Advertisement

Advertisement

Advertisement

​Cara Merebus Kerang Dara agar Terbuka, Mudah dan Praktis

​Mengolah kerang dara jadi nggak sulit lagi!

​Cara Merebus Kerang Dara agar Terbuka, Mudah dan Praktis

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Pecinta seafood pasti udah gak asing lagi dengan kerang dara. Kerang dara adalah jenis kerang yang sehat karena rendah lemak dan juga mengandung protein yang tinggi. Tak hanya sehat, kerang dara menjadi favorit orang-orang karena rasanya yang unik dan lezat.

Nah, salah satu masalah yang sering dijumpai ketika mengolah kerang dara di rumah adalah cangkangnya yang sulit terbuka. Kira-kira bagaimana cara merebus kerang dara agar terbuka?

Untuk menjawab keresahan teman-teman di rumah, berikut ini Yummy App berikan tips dan cara merebus kerang dara agar terbuka. Yuk, simak caranya di bawah ini!

Advertisement

Cangkang keras dan cangkang lunak

Kumpulan Kerang dalam satu wadah
Unsplash

Sebelum masuk ke cara merebus kerang dara agar terbuka, kamu perlu tahu satu informasi tentang kerang secara umum. Kamu mungkin sudah tahu kalau kerang dara memiliki cangkang yang keras, bukan? Ternyata, kerang dara terbagi menjadi dua kategori cangkang lho, yaitu cangkang keras dan cangkang lunak. 

Kerang dara dengan cangkang yang lunak bukan berarti benar-benar memiliki cangkang yang lunak. Maksud dari lunak di sini adalah karena feeding siphon atau yang biasa disebut sebagai kaki kerang tidak berada di dalam cangkang. 

Nah, kerang dengan cangkang apapun itu harus tetap diolah dalam keadaan segar atau dalam keadaan hidup. Ketika mengolah kerang bercangkang keras, pastikan cangkang tertutup rapat. Kamu bisa memastikannya dengan cara mengetuk cangkang. Jika cangkang terbuka dan menutup lagi, artinya kerang dalam keadaan segar.

Sementara itu, ketika kamu mengolah kerang bercangkang lunak, kamu tidak perlu mengetuk cangkang untuk memastikan cangkang tertutup rapat. Ketuk siphon atau kaki kerang, ketika siphon sedikit tertarik, artinya kerang tersebut masih dalam keadaan segar.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mencairkan Daging yang Membeku

Advertisement

Bagaimana cara merebus kerang dara agar terbuka?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolah kerang dara. Namun, merebus adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Bagaimana step by step merebus kerang dara? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Membersihkan kerang dara

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan kerang dara dari pasir dan kotoran lainnya. Bagaimana caranya?

Pertama, ketuk kerang hingga cangkang sedikit terbuka. Beberapa kerang yang sedang beristirahat juga biasanya akan membuka sedikit cangkangnya tanpa harus diketuk. 

Nah, sedikit tips untuk kamu yang ingin memastikan kerang tersebut dalam keadaan segar. Kumpulkan kerang yang cangkangnya sedang terbuka dalam satu wadah, berikan sedikit ketukan pada cangkang dengan sendok. Jika cangkang tertutup, artinya kerang masih hidup dan dalam keadaan segar. Jika tetap terbuka, artinya kerang sudah mati sehingga kamu bisa membuangnya.

Jangan pernah memakan kerang yang sudah mati sebelum diolah. Pasalnya, bisa jadi kerang tersebut sudah terkontaminasi bakteri sehingga dapat berbahaya bagi tubuh. 

Setelah memastikan kerang masih dalam keadaan segar, saatnya membersihkan! Gosok bagian luar kerang secara menyeluruh dengan sikat. Nah, karena kerang sering bersembunyi di balik pasir, kamu juga harus memastikan kerang bersih dari pasir.

Cara menghilangkan pasir yang paling mudah adalah dengan merendam kerang di dalam larutan air garam. Kamu bisa mencampurkan 1 liter air (disesuaikan dengan banyaknya kerang yang kamu punya) dan campurkan dengan ⅓ garam. Rendam kerang selama beberapa jam.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ¼ tepung jagung untuk membantu mengeluarkan sisa kotoran lainnya yang bersarang pada kerang, baik itu kotoran pada cangkang kerang atau pada perut kerang.

Setelah selesai, kamu bisa memastikan kebersihan cangkang kerang dengan menggosoknya menggunakan kain kasar. Kalau sudah bersih, kerang dara siap direbus.

2. Merebus kerang dara

Kerang dara yang sudah bersih dari pasir dan kotoran lainnya bisa langsung kamu olah nih. Berikut ini beberapa langkah cara merebus kerang dara agar terbuka.

  • Isi panci dengan air, air bisa disesuaikan dengan banyaknya kerang yang akan kamu rebus; 
  • Tambahkan bumbu yang sudah kamu siapkan. Rebus terlebih dahulu bumbu hingga tercium wangi. Menambahkan bumbu bisa menambah cita rasa kerang dara yang akan kamu buat. Biasanya, bumbu yang digunakan untuk merebus kerang adalah garam, daun thyme, bawang merah, rosemary, bawang putih, dan lemon;
  • Didihkan air dan bumbu di dalamnya dengan api besar. Kamu bisa menutup panci agar air mendidih lebih cepat;
  • Setelah menambahkan bumbu, jika kamu ingin menambahkan lain seperti sayur, kamu bisa masukkan bahan tersebut terlebih dahulu. Sayuran seperti jagung, kentang, dan wortel biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk direbus;
  • Setelah sayur sudah terlihat lebih lunak (sekitar 20 menit), kamu bisa memasukkan kerang dara ke dalam rebusan. Jika kamu tidak menambahkan sayur, maka setelah air mendidih kamu bisa langsung memasukkan kerang dara;
  • Rebus kerang dara selama 8-10 menit. Waktu 10 menit biasanya sudah cukup untuk membuat cangkan kerang terbuka. Matikan api setelah 10 menit;
  • Tiriskan kerang dan bahan lainnya dengan saringan dengan bantuan penjepit. Diamkan selama beberapa menit hingga semua bahan mengering;
  • Pilah lagi kerang yang cangkangnya belum terbuka, meskipun sudah diseleksi kesegarannya sebelum diolah, tapi tidak menutup kemungkinan kerang ada yang mati sebelum kamu olah;
  • Sajikan kerang dengan sedikit perasan jus lemon untuk menambah rasa dan mengurangi bau amis.

Saat merebus kerang, pastikan kamu hanya merebusnya dengan waktu 10 menit. Jangan menunggu hingga semua cangkang kerang terbuka, karena ada kemungkinan kerang dara mati sebelum kamu olah. 

Kenapa kerang dara tidak disarankan dimasak lebih dari 10 menit? Alasannya adalah tekstur daging kerang yang dimasak lebih dari 10 menit akan lebih keras dan tidak enak dimakan.

Berapa lama kerang yang sudah kamu masak bisa bertahan? Menurut beberapa penelitian, kerang yang sudah dimasak bisa bertahan selama 3-4 hari jika kamu simpan di lemari es. Jangan menyimpan kerang di dalam freezer, karena bisa menyebabkan cangkang dan daging kerang dara menjadi keras dan sulit dimakan.

Demikian tips dan tahapan cara merebus kerang dara agar terbuka yang bisa kamu coba di rumah! Ternyata mudah banget kan caranya? Selamat mencoba!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 6 Cara Pengawetan Ikan yang Tepat Agar Tetap Segar Saat Dikonsumsi

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

helen purnamasari

helen purnamasari

Oseng Pedas Kerang Dara

Oseng Pedas Kerang Dara

(5.0)

6 langkah

127

Artikel Lainnya di tips

Advertisement

Advertisement