5 Cara Menyimpan Ayam Tanpa Kulkas

Tetap awet walau tanpa kulkas

5 Cara Menyimpan Ayam Tanpa Kulkas

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ayam merupakan salah satu protein hewani yang sering dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. Namun, masalahnya adalah bagaimana menyimpan ayam agar tetap segar dan enak jika kita tidak memiliki kulkas?

Kamu tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini kamu bisa menyimpan ayam agar tetap awet dengan berbagai cara, berikut adalah cara menyimpan ayam agar tetap enak tanpa perlu di kulkas:

Baca Juga: 10 Menu Bumbu Marinasi Ayam yang Mudah Dibuat

1. Tidak mencuci ayam dengan air

Ilustrasi mencuci ayam
Ilustrasi mencuci ayam (freepik.com/EyeEm)

Mungkin Sobat Yummy bingung, mengapa mencuci ayam dengan air tidak dianjurkan. Hal ini tentunya karena  kebiasaan mencuci ayam sebelum disimpan membuat ayam menjadi lembab dan meningkatkan bakteri yang bertumbuh pada daging. Hal ini membuat ayam jadi mudah busuk, kamu bisa membersihkannya cukup dengan tisu sampai kering pada semua bagian daging.

2. Lumuri dengan garam

Ilustrasi ayam lumur garam
Ilustrasi ayam lumur garam (freepik.com/jcomp)

Garam dapat membantu menarik kelembaban dari daging, mengurangi risiko pertumbuhan bakteri.  Kamu bisa menggunakan cara ini agar daging ayam awet. Cukup bersihkan ayam dari lemaknya dan keringkan ayam menggunakan tisu sampai benar-benar kering. Setelah itu, lumuri ayam dengan garam. Diamkan di wadah yang tertutup. Ambil beberapa, dan olah lagi dengan bumbu. Kamu bisa mengolahnya dengan dibakar ataupun digoreng. 

3. Rebus dengan air garam

Ilsutrasi merebus daging ayam
Ilsutrasi merebus daging ayam (istockphoto.com/Poetra Dimatra)

Kamu bisa mengawetkan ayam dengan memasaknya menggunakan air garam. Caranya adalah dengan membersihkan ayam potong-potong menjadi beberapa bagian, kemudian rebus air dan masukkan 1-2 sdm garam ke dalam panci. Ketika air sudah hangat, masukkan ayam ke dalam panci dan rebus sampai matang. Kamu bisa langsung mengambil beberapa ayam tadi dan simpan kembali ayam lainnya yang tidak di masak ke dalam panci.

4. Ungkep dengan bumbu

Ilustrasi ayam dimarinasi
Ilustrasi ayam dimarinasi (freepik.com/timolina)

Tentunya ungkep ayam, sudah tidak asing lagi bukan?

Cara mengawetkan ayam ini cukup mudah, hanya dengan mencampurkan bumbu halus dari beberapa bahan, seperti, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Setelah itu, tumis bumbu halus dengan daun salam, daun jeruk, dan serai hingga matang. Saat bumbu sudah matang, kamu bisa membaluri ayam dan simpan di wadah tertutup.

5. Pengasapan

Ilustrasi ayam asap
Ilustrasi ayam asap (freepik.com/pippocarlo)

Sobat Yummy, pasti tidak asing dengan ikan asap kan?

Pengasapan juga bisa digunakan untuk mengawetkan daging ayam. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merendam ayam dengan air garam 10-15 menit. Setelah itu, kamu bisa melakukan pengasapan di dalam tungku sampai matang. Kemudian, kamu bisa mengambil ayam tersebut dan diolah baik digoreng ataupun dibakar.

Baca Juga: 5 Resep Ayam Bakar Ungkep, Bumbu Meresap Sempurna

Itulah beberapa cara menyimpan ayam tanpa kulkas agar tetap segar dan enak. Meskipun tidak memiliki kulkas, kamu tetap bisa menyimpan ayam dengan praktis dengan cara di atas. Namun, perlu diingat bahwa ayam yang disimpan tanpa kulkas biasanya hanya tahan selama beberapa jam atau maksimal satu hari. Jadi, segera olah ayam tersebut atau simpan di dalam kulkas jika memungkinkan. 

Kamu bisa mendapatkan resep dan rekomendasi mengolah ayam lainnya dari Yummy App. Di Yummy App, kamu juga akan menemukan resep, rekomendasi, dan wawasan kuliner lainnya yang akan meningkatkan skills memasak kamu!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Fitria

Laila Fitria

Ayam Masak 3 Saos

Ayam Masak 3 Saos

(5.0)

60 mnt

114

Artikel Lainnya di tips