10 Daftar Belanja Bulanan dan Tips Menghematnya

Kebutuhan terpenuhi, uang masih tercukupi

10 Daftar Belanja Bulanan dan Tips Menghematnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sobat Yummy sering kalap saat belanja bulanan? Belanja bulanan adalah kegiatan rutin yang biasanya dilakukan setelah terima gaji.

Biasanya, orang-orang akan nyetok kebutuhan yang harus dipenuhi dalam satu bulan. Mulai dari kebutuhan memasak sampai kebersihan harian, tentunya akan menjadi barang belanjaan yang harus dibeli setiap bulan.

Membeli barang yang cukup banyak sering kali membuat anggaran belanja bulanan menjadi sedikit membengkak, bahkan bisa mencapai 20–30% dari total penghasilan.

Nah, untuk menghemat belanja bulanan, kamu perlu mencatat daftar belanja bulanan sebelum pergi ke supermarket. Sebagai referensi, berikut kebutuhan bulanan dan tips belanja hemat.

Baca Juga: Lihat Resep Masakan di Yummy App, Belanja Online Bahannya di Blibli!

1. Beras

beras bahan makanan pokok
ilustrasi beras (freepik.com/Soho A Studio)

Beras merupakan bahan makanan pokok yang tak boleh ketinggalan. Pastikan kamu mengetahui rata-rata kebutuhan beras bulanan secara tepat.

Jika kamu dan keluarga jarang makan di rumah, disarankan untuk tidak membeli beras dalam kemasan 20 kg, melainkan cukup memilih yang berukuran 5 kg. Hal ini akan meminimalisir timbulnya kutu pada beras karena terlalu lama disimpan.

2. Gula

gula kebutuhan harian
ilustrasi gula (freepik.com/Alter-ego)

Sebelum belanja, cek lebih dulu stok gula di dapur supaya tidak terjadi pembelian berlebihan.

Sobat Yummy dapat membeli gula dalam kemasan besar yang lebih murah dan hemat. Manfaatkan diskon, promosi, atau loyalti di toko atau supermarket untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

3. Telur

telur kebutuhan pokok
ilustrasi telur (freepik.com/vecstock)

Sumber protein ini sudah menjadi makanan pokok sehari-hari yang murah dan mudah didapat.

Telur termasuk bahan makanan yang bisa bertahan empat hingga lima minggu jika disimpan di kulkas atau suhu dingin. Sementara di suhu ruangan, telur biasanya hanya bertahan satu minggu hingga sepuluh hari saja.

Jadi, ada baiknya membeli telur untuk stok per satu minggu untuk menghindari telur busuk karena disimpan terlalu lama. Nah, coba ingat kembali berapa butir atau kilogram telur yang biasanya dihabiskan dalam satu minggu.

Jika memungkinkan, pertimbangkan pula untuk membeli telur langsung dari peternak atau pasar tradisional, di mana harga seringkali lebih murah dibandingkan dengan toko-toko besar. 

Baca Juga: 10 Resep Olahan Telur Enak, Agar Tidak Bosan 

4. Minyak Goreng

sebotol minyak goreng
ilustrasi minyak goreng (freepik.com/Mateus-Andre)

Kebutuhan bulanan untuk minyak dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan memasak, ukuran keluarga, dan jenis masakan yang sering disiapkan.

Untuk menghemat, kamu bisa merencanakan menu makanan dalam seminggu, sehingga dapat meminimalisir belanja impulsif.

Cobalah untuk memasak dalam jumlah besar dan menyimpannya di kulkas. Lalu kamu bisa memanaskannya kembali saat ingin dimakan.

Selain itu, pilihlah jenis minyak yang sehat dan ekonomis seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak canola untuk penggunaan yang lebih lama dan lebih sehat.

5. Mi Instan

mi instan kebutuhan bulanan
ilustrasi mi instant (freepik.com/nataliakopylcova)

Untuk menghemat kebutuhan bulanan mi instan, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi mi instan dan beralih ke makanan lain yang lebih sehat. Jika tetap ingin mengonsumsi mi instan, belilah mi sayur atau mi vegetarian yang terbuat dari bahan-bahan organik.

Saat memasak, jangan lupa menambahkan sayuran atau protein lain, seperti telur dan daging agar lebih sehat.

6. Sayur dan Buah

sayur dan buah kebutuhan pokok
ilustrasi sayur dan buah (freepik.com/pixel-shot.com)

Telur dan mi instan sudah, jangan lupa untuk memasukkan sayur dan buah dalam daftar belanja bulanan, ya. Kamu bisa membeli buah yang sedang musim untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan banyak pilihan.

Selain itu, membeli sayur dan buah di pasar tradisional biasanya lebih murah dibandingkan supermarket. Jangan lupa untuk memilih sayur dan buah yang masih segar dan pertimbangkan cara penyimpanan yang tepat agar buah tidak cepat membusuk, ya.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas, Bisa Tetap Segar Kok!

7. Daging dan Ikan

daging dan ikan kebutuhan pokok bulanan
ilustrasi daging dan ikan (freepik.com/freepik)

Daging dan ikan adalah sumber protein dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan. Kamu bisa membelinya dalam jumlah besar dan simpan di freezer. Daging dan ikan beku bisa bertahan lama dan tetap segar asalkan menyimpannya dengan cara yang tepat.

8. Perlengkapan Kebersihan

alat kebersihan kebutuhan bulanan
ilustrasi alat kebersihan (freepik.com/freepik)

Dalam menghemat kebutuhan bulanan alat kebersihan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli produk dalam kemasan besar atau refill yang biasanya lebih murah per unit. Gunakan produk secukupnya dan hindari pemborosan, ya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat sendiri beberapa produk kebersihan rumah dengan bahan-bahan alami seperti cuka dan soda kue.

Jangan lupa pula untuk merawat alat kebersihanmu secara teratur agar dapat tahan lama. Kamu juga bisa memanfaatkan barang bekas seperti kain lama sebagai lap atau sikat.

9. Bumbu Dapur

bumbu dapur kebutuhan bulanan
ilustrasi bumbu dapur (freepik.com/Ula Bezryk)

Sementara untuk bumbu dapur, kamu bisa membelinya dalam kemasan besar atau grosir untuk mendapat harga lebih murah. Setelah itu, simpan bumbu dengan baik di tempat yang kering dan sejuk untuk mencegah tumbuh jamur dan cepat basi.

10. Makanan Frozen

usaha frozen food
ilustrasi usaha frozen food (youtube.com/harsonofrozenfood)

Pilih makanan frozen yang multifungsi dan bisa digunakan untuk berbagai masakan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa dan simpan makanan frozen dengan baik di freezer untuk mencegah kerusakan, ya.

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Nugget Tanpa Kulkas

Dengan menyusun daftar belanja bulanan, kamu dapat lebih terorganisir dan menghemat waktu. Pastikan daftar belanja kamu mencakup kebutuhan-kebutuhan yang kamu perlukan dalam satu bulan. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi lainnya mengenai kuliner di Yummy App!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nila Iswahyudi

Nila Iswahyudi

Nugget Ayam

Nugget Ayam

(5.0)

50 mnt

1.5 rb

Artikel Lainnya di tips