13 Film Tentang Makanan Terpopuler, Menghibur hingga Menantang!

Melihat dunia kuliner lewat film dari berbagai genre

13 Film Tentang Makanan Terpopuler, Menghibur hingga Menantang!

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Film dan makanan merupakan dua hal menyenangkan yang jadi favorit banyak orang. Tidak heran jika dua hal ini menjadi combo hiburan yang menarik minat khalayak, mungkin termasuk kamu salah satunya.

Jika kamu seorang pecinta film dan kuliner, atau mungkin bosan dengan genre film yang biasa ditonton, kamu pasti akan suka dengan film bertema kuliner di bawah ini. Melalui rekomendasi berikut, Yummy App akan mengajak kamu menikmati keseruan perjalanan kuliner ke seluruh dunia.

Berasal dari berbagai genre, film tentang makanan ini akan dapat membantumu melihat dunia kuliner dari berbagai sudut pandang. Mulai dari yang bikin lapar mata hingga yang bikin kamu merinding ngeri, bisa kamu jadikan pilihan. Yuk, simak informasinya!

1. The Menu (2022)

film the menu
ilustrasi scene dalam film The Menu (imdb.com)

Film ini bercerita mengenai Margot (Anya Taylor-Joy) dan Tyler (Nicholas Hoult) yang pergi ke sebuah pulau untuk mendapatkan pengalaman makan malam mewah. Jamuan ini digelar di sebuah restoran bergengsi yang hanya bisa dikunjungi oleh orang-orang kelas atas.

Restoran ini bertempat di sebuah pulau pribadi yang dimiliki dan dikelola oleh Chef Julian Slowik (Ralph Fiennes). Chef Slowik merupakan seorang selebriti chef terkenal yang berpengalaman dalam menyajikan makanan untuk kelompok kelas atas secara eksklusif.

Kengerian dan keanehan mulai terlihat sejak kedatangan rombongan tamu undangan di pulau tersebut. Margot dan tamu lainnya pun menyadari adanya kejanggalan dan berusaha untuk menyelamatkan diri dari sana.

Film dengan tema makanan yang satu ini baru saja dirilis pada akhir tahun 2022 lalu dengan genre horror-thriller. Meski tidak melibatkan hantu atau darah, film yang disutradarai oleh Mark Mylod ini mampu membuatmu merinding ngeri bagai berada di tepi jurang di setiap adegan kelamnya. Cocok untuk kamu yang senang dengan film penuh filosofi yang memantik pikiran.

2. Cook Up a Storm (2017)

film cook up a storm
ilustrasi scene dalam film Cook Up a Storm (imdb.com)

Film tentang makanan selanjutnya adalah film asal Cina dan Hongkong. Film ini mengangkat kisah mengenai persaingan dua orang koki Asia yang berasal dari latar belakang berbeda.

Koki jalanan Gao Tan Ci (Nicholas Tse) harus berkompetisi dengan juru masak profesional pemilik Bintang Michelin, Paul Ahn (Jung Yong-hwa). Persaingan mereka kemudian berubah menjadi kerjasama yang akur untuk bersaing melawan koki-koki negara Barat pada kompetisi masak internasional.

Film yang dirilis pada tahun 2017 ini tentunya penuh dengan sajian kuliner lezat. Terutama sajian kuliner Asia yang akan membuatmu lapar dan segera ingin makan!

3. Aruna & Lidahnya (2018)

film aruna & lidahnya
ilustrasi scene dalam film Aruna & Lidahnya (imdb.com)

Film Aruna & Lidahnya menceritakan mengenai Aruna (Dian Sastrowardoyo), seorang epidemiolog yang berangkat ke beberapa daerah di Indonesia untuk menyelidiki kasus flu burung. Ia ditemani oleh sahabat-sahabatnya, yaitu Bono (Nicholas Saputra) yang merupakan seorang chef profesional dan Nadezhda (Hannah Al Rashid) seorang kritikus kuliner dan penulis buku.

Film ini memiliki fokus utama cerita mengenai masakan Indonesia yang diawali dari obsesi Aruna terhadap dunia kuliner. Penyelidikan kasus flu burung tersebut menjadi jalan pembuka untuk memulai petualangannya.

Film ini dirilis pada tahun 2018 yang disutradarai oleh Edwin. Melalui film ini, kamu dapat menikmati visual apik dari makanan khas Indonesia yang siap menggugah selera. Pengambilan gambar untuk makanan-makanan tersebut terlihat sangat natural, yang membuatmu ingin segera mengajak keluarga atau teman akrab untuk makan rawon bareng-bareng di luar!

4. Tabula Rasa (2014)

film tabula rasa
ilustrasi poster film Tabula Rasa (imdb.com)

Satu lagi film Indonesia yang memberikan kamu kesempatan untuk dapat menikmati kekayaan kuliner lewat cerita dan visualnya. Film karya Adriyanto Dewo yang dirilis tahun 2014 ini merupakan drama-dokumenter. Bercerita mengenai makanan yang telah menghubungkan manusia dengan mimpi dan semangat hidup yang besar.

Hans (Jimmy Kobogau) adalah pemuda asal Papua yang merantau ke Jakarta untuk meraih mimpi sebagai pesepak bola. Namun sayang, mimpi tersebut gagal dan ia harus mengadu nasib di kota Metropolitan seorang diri.

Hans kemudian bertemu Mak Uwo (Dewi Irawan), seorang pemilik rumah makan masakan Padang yang berhasil terhubung dengannya lewat makanan dan masakan. Lewat pertemuan ini, Hans kemudian memulai jalan hidup baru.

Melalui film ini, tentu saja kamu dapat menyaksikan visual masakan khas Minang yang menggoda seperti dendeng batokok, rendang, hingga gulai kepala ikan. Kamu juga bisa berkesempatan melihat proses pengolahan makanan dan kondisi dapur rumah makan Padang yang menjadi sumber asal masakan lezat khas Nusantara yang satu ini.

5. Jiro Dreams of Sushi (2011)

ilustrasi film jiro dreams of sushi
ilustrasi scene dalam film Jiro Dreams of Sushi (imdb.com)

Lanjut dengan suguhan kuliner khas Jepang yang dapat kamu nikmati lewat film dokumenter yang satu ini. Film Jiro Dreams of Sushi bercerita mengenai perjalanan hidup Jiro Ono sebagai seorang chefsushi terkenal asal Jepang yang pernah meraih penghargaan bintang Michelin.

Michelin Star adalah penghargaan tertinggi dan bergengsi di bidang kuliner yang diberikan kepada restoran untuk hasil masakan yang dinilai luar biasa. Tidak hanya itu, restoran yang dianugerahi Michelin Star juga senantiasa konsisten menjaga kualitas makanan yang dihidangkan. Penghargaan ini seringkali menjadi tolok ukur kualitas suatu restoran.

Film ini mengeksplor kisah Jiro Ono yang akan membuatmu turut serta mengikuti perjalanan dan dedikasinya dalam membuat sushi dengan kualitas terbaik. Teknik-teknik memasak sushi diperagakan dengan indah dan detail. Teknik tersebut kemudian ia wariskan kepada anaknya, Yoshikazu dan Takashi. Keduanya kemudian juga memilih karir sebagai sushi chef dan membuka restoran mereka sendiri.

6. The Hundred-Foot Journey

ilustrasi film the hundred-foot journey
ilustrasi scene dalam film the hundred-foot journey

Film tentang makanan berikutnya adalah The Hundred-Foot Journey yang mengisahkan perjalanan keluarga Kadam yang bermigrasi ke Prancis. Mereka meninggalkan India menuju tempat yang lebih aman dan memilih menetap di sana. Keluarga tersebut kemudian mendirikan usaha berupa restoran yang menyajikan masakan India untuk bertahan hidup.

Seratus kaki (30 meter) di seberang gerai mereka, terdapat restoran Prancis milik Mallory (Helen Miren) yang sudah berdiri terlebih dahulu. Persaingan antar keduanya pun akhirnya tidak dapat dihindari.

Meskipun begitu, pada akhirnya mereka saling terbuka dan menerima perbedaan kultural yang ada. Hubungan tersebut membuat anak keluarga Kadam, Hassan (Manish Dayal) akhirnya saling jatuh hati dengan Marguerite (Charlotte Le Bon) yang kemudian memengaruhi masakan yang mereka buat.

Film yang menyajikan tema kuliner dengan unsur komedi dan latar belakang kultural ini memang layak jadi pilihan tontonan. Setting film yang sebagian besar dilakukan di dapur restoran, menimbulkan rasa penasaran akan cita rasa makanan yang dibuat. Masakan sederhana seperti omelet pun bisa bikin kamu ingin turut serta mencicipi!

Baca Juga: ​10 Rekomendasi Hotel untuk Bukber di Jakarta Terbaru 2023

7. Ratatouille (2007)

ilustrasi film ratatouille
ilustrasi scene dalam film Ratatouille (imdb.com)

Film animasi yang satu ini cukup populer dan fenomenal. Film ini diawali dari mimpi besar seekor binatang pengerat kecil bernama Remy untuk menjadi juru masak di dapur. Mimpi ini terdengar mustahil bagi keluarganya, sebab mereka hanyalah tikus kecil yang tinggal di gorong-gorong, tepat di bawah restoran milik chef terkenal di Perancis, Auguste Gusteau. Terlepas dari itu, Gusteau sendiri memiliki moto "anyone can cook" yang berarti siapa pun bisa memasak.

Petualangan Remy dimulai ketika ia menjalin kerjasama dan pertemanan dengan Alfredo Linguini, seorang pria canggung tukang sampah baru di restoran Gusteau. Bersama-sama, mereka kemudian mendapat kesempatan untuk memasak dan mendapat review positif dari kritikus makanan berpengaruh di Perancis. Keberuntungan ini akhirnya mengamankan posisi mereka sebagai chef dengan reputasi baik di restoran tersebut.

Meski ide ceritanya terdengar mustahil, namun bagi Pixar dan Disney yang memproduksi dan merilis film ini, tentu saja tak ada yang tidak mungkin. Film ini dirilis pada tahun 2007 dan disutradarai oleh Brad Bird. Judul dari film ini diambil dari makanan khas Perancis, Ratatouille yang menjadi masakan ikonik di film ini.

8. Julie & Julia (2009)

ilustrasi film julie & julia
ilustrasi scene dalam film Julie & Julia (imdb.com)

Dua bintang besar Hollywood, Meryl Streep yang memerankan Julia Child dan Amy Adams yang memerankan Julie Powell beradu akting dalam film yang berjudul Julie & Julia. Film ini berkisah mengenai perjalanan Julie dalam mempelajari resep masakan yang ditulis oleh Julia.

Julie Powell sendiri merupakan seorang blogger berbakat yang selalu membagikan hasil belajarnya tersebut, baik berhasil atau gagal, ke blog yang dikelolanya. Sementara, Julia Child adalah seorang bintang memasak di televisi Amerika, sekaligus penulis dan pegiat makanan senior yang sudah berkarir cukup lama. Sosoknya menjadi panutan banyak orang, terutama bagi Julia, untuk bisa belajar memasak dan menghasilkan makanan yang lezat.

Film ini cocok ditonton oleh kamu yang baru mulai belajar masak atau ingin mengembangkan hobi produktif yang satu ini. Dijamin sukses membangkitkan kembali semangatmu jika sedang lelah atau jenuh dalam belajar memasak. 

9. Chef (2014)

ilustrasi dalam film chef
ilustrasi scene dalam film Chef (imdb.com)

Film ini merupakan sebuah dokumentasi perjalanan seorang chef bernama Carl Casper (Jon Favreau) dalam mengarungi dunia kuliner lebih jauh dan lebih dalam.

Carl dulunya merupakan seorang chef di sebuah restoran terkenal, namun ia harus berhenti dari pekerjaan tersebut. Ia pun mulai membuktikan kreativitasnya terhadap makanan dengan berjualan food truck yang menyajikan makanan ala Cuban. Langkah ini juga diambil untuk menyatukan kembali keluarganya dan memberikan perhatian lebih kepada putranya.

Jika kamu mencari rekomendasi film tentang makanan yang mampu menggugah selera, Chef adalah jawabannya. Film ini siap memanjakan mata dengan pengambilan gambar yang apik dan alur cerita yang terasa hangat dan menyenangkan.

Selain itu, film yang juga dibintangi oleh aktris terkenal seperti Scarlett Johansson dan Sofia Vergara ini, dikemas menarik dengan menyajikan unsur konflik mengenai pekerjaan dan keluarga. Dijamin sukses membuatmu lapar mata di setiap adegannya!

10. Burnt (2015)

ilustrasi film burnt
ilustrasi scene dalam film CHef (imdb.com)

Pemilik penghargaan Bintang Michelin, Adam Jones (Bradley Cooper) merupakan seorang chef perfeksionis dengan reputasi yang naik turun. Ia juga sangat bergantung pada obat-obatan dan narkotika sehingga memiliki emosi yang tidak stabil. Hal ini membuatnya sangat tidak disukai dan berujung pada kehancuran karir dan reputasinya.

Kekacauan yang menimpa kehidupannya tersebut memaksa Adam untuk menenangkan diri selama beberapa tahun. Di pengasingannya di New Orleans, kamu akan disuguhkan kuliner seafood yang menggoda serta adegan memasak yang bisa membuatmu jatuh hati terhadap makanan yang satu ini.

Burnt bergenre drama yang akan menguras emosi, namun tetap bisa kamu nikmati sambil makan camilan kesukaan!

11. No Reservation (2007)

ilustrasi film no reservation
ilustrasi scene dalam film No Reservation (imdb.com)

No Reservation merupakan film bertema makanan bergenre romance-comedy yang disutradarai oleh Scott Hicks. Bercerita mengenai seorang chef yang bekerja di restoran terkenal bernama Kate (Catherine Zeta-Jones) yang harus absen sementara dari pekerjaannya untuk menjaga keponakannya yang masih kecil.

Posisi Kate kemudian digantikan oleh Nick (Aaron Eckhart) yang ramah dan periang. Kepribadian Kate yang keras, langsung saja membuat Kate memusuhi Nick karena menganggap posisinya sedang terancam. Keduanya bertemu dengan sifat yang saling bertolak belakang, yang menjadikan atmosfir dapur restoran terasa lebih panas.

Film yang dirilis pada tahun 2007 ini, selain menyajikan drama romantis dan komedi asik, juga menyuguhkan penampilan gambar makanan khas restoran mewah di kota Manhattan, New York. Bikin kamu ingin segera memanjakan diri dengan makanan mewah yang tidak hanya memuaskan lidah, namun juga mata.

12. Final Recipe (2013)

ilustrasi film final recipe
ilustrasi scene dalam film Final Recipe (imdb.com)

Dari New York, Amerika Serikat, kita beranjak ke Korea Selatan dan Thailand. Final Recipe turut dibintangi oleh aktris peraih penghargaan Academy Awards atau Oscar 2023, Michelle Yeoh, yang berperan sebagai Julia.

Bercerita mengenai seorang koki muda yang masih duduk di bangku sekolah bernama Mark (Henry Lau). Ia mengikuti kompetisi memasak dan harus bisa membuat masakan yang mengesankan juri, David Chen (Chin Han) dan istrinya Julia (Michelle Yeoh) yang merupakan koki idolanya. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan restoran kakeknya dan meneruskan usaha kuliner keluarga.

Pada kompetisi tersebut, Mark harus bersaing dengan peserta lain dari beberapa negara seperti Jepang, Australia, dan Korea yang lebih tua dan punya lebih banyak pengalaman dibanding dirinya.

Film ini diproduksi oleh tiga perusahaan asal Korea Selatan, Thailand, dan Singapura. Hal ini bikin kamu bisa ikut jalan-jalan dan menjelajah kuliner Asia, Eropa, hingga Amerika saat menontonnya.

13. The Platform (2019)

ilustrasi scene film the platform
ilustrasi scene dalam film The Platform (imdb.com)

The Platform merupakan kisah penjara vertikal berbentuk menara yang dihuni oleh ratusan napi. Diawali dari Goreng (Ivan Massague) yang secara sukarela masuk ke dalam Vertical Self-Management Center, penonton diberi suguhan fenomena yang terjadi mengenai keserakahan dan kelaparan.

Pada film ini diceritakan, penjara vertikal tersebut memberikan makanan kepada penghuni melalui sebuah platform secara vertikal. Makanan dibagikan mulai dari sel paling atas hingga sel yang paling bawah.

Makanan yang diberikan sebetulnya cukup untuk dibagikan, terdiri dari makanan pembuka, makanan utama, dessert sebagai penutup, hingga wine. Namun, penghuni sel atas yang serakah justru seringkali hanya memberikan makanan sisa kepada penghuni sel di bawahnya.

Bahkan, penghuni paling bawah bisa saja tidak mendapatkan jatah makanan sama sekali. Hal inilah yang kemudian memicu kerusuhan dan pertikaian di dalam sel penjara tersebut.

Film yang berhubungan dengan makanan ini, jangan harap bisa menggugah selera. Film ini justru penuh sindiran yang mengangkat isu-isu sosial, salah satunya isu keserakahan, kelaparan, dan sampah makanan. Film asal Spanyol ini dirilis pada tahun 2019 yang disutradarai oleh Galder Gaztelu-Urrutia dan bisa kamu tonton di Netflix.

Itulah 13 rekomendasi film tentang makanan yang bisa kamu tonton sebagai hiburan yang menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai sudut pandang mengenai makanan hingga teknik memasak yang memanjakan mata. 

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: 15 Resep Makanan Ringan yang Mudah Dibuat di Rumah, Pas untuk Camilan!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Elsa Agustina

Elsa Agustina

Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

(5.0)

5 langkah

409

Artikel Lainnya di tips