7 Tips dan Cara Merebus Ceker agar Empuk, Tak Perlu Dipresto!

​Cara ini lebih simpel dan cepat daripada pakai presto

7 Tips dan Cara Merebus Ceker agar Empuk, Tak Perlu Dipresto!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Ceker seringkali jadi favorit bagi banyak orang. Bukan hanya rasa yang gurih, ceker juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Ceker dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, gigi, gusi, hingga sistem kekebalan tubuh. Inilah alasan kenapa ceker juga kerap digunakan untuk melengkapi makanan sehat, termasuk MPASI untuk anak. 

Namun dibalik segala manfaatnya, ketika diolah ceker lebih susah untuk jadi empuk. Biasanya ceker akan lebih mudah empuk jika direbus dengan alat bantu seperti presto. Karena tanpa presto, mungkin kamu bertanya-tanya berapa lama merebus ceker agar empuk. Umumnya, waktu yang diperlukan tidak sampai 20 menit, tergantung dari metode memasak yang dipilih.

Nah, bagi kamu yang tidak ada panci presto, ada cara lain untuk membuat ceker rebus yang empuk. Yuk, intip cara merebus ceker tanpa presto berikut.

1. Bersihkan ceker hingga tak tersisa kulitnya

cara merebus ceker ayam agar empuk
ilustrasi ceker kemasan (flickr.com/jimbomack66)

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum merebus ceker adalah membersihkannya terlebih dahulu. Selain menghilangkan sisa bulu yang ada, kamu juga perlu menghilangkan kulit arinya. Kulit ari yang ada di lapisan terluar ceker ini memiliki tekstur yang keras dan dapat membuat ceker sulit empuk saat direbus. 

Cara membersihkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyayat bagian kulit ari dengan pisau. Setelah itu, rebus sebentar dan kamu bisa mengulitinya. Selanjutnya, kamu juga perlu membersihkan kuku yang ada pada ceker ayam. Bagian ini dibersihkan untuk menghindari kamu terluka saat memakan ceker.

2. Rendam dengan jeruk nipis sebelum direbus

jeruk nipis
ilustrasi jeruk nipis (freepik.com/d3images)

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah merendam ceker yang sudah bersih dengan jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis, kamu bisa menggunakan cuka untuk tahap ini, ya, Sobat Yummy!

Pastikan semua bagian ceker terlumuri air jeruk nipis atau cuka, dan rendam selama 15 menit. Cara ini dilakukan agar ceker rebus lebih harum dan tidak meninggalkan bau amis. Setelah 15 menit, bilas ceker di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada air jeruk nipis yang tersisa, karena nantinya hanya akan membuat ceker pahit.

3. Rebus dengan metode 5-30-7

cara merebus ceker agar empuk tanpa presto
ilustrasi merebus ceker (freepik.com/valeria_aksakova)

Setelah ceker bersih dan tidak bau amis, kamu bisa mulai merebus cekernya. Cara pertama yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan metode 5-30-7. Cara merebus ini sudah terkenal dan ampuh untuk membuat daging menjadi lebih empuk. 

Untuk ceker, pertama-tama kamu perlu merebus ceker ke dalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu matikan api kompor dan diamkan rebusan ceker dengan kondisi panci tertutup selama 30 menit. Selanjutnya, kamu bisa menyalakan api kompor kembali dan rebus ceker agar empuk selama 7 menit.

Baca Juga: 9 Resep Bumbu Ayam Ungkep untuk Stok, Praktis Tinggal Goreng!

4. Rebus dengan metode 7-20-10

cara merebus ceker agar empuk tanpa presto
ilustrasi merebus ceker (freepik.com/valeria_aksakova)

Selain metode 5-30-7, kamu juga bisa menggunakan metode memasak 7-20-10. Hampir sama dengan metode sebelumnya, metode memasak ini juga ampuh membuat beberapa masakan cepat empuk.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus ceker dengan air yang cukup selama 7 menit. Pastikan panci tertutup rapat saat proses ini. Selanjutnya matikan api kompor dan diamkan rebusan ceker selama 30 menit dengan keadaan panci masih tertutup. Lalu, kamu bisa merebusnya kembali dengan waktu 10 menit hingga mendidih.

5. Rebus dengan rempah

ceker dengan bumbu rempah
ilustrasi ceker dengan bumbu rempah (pexels.com/cottonbrostudio)

Selain dua teknik memasak di atas, kamu juga bisa memanfaatkan rempah-rempah sebagai media untuk mengempukkan ceker. Rempah yang bisa digunakan adalah jahe, serai, kapulaga, kayumanis, dan juga sejumput garam.

Untuk cara ini, kamu perlu sedikit effort karena prosesnya yang cukup lama. Namun, hasilnya ceker akan lebih empuk dan memiliki aroma yang khas rempah-rempah.

6. Goreng dan rendam dalam air es

menggoreng daging
ilustrasi menggoreng (flickr.com/andrewotto)

Cara lainnya adalah dengan menggoreng ceker terlebih dahulu setelah dibersihkan. Bagaimana caranya? Siapkan minyak yang panas untuk menggoreng dan goreng ceker hingga setengah matang. Setelah itu, angkat ceker dan masukkan ceker ke dalam wadah air es. Rendam sekitar 2 jam dan ceker siap kamu olah!

7. Rebus ceker dua kali

7. Rebus ceker dua kali
Ilustrasi merebus (flickr.com/kaitciuchta)

Cara terakhir yang bisa kamu pakai adalah dengan merebus ceker sebanyak dua kali. Setelah ceker direbus setengah matang atau selama 20 menit, kamu bisa merebusnya kembali selama 15 menit dengan menambahkan air lagi.

Rebus ceker hingga air menyusut. Jangan lupa juga untuk mengecek daging cekernya, ya. Jika belum empuk kamu bisa mengulang cara yang sama hingga ceker benar-benar empuk.

Cara merebus ceker di atas bisa kamu gunakan jika kamu tidak memiliki presto di rumah. Cukup menggunakan teknik memasak dan rempah saja, ceker yang akan kamu olah akan cepat empuk, deh!

Baca Juga: Cara Merebus Kikil agar Cepat Empuk dan Tidak Bau Amis

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

nareswari

nareswari

Sup Ceker MPASI Anak

Sup Ceker MPASI Anak

(5.0)

6 langkah

277

Artikel Lainnya di tips