Advertisement

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

4 Cara Menyimpan Tahu di Kulkas Agar Awet, Mudah Banget!

Simpan tahu dalam kulkas agar dapat bertahan lebih lama

4 Cara Menyimpan Tahu di Kulkas Agar Awet, Mudah Banget!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Tahu termasuk salah satu bahan masakan yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, tahu sering jadi bahan masakan andalan di rumah. Selain itu, tahu juga termasuk bahan masakan yang tahan lama jika disimpan di dalam kulkas. 

Perlu kamu ketahui, jenis tahu ini ada banyak sekali. Ada tahu putih, tahu sutra, tahu kuning, tahu pong, dan masih banyak lagi jenis tahu lainnya.

Meski tahu tergolong bahan makanan yang dapat disimpan cukup lama jika disimpan dengan benar, namun tidak jarang kualitas tahu mudah rusak dalam kondisi tertentu. Sangat disayangkan jika kamu membeli tahu dalam jumlah banyak untuk disimpan sebagai stok, namun ternyata kualitasnya malah menjadi rusak karena cara penyimpanannya yang kurang tepat.

Nah kali ini, Yummy App akan membahas tentang cara menyimpan tahu di dalam kulkas agar tahan lebih tahan lama.

1. Pilih tahu dengan kualitas bagus

cara menyimpan tahu
ilustrasi tahu (pexels.com/polinatankilevitch)

Pertama kali yang harus dilakukan saat membeli tahu adalah memilih tahu yang berkualitas. Pilih tahu dengan tekstur yang kenyal, lembut, beraroma kedelai, dan tidak berbau asam. Jangan pilih tahu yang licin dan berlendir, kemungkinan besar hal itu dikarenakan air rendaman tahu yang sudah diganti, dan tahu sudah tidak dalam kondisi yang baik.

Namun, jika kamu membeli tahu yang sudah tersedia dalam kemasan, pastikan untuk melihat tanggal kadaluarsa.

2. Segera bersihkan tahu setelah dibeli

mencuci bahan makanan
ilustrasi mencuci (pexels.com/michaelburrows)

Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang mudah berubah kualitasnya dalam waktu singkat. Oleh karena itu, tahu yang sudah dibeli harus segera dibersihkan perlahan dengan air mengalir.

Ini bisa dilakukan berulang kali untuk memastikan tahu benar-benar bersih dari kotoran. Sebab bisa saja air dari rendaman dari tahu yang kualitasnya sudah menurun membuat tahu berbau asam dan cepat basi.

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan ASI yang Tepat dan Benar, Orangtua Harus Tahu!

3. Kukus tahu sebelum dimasukkan ke kulkas

mengukus tahu
ilustrasi mengukus tahu (unsplash.com/jasonbriscoe)

Perlu kamu ketahui, proses pengukusan tahu harus dilakukan sebelum dimasukkan ke kulkas. Hal ini bisa mencegah tahu menjadi kering dan menyebabkan tetap berlangsungnya proses fermentasi. Karenanya, meskipun tahu sudah dicuci bersih tapi tidak melalui proses pengukusan terlebih dahulu, tahu bisa menjadi cepat basi dan berbau asam sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu bisa melakukan proses pengukusan. Untuk membuat kualitas dan nutrisi tahu tetap terjaga, Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam pada air kukusan, dan tunggu hingga benar-benar mendidih.

4. Simpan tahu dalam wadah tertutup

wadah tertutup
ilustrasi wadah tertutup (pexels.com/ibrahimplasticindustry)

Untuk mencegah adanya kontaminasi dengan makanan lain yang disimpan di dalam kulkas, kamu bisa menyimpan tahu ke dalam wadah tertutup dan kedap udara setelah dikukus. Meskipun kamu telah menyimpannya dengan baik, pastikan tahu masih dalam kondisi yang bagus, tidak berbau asam, dan berjamur sebelum kamu memasaknya.

Namun, bisa juga menyimpan tahu ke dalam kulkas dengan cara dibekukan. Di bawah ini, adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Buang air rendaman tahu. Setelah membeli tahu, disarankan untuk langsung membuang air rendaman tahu dan mengeringkannya. Hal ini dilakukan agar rasa dan tekstur tahu tidak berubah.
  • Potong tahu menjadi beberapa bagian. Memotong sisa tahu menjadi beberapa bagian, akan memudahkan saat melakukan penyimpanan di dalam wadah dan memudahkan kamu ketika akan mengambil beberapa bagian untuk dimasak.
  • Simpan potongan tahu dalam plastik atau wadah pembeku. Setelah tahu dipotong menjadi beberapa bagian, kamu bisa menyimpan potongan tahu dalam wadah kedap udara atau plastik. Hal ini dilakukan agar potongan tahu tidak saling menempel. Simpan di rak paling atas, dan hindari adanya penumpukan beban di atas tahu, guna menjaga tekstur dan bentuk tahu.

Nah, demikian cara menyimpan tahu di kulkas lengkap dengan tips memilih dan mengenali kondisi tahu yang baik untuk dikonsumsi. Download aplikasi Yummy gratis untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari.

Baca Juga: 7 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Agar Awet dan Enak!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Tahu Crispy Penyet Sambal Rawit

Tahu Crispy Penyet Sambal Rawit

(5.0)

30 mnt

recooks-0
Hana Arnin

Hana Arnin

Tahu Gejrot Super Pedas

Tahu Gejrot Super Pedas

(5.0)

10 mnt

130

Artikel Lainnya di tips