5 Cara Menyimpan Ikan di Kulkas agar Awet dan Tetap Segar

Simpan di bagian khusus, jauhkan dari bahan makanan lain, ya

5 Cara Menyimpan Ikan di Kulkas agar Awet dan Tetap Segar

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Terkadang Sobat Yummy mungkin ingin nyetok ikan tapi takut cepat busuk. Nah, menyimpan ikan di kulkas merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesegaran ikan dan mencegah keracunan makanan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ikan tetap segar dan terhindar dari kontaminasi. Berikut langkah-langkah cara menyimpan ikan di kulkas dengan baik dan aman.

1. Persiapkan Wadah yang Tepat

Gunakan wadah kedap udara atau kantong plastik yang dapat menutup rapat. Hal ini penting untuk mencegah ikan terkena paparan udara yang dapat mempercepat pembusukan.

Jika menggunakan kantong plastik, gunakan vacuum sealer atau pastikan mengeluarkan sebanyak mungkin udara dari dalam kantong sebelum menutupnya. Sobat Yummy bisa pilih kantong plastik zip lock yang bisa menutup dengan rapat.

2. Pastikan Suhu Kulkas yang Tepat

membuka freezer
ilustrasi membuka freezer (freepik.com/fabrikasimf)

Selanjutnya, atur suhu sesuai dengan jenis ikan yang disimpan. Suhu kulkas perlu dijaga agar ikan tetap segar.

Set suhu kulkas sekitar 0–4 derajat Celsius. Suhu ini adalah suhu yang ideal untuk menjaga kualitas ikan dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Ikan Segar dan Berkualitas Baik

3. Bersihkan dan Keringkan Ikan dengan Baik

Bersihkan ikan dari sisa-sisa lendir, darah, atau kotoran lainnya. Setelah itu, keringkan menggunakan tisu atau kain bersih.

Pastikan ikan benar-benar kering sebelum disimpan di kulkas. Kelembapan dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan membuat ikan cepat busuk.

Jika Sobat Yummy ingin menyimpan ikan yang dipotong menjadi bagian kecil, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang terpisah atau bungkus dengan plastik cling wrap, ya.

4. Simpan Ikan di Rak Bawah Kulkas

menyimpan ikan di kulkas yang tepat
ilustrasi ikan di es (pexels.com/Deane Bayas)

Agar ikan tetap segar dan tidak mencemari makanan lainnya di kulkas, sebaiknya simpan ikan di rak bawah kulkas. Hal ini juga membantu menghindari kontaminasi silang dengan makanan lain yang mungkin terjadi jika ikan yang bocor atau berasa jatuh ke makanan lainnya.

Jika kulkas kamu punya laci khusus untuk menyimpan ikan, gunakan laci tersebut. Laci khusus ini biasanya dilengkapi dengan drainase untuk menghindari ikan terendam dalam air.

Lalu, pastikan menyimpan ikan di area yang terpisah dari makanan lainnya dan jauh dari produk-produk yang mudah busuk atau berbau kuat, ya.

5. Cepat Sajikan atau Gunakan Ikan yang Disimpan

Ikan yang disimpan di kulkas sebaiknya segera digunakan atau disajikan dalam waktu beberapa hari. Semakin lama ikan disimpan, semakin berkurang kualitas dan keamanannya.

Selalu periksa tanda-tanda kerusakan pada ikan sebelum menggunakannya. Jika ikan terlihat atau tercium busuk, sebaiknya jangan digunakan.

Pastikan untuk memasak ikan dengan benar sehingga aman untuk dikonsumsi. Hindari makan ikan mentah atau setengah matang yang dapat mengandung bakteri atau parasit.

Menyimpan ikan di kulkas dengan cara yang tepat adalah kunci untuk menjaga kesegaran ikan dan mencegah kontaminasi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Yummy dapat menyimpan ikan di kulkas dengan baik dan menikmati hidangan segar setiap saat.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Duri Tulang Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nita95

Nita95

Sup Salmon Fillet

Sup Salmon Fillet

(5.0)

30 mnt

381

Artikel Lainnya di tips