3 Cara Promosi Makanan yang Menarik di Sosial Media

Lakukan ini supaya produk makanan lebih dikenal!

3 Cara Promosi Makanan yang Menarik di Sosial Media

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Membangun sebuah bisnis tentu bukanlah hal yang mudah karena memerlukan perencanaan yang matang. Terutama bisnis makanan yang saat ini semakin marak dilakukan oleh banyak orang.

Makanan memang menjadi salah satu produk yang laku terjual karena termasuk dalam kebutuhan pokok manusia. Hanya saja, ketika memutuskan untuk membangun bisnis makanan, kamu harus mempersiapkan banyak hal seperti ciri khas makanan, harga, hingga bagaimana mempromosikan agar makanan bisa dikenal dan digemari orang-orang. Karena tak jarang, bisnis makanan juga mengalami kegagalan karena cara promosi yang kurang tepat.

Untuk itu, Yummy App akan membantu Sobat Yummy menentukan cara promosi makanan yang bisa dilakukan, supaya bisnis berjalan lancar. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan promosi di media sosial, yaitu:

1. Buat produk kemasan yang menarik

Kemasan produk menjadi hal pertama yang bisa menarik perhatian para konsumen. Kamu harus membuat visualisasi kemasan yang bagus, dengan perpaduan warna yang cocok, supaya orang bisa tertarik dengan produk yang kamu jual.

Tidak selalu harus colorful, warna dan gambar yang simpel saja sudah bisa menarik konsumen, jika kamu bisa memilih warna dengan baik.

2. Foto produk

Karena kamu hendak mempromosikan di media sosial, ambil foto produk sebagus mungkin untuk menarik minat konsumen. Perhatikan latar dan kecerahan supaya hasil foto jadi bagus untuk dilihat. Kamu juga bisa melakukan proses editing untuk menambah daya tarik foto produk.

1. Cara promosi makanan di WhatsApp

cara promosi makanan di whatsapp
ilustrasi WhatsApp (pexels.com/anton)

Cara promosi makanan di WhatsApp cukup mudah untuk dilakukan dan tidak memakan waktu.

  • Kamu bisa memposting foto produk makanan yang kamu jual di status WhatsApp dengan menambahkan caption yang menjelaskan terkait produk yang kamu jual. Dalam caption harus terdapat kalimat yang persuasif (ajakan) dan solutif (memberikan jawaban atas sebuah permasalahan).
  • Selain di status WhatsApp, kamu juga bisa membuat akun WhatsApp Business terlebih dahulu, lalu membuat katalog produk untuk dipromosikan. Kamu bisa menghubungi orang-orang melalui teman, keluarga, saudara, untuk membagikan akun WhatsApp Business kamu, supaya banyak yang melihat produk makanan yang kamu jual.

Baca Juga: ​10 Ide Jualan Minuman Kekinian dengan Modal Kecil 

2. Cara promosi makanan di Facebook

cara promosi makanan di facebook
ilustrasi Facebook (pexels.com/andersonguerra)

Cara promosi makanan melalui Facebook cukup banyak, jadi simak dengan baik, ya!

  • Untuk mempromosikan makanan, kamu perlu membuat akun fanspage bisnis di Facebook terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk membuat produk yang kamu jual terlihat lebih kompeten dan profesional karena berisikan foto produk dalam sebuah katalog, alamat, dan juga kontak bisnis.
  • Setelah mempunyai akun bisnis sendiri, kamu bisa ikut bergabung dalam sebuah grup untuk mempermudah promosi ke banyak orang, tanpa perlu menghampirinya satu persatu.
  • Menggunakan fitur marketplace yang tersedia juga dapat mempermudah pembelian produk makanan serta produk jadi lebih dikenal oleh masyarakat di Facebook.
  • Gunakan kalimat pada caption yang ringan dan mudah dimengerti oleh konsumen, serta kalimat yang persuasif atau bersifat mengajak konsumen untuk membeli produk kamu.
  • Memanfaatkan fitur Facebook Ads sebagai cara promosi makanan yang kamu jual. Fitur Facebook Ads mampu menaikkan produk makanan dengan menggunakan iklan. Namun kamu perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan Facebook Ads.

3. Cara promosi makanan di Instagram

cara promosi makanan di instagram
ilustrasi Instagram (pexels.com/energepiccom)

Cara promosi makanan di Instagram bisa kamu lakukan dengan cara ini!

  • Alihkan dulu dari akun pribadi menjadi akun bisnis. Pada akun Instagram bisnis, sudah tersedia fitur-fitur yang bisa digunakan untuk berjualan seperti membuat katalog yang menarik di akun. Kamu juga bisa mencantumkan kontak serta alamat yang bisa dihubungi, jika konsumen hendak membeli.
  • Rajin-rajinlah memposting produk yang hendak dijual pada story dan feeds di Instagram menggunakan foto dan video menarik agar mudah disukai oleh pelanggan.
  • Pergunakan ads atau iklan juga untuk mempromosikan produk, yang biasanya akan muncul di sela-sela story dan feeds.

Cara promosi makanan terkadang juga tidak mengalami perkembangan, namun kamu jangan langsung menyerah, ya. Postinglah terus foto dan video produk yang kamu miliki dengan rutin dan konsisten. Pastikan foto dan video mempunyai tampilan yang bagus dan menarik para konsumen!

Baca Juga: 5 Cara Menentukan Harga Jual yang Tepat agar Tidak Rugi

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Recepi Foryouu

Recepi Foryouu

Chocolate Cupcakes

Chocolate Cupcakes

(5.0)

7 langkah

512

Artikel Lainnya di tips