​6 Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit, Mudah dan Cepat

​Makan daun pepaya gak perlu tersiksa lagi

​6 Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit, Mudah dan Cepat

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Buah pepaya merupakan buah dari daerah tropis yang digemari oleh banyak orang. Buah dengan daging berwarna jingga kekuningan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, di dalam satu buah pepaya memiliki sifat antibakteri dan serat yang tinggi.

Di Indonesia sendiri, setiap bagian pohon pepaya bisa diolah sebagai makanan, salah satunya adalah daun pepaya. Daun dengan cita rasa pahit yang khas ini juga gak kalah bermanfaat dari bagian lainnya. Tapi, karena rasanya yang pahit, banyak orang yang mengesampingkan bagian ini untuk diolah.

Jangan khawatir, Yummy App akan membagikan cara merebus daun pepaya agar tidak pahit ketika dimakan. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Manfaat daun pepaya

Daun Pepaya yang memiliki banyak manfaat
daun pepaya (flickr.com)

Sebelum mengetahui cara merebus daun pepaya agar tidak pahit, alangkah baiknya kamu membaca manfaat daun pepaya bagi tubuh. Simak di bawah ini, ya!

1. Mengobati gejala DBD

Daun pepaya yang diolah dengan cara dijus bisa kamu gunakan untuk mengobati gejala demam berdarah. Ekstrak dari daun pepaya ternyata bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kadar trombosit darah secara drastis.

2. Membantu menyeimbangkan kadar gula darah

Daun pepaya juga biasa digunakan untuk mengobati diabetes. Daun pepaya memiliki sifat antioksidan dan efek penurun gula darah yang membantu menghasilkan insulin di pankreas.

3. Melancarkan pencernaan

Daun pepaya juga dapat meringankan gejala pencernaan seperti penumpukan gas, kembung, dan mulas. Pasalnya, daun pepaya mengandung serat yang mendukung kesehatan pencernaan. 

4. Menjaga kesehatan kulit kepala

Daun pepaya memiliki senyawa yang memiliki sifat antioksidan, yaitu vitamin E dan flavonoid. Di mana makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stress oksidatif, stress yang tinggi dapat menyebabkan kerontokkan rambut.

5. Meredakan sakit haid

Usut punya usut, daun pepaya juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi kram dan nyeri perut saat haid, lho. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Nah, itu dia beberapa manfaat daun pepaya bagi tubuh. Lalu, bagaimana cara merebus daun pepaya agar tidak pahit? Simak beberapa cara merebus daun pepaya agar tidak pahit yang bisa kamu coba di rumah!

1. Merebus daun pepaya

ilustrasi memasak menggunakan panci
ilustrasi memasak menggunakan panci (unsplash.com)

Cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya adalah dengan merebusnya berkali-kali. Cara ini bisa kamu gunakan kalau kamu tidak-terburu-buru untuk mengolah daun pepaya. Bagaimana caranya? 

Saat merebus pertama kali, kamu bisa merebus daun pepaya di dalam air bersih selama 1 jam penuh. Setelah itu, buang airnya dan isi kembali dengan air bersih. Rebus daun pepayanya lagi selama 45 menit, setelah itu buang airnya kembali.

Terakhir, kamu bisa merebusnya kembali selama 30 menit. Tiriskan terlebih dahulu sebelum disantap atau diolah.

2. Merebus dengan garam

Garam yang ditaruh di dalam mangkuk kayu
cara merebus daun pepaya agar tidak pahit (unsplash.com)

Garam sejatinya sering digunakan sebagai penetral rasa pahit pada makanan. Maka dari itu, garam juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya. Berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk merebus daun pepaya? Jawabannya adalah tergantung dengan berapa banyak daun yang akan kamu olah.

Contohnya, ketika kamu ingin merebus daun pepaya sebanyak 4-5 ikat, maka kamu perlu merebus daun pepaya selama kurang lebih 30 menit. 

Baca Juga: 8 Daun Penurun Panas pada Bayi, Alternatif Obat Praktis dan Alami

3. Merebus dengan daun jambu biji

Pohon daun jambu biji
cara merebus daun pepaya agar tidak pahit (unsplash.com)

Cara merebus daun pepaya agar tidak pahit adalah dengan merebusnya dengan daun jambu biji. Pertama-tama, kamu harus menaburi daun pepaya dengan garam terlebih dahulu.

Biarkan daun terbalut dengan garam 10 menit hingga tidak ada getah pada daun pepaya lagi. Lalu, cuci daun pepaya dengan air hingga bersih.

Kamu tinggal merebus daun pepaya dengan menambahkan lembaran daun jambu biji di dalam satu wadah yang sama. Terakhir, rebus daun pepaya hingga terlihat layu.

4. Merebus dengan daun singkong

Pohon singkong segar dan rimbun
cara merebus daun pepaya agar tidak pahit (flickr.com)

Sama dengan cara merebus daun jambu biji tadi, rasa pahit dari daun pepaya juga bisa dinetralkan dengan menggunakan daun singkong. Pastikan untuk menghilangkan getah dari daun pepaya sebelum di rebus.

Setelah itu, kamu bisa merebusnya dengan daun singkong. Rebus hingga daun terlihat sudah layu dan juga empuk.

5. Merebus dengan asam jawa

Asam jawa yang disajikan di dalam wadah
cara merebus daun pepaya agar tidak pahit (freepik,com)

Cara merebus daun pepaya agar tidak pahit yang satu ini sangat mudah. Kamu hanya perlu merebus daun pepaya yang sudah dihilangkan getahnya dengan garam dan tambahkan asam jawa. Rebus selama 10-15 hingga daun pepaya empuk. Tiriskan dan daun pepaya kini siap disantap!

6. Merebus dengan tanah liat

6. Merebus dengan tanah liat
Pexels

Tanah liat jadi penetral rasa daun pepaya? Iya, kamu nggak salah abca kok! Tanah liat bisa jadi bahan alternatif untuk menetralkan rasa pahit saat merebus makanan. Bagaimana caranya?

Cara pertama, kamu bisa merebus daun pepaya yang sudah dihilangkan getahnya di dalam campuran air dan tanah liat selama kurang lebih 15 menit. Setelah tahap ini, jangan dulu diolah atau dimakan, ya!

Selanjutnya, kamu harus membilas daun pepaya dengan air bersih. Lalu, rebus kembali daun pepaya dengan air bersih selama beberapa menit. Nah, setelah tahap ini, kamu bisa menyantap daun pepaya atau mengolahnya dengan bumbu lainnya.

Itu dia beberapa manfaat daun pepaya dan cara merebus daun pepaya agar tidak pahit yang bisa kamu coba di rumah. Semoga membantu!

Baca Juga: 7 Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk dan Merekah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ummu Alfard

Ummu Alfard

Gulai Daun Pepaya #MENUTANGGALTUA

Gulai Daun Pepaya #MENUTANGGALTUA

(5.0)

5 langkah

1.1 rb

Artikel Lainnya di tips