7 Cara Merebus Kacang Hijau agar Cepat Empuk dan Merekah

Ikuti tips rahasia ini untuk dessert kacang hijau yang lezat

7 Cara Merebus Kacang Hijau agar Cepat Empuk dan Merekah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kacang hijau adalah salah satu kacang-kacangan yang sangat mudah dijumpai di berbagai tempat, entah itu pasar atau pedagang dessert lezat. Selain rasanya yang gurih, kacang hijau juga kaya akan nutrisi, di antaranya kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, dan berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat, vitamin E, dan vitamin K.

Salah satu dessert terkenal yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan dasarnya adalah bubur kacang hijau. Terkadang kamu merasakan tekstur bubur kacang hijau yang empuk dan lezat, 'kan?

Nah, kali ini Yummy sudah merangkum 7 cara merebus kacang hijau agar cepat empuk dan merekah sempurna. Mudah dicoba di rumah, catat tipsnya berikut ini, ya!

1. Pemilihan kacang hijau

cara merebus kacang hijau
ilustrasi kacang hijau (freepik.com/fabrikasimf)

Ketika membeli kacang hijau, carilah kacang yang memiliki kualitas baik. Pastikan biji dalam keadaan yang utuh dan memiliki warna hijau yang merata.

Selain itu, teliti juga dalam melihat kacang yang kamu pilih, khawatirnya akan bercampur dengan biji lain atau biji kacang hijau yang busuk. 

2. Rendam kacang hijau

cara merebus kacang hijau yang empuk
ilustrasi merendam kacang hijau (rouxbe.com)

Setelah mendapatkan kacang hijau yang berkualitas, sekarang saatnya mengolah! Eits, alangkah baiknya kacang hijau dicuci terlebih dahulu sebelum direndam.

Kalau sudah tercuci bersih, kamu bisa tempatkan kacang hijau di dalam wadah yang telah berisikan air. Rendam kacang hijau selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak. 

3. Didihkan air

merebus air
ilustrasi merebus air (pexels.com/RODNAE Productions)

Sudah direndam selama kurang lebih 1 jam? Kini saatnya meniriskan kacang hijau dan menyiapkan peralatan lain yang dibutuhkan.

Siapkan panci yang telah berisikan air, lalu masak air hingga mendidih. Kamu harus memasukkan kacang hijau yang sudah direndam ke dalam air mendidih agar cepat empuk.

Baca Juga: ​5 Cara Simpel Menggoreng Kacang Mete yang Renyah dan Gurih

4. Masak dengan api sedang

cara merebus kacang hijau yang empuk
ilustrasi merebus kacang hijau (dok. Yummy App/@izsaiz)

Satu hal yang harus diperhatikan saat memasak kacang hijau, yaitu besaran api yang digunakan. Ketika proses memasak, gunakan api yang sedang agar tingkat kematangan kacang hijaunya pas. 

Jika api terlalu kecil, maka proses memasak pun akan lebih lama. Sebaliknya, jika kacang hijau dimasak dengan api yang terlalu besar, khawatir kacang hijau akan matang tidak merata.

5. Rebus kacang hijau selama 5 menit

cara merebus kacang hijau yang empuk
ilustrasi merebus kacang hijau (dok. Yummy App/andrenia giawati)

Cara merebus kacang hijau yang bisa kamu ikuti yaitu dengan metode 5-30-7. Di mana, mula-mula kacang hijau direbus selama 5 menit dengan keadaan panci terbuka. Jika sudah, matikan kompor dan beralih tahap selanjutnya. 

6. Diamkan kacang hijau selama 30 menit

cara merebus kacang hijau yang empuk
ilustrasi kacang hijau yang telah direbus (flickr.com/Tiny Urban Kitchen)

Saat kacang hijau sudah dimasak selama 5 menit, matikan kompor. Tutup panci dengan penutup panci agar uap tetap berkumpul di dalam panci. Diamkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. 

7. Rebus kembali kacang hijau selama 7 menit

resep merebus kacang hijau yang empuk
ilustasi hasil rebusan kacang hijau yang empuk (chinasichuanfood.com)

Setelah sudah didiamkan selama 30 menit, lanjutkan dengan merebus kembali kacang hijau selama 7 menit dengan keadaan terbuka. Masih dengan menggunakan api sedang, kamu bisa melakukan langkah ini sembari membumbui kacang hijau sesuai selera.

Nah, itu dia tips merebus kacang hijau ala Yummy yang bisa kamu coba di rumah. Bikin dessert kacang hijau jadi lebih simpel dan hemat waktu, 'kan?

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 8 Manfaat dan Cara Mengolah Kacang Kedelai yang Kaya Protein

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Riska Wijaya

Riska Wijaya

Kolak Kacang Hijau Aroma Jahe

Kolak Kacang Hijau Aroma Jahe

(5.0)

7 langkah

168

Artikel Lainnya di tips