3 Tips dan Cara Menyimpan Ayam di Kulkas Agar Tetap Segar

​Hindari kesalahan yang satu ini!

3 Tips dan Cara Menyimpan Ayam di Kulkas Agar Tetap Segar

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Salah satu tugas dapur yang perlu kamu perhatikan adalah menyimpan daging ayam agar tetap segar. Setelah kamu kembali dari pasar, pastikan untuk segera memasukkan ayam mentah yang kamu beli ke dalam lemari es atau freezer.

Jangan sekali-kali menyimpan ayam mentah pada suhu ruangan dalam waktu yang lama. Kesalahan inilah yang membuat ayam mudah berlendir dan tidak segar lagi. 

Berikut ini beberapa informasi dan tips penting cara menyimpan ayam di kulkas yang aman agar tetap segar. Yuk disimak, sobat Yummy!

Perhatikan waktu penyimpanan ayam mentah

description
Ilustrasi ayam mentah utuh (freepik.com/freepik)

Berapa lama ayam mentah bisa bertahan di dalam lemari es atau freezer? Bagaimana cara menyimpan ayam di kulkas sangat bergantung pada keamanan makanan yang kamu punya. Saat membekukan ayam, coba untuk selalu labeli ayam agar kamu tahu sudah berapa lama ayam mentah kamu simpan.

Jika kamu membeli ayam mentah di supermarket, biasanya akan ada tanggal expired pada kemasannya. Tanggal ini menunjukkan bahwa ayam harus dimasak sebelum tanggal tersebut atau dibekukan sebelum melewati tanggal tersebut. Berikut ini beberapa jenis ayam dan masa penyimpanan yang paling aman di freezer dan lemari es:

• Ayam giling akan bertahan 1-2 hari di dalam lemari es. Sementara di freezer, ayam jenis ini akan bertahan selama 3 bulan.

• Ayam utuh akan bertahan 2-3 hari di dalam lemari es. Sementara di freezer, ayam jenis ini akan bertahan selama 12 bulan.

• Ayam potong akan bertahan 2-3 hari di dalam lemari es. Sementara di freezer, ayam jenis ini akan bertahan selama 6 bulan.

Beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menyimpan ayam mentah di lemari es atau freezer agar tetap segar:

1. Suhu lemari es harus berada diantara 4 derajat celcius dan 0 derajat celcius.

2. Suhu freezer harus berada di bawah -18 derajat celcius.

3. Saat kamu baru pulang membeli ayam mentah, simpan ayam di wadah bertepi agar air dari ayam tidak menetes.

4. Ayam giling yang tidak digunakan dalam 2 hari ke depan lebih baik dibekukan terlebih dahulu.

5. Jangan lupa untuk memberi label pada wadah ayam dengan informasi tanggal, jenis ayam, dan berat ayam. 

Perhatikan tempat penyimpanan ayam mentah

description
Ilustrasi ayam mentah di dalam ziplock (freepik.com/freepik)

Sebelum menyimpan ayam di lemari es atau freezer, pastikan tempat penyimpanan yang kamu gunakan bisa menjaga kesegaran ayam. Berikut ini tempat penyimpanan ayam mentah yang baik digunakan:

1. Wadah kaca kedap udara

Wadah yang kedap udara ini biasanya digunakan untuk menyimpan daging agar tetap segar. Wadah seperti ini dinilai lebih baik daripada plastik dan lebih mudah dibersihkan.

2. Tas plastik ziplock

Plastik ziplock dinilai lebih aman digunakan untuk membekukan ayam mentah di dalam freezer.

3. Plastik wrap khusus untuk makanan

Bungkus plastik jenis ini bisa membuat ayam mentah lebih tahan lama saat disimpan. Plastik ini bersifat kedap udara yan membuat ayam mentah tetap segar. 

Cara menyimpan ayam di kulkas atau freezer

description
Ilustrasi ayam mentah di dalam wadah kedap udara (freepik.com/freepik)

Sebelum kamu menyimpan ayam mentah, pastikan untuk tidak meninggalkan ayam mentah di suhu ruangan selama lebih dari dua jam. Simpan ayam langsung ke dalam suhu yang lebih dingin. Hal ini akan meminimalisir resiko ayam terkena bakteri seperti salmonella yang dapat membahayakan kesehatan kamu. 

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, kamu sudah siap menyimpan ayam mentah dengan aman! Berikut ini tips dan cara menyimpan ayam di kulkas atau freezer.

1.  Menyimpan ayam mentah di lemari es

Ketika kamu ingin menyimpan ayam mentah di dalam lemari es, masukkan ayam mentah ke dalam plastik ziplock yang kedap udara. Setelah itu, masukkan kembali ke dalam wadah kedap udara. Menyimpan ayam dalam wadah kedap udara akan menahan air yang menetes pada ayam mentah. 

Taruh ayam di bagian belakang kulkas di rak paling bawah kulkas. Bagian belakang kulkas adalah bagian yang paling dingin pada kulkas. 

Setelah kamu sudah menyimpan sesuai instruksi di atas, kamu bisa menggunakan ayam dalam waktu 48 jam. Jika kamu ingin menyimpan ayam lebih lama, kamu bisa membekukannya di freezer.

2. Menyimpan ayam mentah di freezer

Ketika kamu ingin menyimpan ayam lebih lama, alangkah baiknya untuk menyimpan ayam mentah di dalam freezer. Bungkus potongan ayam mentah satu per satu dengan plastic wrap dan masukkan lagi ke dalam ziplock agar tidak saling menempel. 

Pastikan udara yang ada di dalam ziplock sudah keluar sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Jika masih ada udara di dalam ziplock, besar kemungkinan ayam akan terkena freezer burn. Kondisi ini akan membuat ayam mentah menjadi dehidrasi, kering dan terasa funky karena terpapar udara.

Jangan lupa untuk melabeli kantong ziplock dengan tanggal, jenis ayam dan informasi lainnya. Saat kamu menyimpan ayam mentah dalam freezer, kamu bisa menggunakan ayam dalam kurun waktu maksimal 6 bulan. 

3. Cara untuk mencairkan ayam yang beku

Setelah kamu menyimpan ayam mentah di freezer dan ingin mengolah ayam tersebut, kamu bisa ikuti cara mencairkan ayam beku dengan aman berikut ini:

• Saat kamu menyimpan ayam di freezer dan memberku, simpan ayam beku di dalam lemari es hingga ayam mencair sepenuhnya. 

• Cairkan ayam beku di bawah air dingin. Kamu bisa membiarkan ayam teraliri air keran atau merendam ayam di dalam air dingin. Diamkan selama 30 menit dan jangan pernah menggunakan air panas untuk mencairkan daging ayam beku.

• Cairkan ayam beku menggunakan microwave dengan mode defrost. Cara ini bisa kamu gunakan jika kamu membutuhkan ayam mencair dalam waktu singkat.

Demikian cara menyimpan ayam di kulkas. Setelah ayam dicairkan, kamu bisa mengolah ayam segar dalam waktu dua hari saja. Jika lebih dari itu, kamu bisa membekukannya kembali di freezer. Semoga membantu, sobat Yummy!

Baca Juga: 10 Resep Olahan Dada Ayam untuk Diet yang Lezat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Enggar Nugraheni Putri

Enggar Nugraheni Putri

Ayam Kukus Bawang Putih

Ayam Kukus Bawang Putih

(5.0)

6 langkah

383

Artikel Lainnya di tips