​7 Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas agar Awet dan Tetap Segar

Cara ini gak bikin brokoli cepat kuning!

​7 Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas agar Awet dan Tetap Segar

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki ciri khas unik yaitu bentuknya yang mirip dengan pohon. Gak cuma unik, sayuran ini memiliki manfaat yang luar biasa lho bagi tubuh. Apa saja itu?

Brokoli mengandung banyak nutrisi dan vitamin terutama vitamin C dan vitamin A. Sayuran ini biasanya menjadi pilihan utama bagi para kaum vegetarian dan juga yang sedang menjalankan program diet.

Sayuran berwarna hijau ini ternyata butuh cara penyimpanan yang tepat lho agar tidak cepat layu ataupun menguning. Nah, di sini Yummy akan memberikanmu tips tentang cara menyimpan brokoli di kulkas agar tetap awet dan segar. Mau tau apa saja caranya? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

Cara Memilih Brokoli Terbaik

description
Unsplash.com/Shelley Pauls

Sebelum kamu mengetahui beberapa cara menyimpan brokoli dengan tepat, tentu ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa tips memilih brokoli yang tepat.

Ada beberapa tips yang bisa kamu pakai saat memilih brokoli di pasar atau supermarket. Tidak sedikit orang yang masih bingung cara memilih brokoli dalam keadaan segar.

Berikut cara memilih brokoli yang bagus kualitasnya:

  • Pilih brokoli dengan kepala bunga berwarna hijau tua, setiap daunnya tertutup rapat, dan memiliki postur yang kokoh;
  • Tangkai brokoli harus berwarna hijau muda yang segar tanpa adanya bagian berwarna coklat atau kuning;
  • Cek ujung batang brokoli, jangan pilih brokoli yang memiliki ujung batang yang layu atau mengering;
  • Kamu masih bisa membeli brokoli yang memiliki bunga kuning segar di ujung mahkotanya, karena bagaimanapun juga brokoli merupakan sayur yang tumbuh sebagai bunga;
  • Hindari brokoli yang sudah mengeluarkan bau tak sedap dan lembek atau terdapat bunga brokoli muda yang sudah menguning. Hal itu menandakan brokoli sudah tidak layak untuk diolah.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Pahit Pare, Antiribet!

7 Cara Menyimpan Brokoli di Dalam Kulkas

7 Cara Menyimpan Brokoli di Dalam Kulkas

Rasa dan nutrisi brokoli akan tetap terjaga jika kita bisa menyimpan brokoli dengan cara yang tepat. Berikut cara menyimpan brokoli di kulkas versi Yummy App yang bisa kamu tiru. Yuk, simak!

1. Merebus brokoli

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika memiliki brokoli di rumah adalah merebusnya dalam air. Cara ini adalah cara paling aman yang bisa kamu pakai untuk menjaga brokoli tetap segar tanpa cepat menguning.

Cara menyimpan brokoli ini gampang banget, kamu hanya perlu merebus brokoli secara cepat lalu tiriskan. Selanjutnya, kamu bisa langsung masukkan brokoli ke dalam wadah untuk disimpan di kulkas.

2. Menyimpan brokoli jauh dari sayur lainnya

Hal yang perlu diperhatikan saat kamu menempatkan brokoli di kulkas adalah letak penempatannya. Hindari menyimpan brokoli di dekat sayuran lain yang ada di kulkas. 

Ini dikarenakan sayur memiliki kandungan air yang bisa saja keluar saat di taruh di kulkas. Makanya, sangat disarankan untuk menyimpan brokoli di wadah yang mumpuni.

3. Menggunakan wadah terbuka

Wadah pertama yang bisa kamu pakai untuk menyimpan brokoli adalah wadah yang menyerupai vas. Wadah ini bisa menghindari brokoli tersentuh dengan sayuran lainnya di kulkas. 

Kamu bisa tempatkan brokoli di wadah dengan menambahkan air dingin. Perlu diingat, posisi bunga brokoli harus berada di atas. Nah, kamu juga bisa membungkus bunga brokoli dengan plastik. Kalau kamu mau menyimpan brokoli dalam waktu lama, jangan lupa untuk mengganti air dalam bucket setiap hari, ya! 

Brokoli yang disimpan di bucket ini bisa bertahan hingga jangka waktu satu minggu, lho!

4. Membungkus dengan tisu basah

Cara menyimpan brokoli di kulkas selanjutnya adalah menggunakan tisu basah atau handuk kertas. Sebelum kamu menempatkan brokoli di kulkas, kamu bisa memercikkan air ke arah bunga brokoli. Setelah itu, bungkus brokoli dengan tisu yang sudah dibasahkan.

Oh iya, hindari juga mencuci brokoli sebelum di simpan di kulkas ya, karena justru akan mempercepat pertumbuhan jamur pada brokoli.

5. Menggunakan kantong plastik

Brokoli mentah membutuhkan sirkulasi udara agar tetap segar, jadi kamu bisa menutupi bunga brokoli dengan kantong plastik. Pastikan kamu melubangi plastik tersebut atau membiarkannya tetap terbuka untuk menjaga kesegarannya. Brokoli akan tetap segar dengan menggunakan cara ini selama lima hari.

6. Masukkan ke freezer

Cara menyimpan brokoli di kulkas selanjutnya bisa dibilang sangat mudah, yakni menyimpannya di freezer. Kamu bisa menyimpan brokoli di dalam freezer hingga satu tahun lho! Tapi, hal ini berlaku jika kamu merebus brokoli terlebih dahulu. 

Caranya, kamu harus menyiapkan air panas dan juga air dingin. Potong brokoli menjadi potongan kecil dan tempatkan brokoli di air panas selama tiga menit, lalu angkat. Selanjutnya, masukkan brokoli ke dalam air es dan biarkan terendam selama tiga menit, lalu tiriskan.

Simpan brokoli yang sudah mengering ke kantung freezer dan tutup rapat.

7. Menggunakan wadah yang rapat

Cara menyimpan brokoli di kulkas terakhir yang bisa kamu ikuti adalah dengan menyimpan brokoli di wadah yang rapat. Kamu bisa memotong brokoli dengan potongan kecil atau sesuai selera.

Lalu, kamu juga bisa bersihkan bagian yang kotor pada brokoli dengan tisu. Terakhir, tinggal masukkan brokoli ke dalam wadah, tutup sampai rapat, dan masukkan ke dalam kulkas.

Itu dia tujuh cara menyimpan brokoli di kulkas versi Yummy App. Yuk, coba tipsnya supaya sayur brokoli yang ada di rumahmu bisa bertahan lama dan tetap segar. Semoga membantu, ya!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Awet dan Tidak Layu

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nirastorytummy

Nirastorytummy

Mork Zha Cai (Acar Batang Brokoli)

Mork Zha Cai (Acar Batang Brokoli)

(5.0)

5 langkah

434

Artikel Lainnya di tips