Cara Merebus Kikil agar Cepat Empuk dan Tidak Bau Amis

Coba cara ini sebelum mengolah kikil jadi masakan lezat

Cara Merebus Kikil agar Cepat Empuk dan Tidak Bau Amis

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Seperti halnya daging sapi, kikil sapi juga dapat menjadi pilihan sumber protein dan kalsium, namun dengan harga yang lebih murah. Meskipun begitu, tulang rawan pembungkus tulang dan jari-jari sapi ini juga tinggi kolesterol, sehingga kamu harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi kikil.

Kikil sapi mentah memiliki tekstur yang kenyal dan berlendir, ditambah bau amis yang khas. Saat mengolah kikil, hal inilah yang sering kali masih menjadi kendala. Untuk dapat mengolahnya menjadi masakan yang lezat, kamu perlu menyiapkan kikil agar lebih mudah diolah dan dimakan.

Jika kamu bingung bagaimana cara merebus kikil agar cepat empuk, kamu bisa menyimak informasi yang Yummy App rangkum berikut ini. Simak sampai akhir, ya!

1. Memilih kikil segar bewarna cokelat

ilustrasi kikil mentah sebelum direbus
ilustrasi kikil mentah sebelum direbus (app.yummy.co.id/Siswinarti)

Cara merebus kikil agar cepat empuk yang pertama adalah memilih kikil yang segar. Pastikan kikil yang kamu beli adalah kikil segar dengan kondisi yang masih layak. Kamu bisa memilih kikil yang bewarna cokelat muda atau sedikit agak tua. Warna tersebut dapat menentukan kualitas kikil yang kamu beli. 

2. Langsung bersihkan kikil

ilustrasi mencuci
ilustrasi mencuci (pixabay.com/ 国明 李)

Kikil harus langsung dibersihkan begitu kamu membelinya dengan cara mencucinya di air mengalir terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran luar yang terlihat.

Bersihkan kikil dengan bantuan pisau jika masih ada bulu yang menempel. Jika kamu tidak tahan dengan lemak atau lendirnya, kamu juga bisa membersihkannya setelah proses perendaman.

3. Rendam kikil dengan air mendidih

ilustrasi merendam kikil dengan air mendidih
ilustrasi merendam kikil dengan air mendidih (app.yummy.co.id/emma zainal bakhri)

Jika sudah dicuci, lanjutkan dengan merendamnya di air mendidih selama 10 atau 20 menit untuk mengangkat lendir dan sisa-sisa kotoran yang tidak tampak.

Setelah direndam, pori-pori pada kikil akan terbuka, lendirnya terangkat dan bau amis sudah mulai berkurang. Kamu bisa mulai membersihkan kikil dan memisahkan bulu-bulu yang menempel menggunakan bantuan pisau.

4. Potong-potong kikil sebelum direbus

ilustrasi memotong kikil sebelum direbus
ilustrasi memotong kikil sebelum direbus (app.yummy.co.id/Retno Adiesty)

Cara merebus kikil agar cepat empuk adalah dengan memotongnya menjadi bagian-bagian kecil. Untuk memudahkan dan mempersingkat proses perebusan, kamu bisa memotong kikil dengan ukuran siap santap atau sesuai selera. Setelah itu, siapkan air rebusan.

5. Jangan merebus terlalu matang

ilustrasi merebus kikil
ilustrasi merebus kikil (app.yummy.co.id/Lyliput Kitchens)

Kikil bisa direbus sampai tiga perempat matang selama kurang lebih selama 1-2 jam. Hal ini karena kikil masih harus melalui proses pengolahan dan memasak nantinya, sehingga kamu tidak perlu merebusnya sampai terlalu empuk.

6. Gunakan panci presto untuk merebus

ilustrasi panci presto
ilustrasi panci presto (freepik.com/KamranAydinov)

Cara merebus kikil agar cepat empuk selanjutnya adalah dengan merebusnya selama beebrapa menit. Untuk mempersingkat waktu merebus, gunakan panci presto bukan panci biasa. Jika kamu menggunakan panci presto, kamu bisa merebusnya selama 1 jam atau kurang.

7. Menambahkan rempah-rempah saat merebus

ilustrasi menambahkan rempah-rempah saat merebus kikil
ilustrasi menambahkan rempah-rempah saat merebus kikil (app.yummy.co.id/iffah foodies)

Kamu bisa menambahkan rempah dan bumbu saat proses perebusan untuk menghilangkan bau. Kamu bisa memasukkan jahe, daun jeruk, lengkuas, daun salam, ataus serai.

8. Memasak dan mengolah kikil

ilustrasi proses memasak dan mengolah kikil
ilustrasi proses memasak dan mengolah kikil (app.yummy.co.id/iffah foodies)

Jika sudah, kamu bisa membuang air rebusan dan menyiapkan bumbu untuk memasak kikil. Jika saat proses perebusan masih belum menghilangkan bau amis 100 persen, kamu bisa menyiapkan bumbu dan memasaknya dengan benar agar bau amis tersamarkan.

Beberapa menu masakan yang cocok kamu sajikan dengan bahan utama kikil adalah oseng-oseng mercon, gulai kikil, semur, atau balado.

Itulah tips dan cara merebus kikil agar cepat empuk ala Yummy App yang bisa kamu praktikkan. Kira-kira, kamu mau masak apa dengan bahan kikil hari ini? Oseng-oseng mercon, gulai kikil, semur, atau balado, ya?

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Sate Kikil Sapi

Sate Kikil Sapi

(5.0)

60 mnt

390

Artikel Lainnya di tips