.

Namun, tetap pastikan bahwa kulit tidak memiliki alergi apapun terhadap produk pemutih, ya. Jika memiliki alergi, sebaiknya jangan gunakan cara ini karena akan menimbulkan iritasi pada kulit.

6. Kompres es batu

es batu untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi es batu (pexels.com/cottonbro studio)

Menggenggam es batu juga bisa jadi salah satu cara alami yang membantu meredakan panas dan pedas berikutnya. Tipsnya, bungkus es batu dengan plastik atau kain. Hal ini dilakukan agar air yang mencair tidak membuat minyak capsaicin semakin menyebar ke permukaan kulit yang lain.

7. Minyak sayur

minyak sayur untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi minyak sayur (pexels.com/Patrícia Paixao)

Cara ini dapat digunakan dengan mengoleskan minyak sayur pada kapas, kemudian oleskan kapas tersebut ke permukaan kulit.

Cara kerja minyak sayur dalam menghilangkan rasa pedas dan panas di kulit adalah dengan melarutkan capsaicin. Capsaicin memang akan mudah larut bersama minyak, jadi tidak ada salahnya mencoba cara ini.

8. Garam dapur

garam untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi garam (pixabay.com/Bru-nO)

Cara kerja garam hampir sama dengan hand scrub. Permukaannya yang memiliki partikel-partikel kasar akan membantu merontokkan sisa-sisa capsaicin yang masih menempel di kulit. Cukup oles dan gosokkan garam ke permukaan kulit hingga beberapa saat, kemudian bilas.

9. Susu

susu untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi susu (freepik.com/jcomp)

Dikenal sebagai penghilang rasa pedas di mulut, susu juga ternyata dapat digunakan sebagai penghilang pedas di kulit tangan. Susu bekerja dengan cara memecah minyak lada dan dapat memberikan rasa nyaman di kulit.

10. Larutan alkohol

larutan alkohol untuk menghilangkan pedas di tangan
ilustrasi larutan alkohol (freepik.com/freepik)

Nah, terakhir, kamu bisa memanfaatkan produk yang memiliki kandungan alkohol seperti hand sanitizer. Cukup dengan mengoleskannya pada kulit tangan, atau bisa juga menggunakan bantuan kapas, terlebih jika produk memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi. Mengoleskan produk dengan kandungan alkohol yang tinggi langsung ke tangan, bisa jadi akan menimbulkan masalah iritas.

Itulah 10 cara menghilangkan pedas di tangan yang bisa kamu coba. Pastikan kamu memperhatikan efek atau reaksi dari penggunaan produk tertentu, ya!

Pilih salah satu cara yang kira-kira cocok dengan kondisimu. Semoga artikel ini dapat membantu! 

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: ​10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat

Baca Juga: ​Tips dan Cara Menyimpan Jamur Tiram agar Lebih Awet dan Segar

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Miftahul Jannah

Miftahul Jannah

Spicy Yakisoba #MENUTANGGALTUA

Spicy Yakisoba #MENUTANGGALTUA

(5.0)

6 langkah

188

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Telur Cabai Masak Kecap

Telur Cabai Masak Kecap

(5.0)

6 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips