​10 Tips agar Jengkol Tidak Bau, Masakan Jadi Lebih Nikmat

Wajib tahu agar olahan jengkol makin nikmat!

​10 Tips agar Jengkol Tidak Bau, Masakan Jadi Lebih Nikmat

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Jengkol merupakan salah satu olahan masakan yang nikmat dan punya tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Jengkol bisa diolah menjadi masakan lezat apabila dimasak dengan cara yang benar.

Balado, semur, gulai, bahkan rendang dan kerupuk, semua cara dan jenis pengolahan jengkol ini sangat populer dan digemari masyarakat Indonesia. Baru-baru ini juga banyak olahan jengkol yang bermunculan dengan variasi olahan lain seperti kukis atau keripik.

Bagi kamu yang tidak sabar ingin segera menyantap dan mengolah jengkol, kamu wajib simak tips agar jengkol tidak bau dan lebih empuk sehingga semakin nikmat saat disantap. Yuk, simak cara mengolah jengkol agar tidak bau di bawah ini! 

1. Mencuci dengan air bekas cucian beras

ilustrasi beras (Pexels.com/Bilguun Bayarmagnai)
Pexels.com/Bilguun Bayarmagnai

Salah satu cara yang dapat dipercaya untuk bisa menghilangkan bau pada jengkol adalah mencucinya dengan air bekas cucian beras. Setelah mencuci beras, sisihkan air bekas cuciannya ke wadah lain dan gunakan untuk membasuh jengkol yang sudah dikupas. Selain dicuci, kamu bisa juga merendamnya semalaman.

2. Rendam dengan air kapur sirih

2. Rendam dengan air kapur sirih
Rohan Solankurkar on Unsplash" target="_blank">

Selain merendam dan mencuci dengan air cucian beras, cara mengolah jengkol agar tidak bau selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dengan merendamnya dengan air kapur sirih dan dibiarkan semalaman.

3. Merebus dengan parutan jahe

3. Merebus dengan parutan jahe
Unsplash" target="_blank">

Aroma jahe yang kuat dan khas juga bisa membantu menyamarkan bau jengkol. Opsi ini bisa kamu coba dengan memarut beberapa ruas jahe dan memasukkannya ke dalam air rebusan. Selain menghilangkan bau, jahe juga bisa memberikan cita rasa lebih nikmat pada olahan jengkol yang akan kamu buat.

4. Merebus dengan daun jambu biji

4. Merebus dengan daun jambu biji
VD Photography on

Pada saat proses merebus, agar bau jengkol jauh lebih berkurang, rebus jengkol bersama beberapa lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih. Rebus selama kurang lebih 10 menit agar jengkol empuk.

5. Merebus dengan daun salam

5. Merebus dengan daun salam

Daun salam juga bisa digunakan jika tidak ada daun jambu biji. Caranya pun sama, kamu hanya tinggal memasukkan beberapa lembar daun salam ke dalam air rebusan jengkol dan rebus selama kurang lebih 10 menit. Cara ini bisa membantu mengurangi bau pada jengkol dan membuat jengkol empuk.

6. Masak dengan api kecil

6. Masak dengan api kecil
🇸🇮 Janko Ferlič on

Ketika memasak jengkol, disarankan untuk dimasak menggunakan api kecil agar bumbu bisa meresap dengan baik. Dengan cara ini, bau pada jengkol akan berkurang.

7. Menggeprek jengkol sebelum dimasak

7. Menggeprek jengkol sebelum dimasak
Anisa Wulan Asri on

Sebelum dimasak lebih lanjut, kamu bisa menggeprek jengkol. Namun, lakukan dengan hati-hati agar jengkol tidak hancur. Geprek jengkol hingga berbentuk sedikit pipih. Hal ini akan memudahkan bumbu meresap pada jengkol dan membantunya agar lebih cepat empuk dan tidak bau

8. Merebus dengan daun jeruk purut

8. Merebus dengan daun jeruk purut

Cara mengolah jengkol agar tidak bau yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jeruk purut yang memang memiliki aroma jeruk yang harum. Kamu dapat mengiris-iris atau memotong kasar daun jeruk purut agar aromanya keluar dan mampu menetralkan bau jengkol. Kemudian, masukkan daun jeruk purut ke dalam air rendaman jengkol dan rebus seperti biasa.

9. Hindari memasak terlalu lama

9. Hindari memasak terlalu lama
Frank Zhang on

Memasak jengkol sebaiknya jangan terlalu lama. Cukup masak selama 15 sampai 20 menit saja agar tidak meninggalkan bau dan terlalu pahit.

10. Tambahkan banyak air saat menumis jengkol

10. Tambahkan banyak air saat menumis jengkol
Thomas Kinto on

Cara lain yang bisa dilakukan agar jengkol empuk dan bumbu dapat meresap sempurna adalah dengan menambahkan air yang lebih banyak saat menumis. 

Nah, demikian 10 cara mengolah jengkol agar tidak bau yang dapat kamu praktikkan pada saat mengolah masakan dari olahan jengkol. Meski begitu, sesudah mengonsumsinya, kamu harus tetap membersihkan mulut dengan tepat, ya!

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: ​10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Alvina Sartikawati

Alvina Sartikawati

Tumis Jengkol dan Kacang Panjang Pedas

Tumis Jengkol dan Kacang Panjang Pedas

(5.0)

5 langkah

578

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Ikan Asin Jengkol Balado

Ikan Asin Jengkol Balado

(5.0)

7 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips