5 Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Yuk, merapat untuk kamu yang memperhatikan kehalalan makanan

5 Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Seorang muslim dianjurkan hingga menjadi kewajiban masing-masing dalam memilih dengan secara hati-hati makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. Hal ini karena muslim dipintah untuk menjalani apa yang Allah SWT perintahkan dan menjauhi apa pun yang dilarang. Salah satunya seperti menghindari bahan pangan yang haram, sehingga iman terus terjaga.

Namun bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram dengan tepat? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk, simak artikel Yummy App kali ini! Let’s get to the list!

1. Memilih Makanan atau Minuman yang Tersertifikasi Halal

Jika Sobat Yummy ke supermarket untuk belanja bahan makanan, pastikan cek label setifikasi halal pada kemasan produk. Setifikasi halal menunjukkan bahwa produk tersebut dibuat dengan alat dan bahan yang terjamin kehalalannya.

Atau jika Sobat Yummy ingin membeli makanan atau minuman di tempat makan, perhatikan juga apakah restoran tersebut memiliki label halal. Pada masa sekarang, sudah banyak restoran yang menunjukkan telah memiliki sertifikasi halal agar pelanggan muslim juga bisa menikmati sajian restoran tersebut. Jangan ragu juga untuk tanya secara langsung pada pihak restoran yang akan dikunjungi.

2. Pahami Bahan-Bahan yang Halal dan Tak Halal

bahan makanan
ilustrasi bahan makanan (unsplash.com/maddi bazzoco)

Sebagai seorang muslim, Sobat Yummy harus mengerti bahan makanan apa saja yang tidak diperbolehkan Allah SWT untuk dikonsumsi. Dalam Surat Al-Maidah ayat 3, disebutkan bahwa beberapa bahan yang diharamkan antara lain, darah, daging babi, bangkai, daging hewan yang disembelih bukan atas nama Allah, hingga khamr.

Allah SWT juga sangat melarang sesuatu yang dapat memabukkan. Maka dari itu, kamu harus paham apa pun yang akan dikonsumsi apakah bahan tersebut dilarang atau diperbolehkan. Sehingga kamu akan lebih bisa selektif dalam memilih makanan.

Baca Juga: ​10 Rekomendasi Snack Jepang Halal yang Rasanya Oishii!

3. Perhatikan Komposisi Produk

Selain mengecek sertifikat halal yang tercantum, ada baiknya Sobat Yummy juga membaca dari segi komposisi yang tertera dalam kemasan produk.

Hal ini dilakukan agar lebih berhati-hati kembali. Karena terkadang produsen pun masih bisa hanya menempelkan sertifikat halal tapi saat dibaca komposisinya mengandung bahan yang tak halal. Pastikan bahwa bahan dasar untuk membuat makanan atau minuman yang akan kamu beli memiliki komposisi yang halal.

4. Memasak Sendiri

masak sendiri
ilustrasi masak sendiri (unsplash.com/maddi briscoe)

Salah satu tips bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram yang ampuh, yakni dengan membuat makanan ataupun minuman sendiri di rumah.

Setelah memastikan sertifikasi halal dan komposisi pada bahan makanan yang telah dibeli, kamu bisa memasak makananmu sendiri dirumah. Karena sesuatu yang dibuat dengan tangan sendiri jauh lebih jelas bahannya, bukan?

5. Hindari Terlalu Sering Menonton Konten Makanan Non Halal

Pada era sekarang, banyak sekali bermunculan konten makanan di berbagai media, atau yang biasa Sobat Yummy sebut konten mukbang. Konten tersebut menampilkan berbagai macam jenis makanan yang dimakan oleh talent di depan kamera.

Usahakan untuk menghindari menonton terlalu sering konten mukbang yang kamu tahu itu adalah makanan non halal. Hal ini karena di saat kamu menonton konten makanan secara tidak sadar otak akan memproses rasa lapar dan menginginkan apa yang ada dalam konten makanan tersebut.

Nah itulah, tips cara menghindari makanan dan minuman yang haram yang bisa kamu terapkan. Terpenting, niatkan untuk menghindari makanan non halal karena Allah SWT dan perkuat iman. Niscaya apapun yang Sobat Yummy makan akan menjadi berkah.

Baca Juga: ​Resep Ngohiong Ayam yang Simple dan Halal ala Chinese Food

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Chef Rayhan Akbar

Chef Rayhan Akbar

Dumpling Ravioli (Tomato Sauce)

Dumpling Ravioli (Tomato Sauce)

(5.0)

1.1 rb

Yummy Official

Yummy Official

Sup Kolagen

Sup Kolagen

(5.0)

250 mnt

recooks-0
recooks-1

Artikel Lainnya di tips