​10 Fungsi Tepung Maizena, Tidak Hanya untuk Makanan

​Inilah tepung serbaguna yang sebenarnya!

​10 Fungsi Tepung Maizena, Tidak Hanya untuk Makanan

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Maizena atau tepung jagung adalah bahan dapur umum yang terbuat dari biji jagung yang juga dikenal sebagai endosperma. Pati di dalam endosperma ini dipisahkan, diilas, dikeringkan, dan digiling menjadi bubuk halus, jadilah tepung maizena yang sering kita gunakan sebagai bahan memasak.

Di dapur, tepung maizena ini sering digunakan untuk mengentalkan makanan. Mengapa bisa begitu? Tepung maizena memiliki molekul pati yang dapat terurai dan mengembang saat dipanaskan. Molekul yang mengembang ini akan mengalami gelatinisasi dan menyebabkan pengentalan. 

Meskipun banyak orang yang mengenal maizena sebagai tepung yang biasa digunakan untuk memasak, tapi kegunaan tepung maizena lebih dari itu lho! Ada apa saja? Berikut ini fungsi tepung maizena yang harus kamu ketahui.

1. Memasak

1. Memasak

Fungsi tepung maizena yang paling utama tentunya adalah untuk memasak. Ada beberapa masakan dan trik dengan memanfaatkan tepung maizena. 

  • Sebagai pengganti telur
    Maizena bisa menjadi pengganti telur di dalam adonan kue, lho! Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan tepung maizena dengan 3 sendok makan air hangat. Teksturnya yang lengket bisa digunakan untuk mengganti telur dalam adonan kue.
  • Bahan omelet lembut
    Siapa yang suka membuat omelet untuk sarapan? Omelet yang mengembang bisa disiasati dengan menggunakan tepung maizena. Campurkan tepung dengan telur, kocok adonan, dan masak hingga matang!
  • Bahan wafel renyah
    Adonan wafel yang renyah bisa diakali dengan menambahkan tepung maizena ke dalam adonannya. Dijamin wafel yang kamu buat tidak akan lembek lagi!
  • Pengganti tepung serbaguna
    Tepung serbaguna hampir habis? Nggak perlu khawatir! Karena kamu bisa mengganti tepung serbaguna dengan tepung maizena, lho. Campurkan tepung maizena dengan sedikit tepung serbaguna dan juga baking powder bisa kamu gunakan untuk mengganti tepung kue yang habis.
  • Bahan untuk mengentalkan 
    Sudah menjadi rahasia umum kalau tepung maizena bisa digunakan untuk mengentalkan makanan. Kamu hanya perlu mencampurkan tepung maizena dengan beberapa sendok air saja. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengentalkan isian pie buah manis, lho.
  • Membuat gorengan renyah
    Siapa pecinta makanan crispy? Kamu bisa menggunakan tepung maizena untuk membuat makanan crispy. Tambahkan tepung maizena ini ke dalam adonan tepung crispy yang ada. Dijamin, makananmu akan lebih crispy dari sebelumnya!

2. Mengatasi masalah kulit

2. Mengatasi masalah kulit

Siapa yang pernah mengalami iritasi kulit? Tahukan kamu bahwa ternyata salah satu fungsi tepung maizena adalah untuk mengatasi masalah kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung maizena dengan beberapa tetes air dalam wadah. Campurkan kedua bahan tersebut hingga teksturnya mirip seperti pasta kacang.

Setelah itu, oleskan secara tipis adonan yang kamu buat ke atas kulit yang iritasi. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Apa Itu Tepung Maizena? Ini Perbedaannya dengan Tepung Terigu

3. Deodoran

3. Deodoran

Tepung maizena juga bisa kamu manfaatkan menjadi deodoran, lho. Maizena memiliki sifat yang bisa menyerap kelembaban, makanya beberapa orang menggunakan tepung maizena untuk dijadikan deodoran alami. Bagaimana caranya? Kamu membutuhkan beberapa bahan berikut, yaitu:

  • 3 sendok makan minyak kelapa
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan soda kue

Pertama, panaskan minyak kelapa menggunakan microwave selama 15-20 menit atau hingga mencair. Tambahkan tepung maizena dan soda kue sedikit demi sedikit hingga mengental. Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial dengan aroma kesukaanmu.

Namun, ada yang harus kamu perhatikan sebelum membuat deodoran alami ini. Ada beberapa orang yang iritasi dengan soda kue. Kalau kamu sering mengalami keringat yang berlebih, lebih baik deodoran alami ini dihindari. Sebaliknya, kamu bisa membeli deodoran komersial dengan bahan yang sudah pasti aman saja ya.

4. Dry shampoo

4. Dry shampoo

Selain jadi deodoran, fungsi tepung maizena berikutnya yakni sebagai dry shampoo alami. Caranya gampang banget, kamu hanya perlu menaburkan sedikit tepung maizena ke akar rambut dan sikat atau sisir dengan lembut hingga ke ujung rambut.

Namun, karena tepung maizena ini warnanya putih dan sangat terang, mungkin cara ini kurang efektif untuk kamu yang memiliki rambut hitam dan coklat gelap.

5. Cat kuku matte

5. Cat kuku matte

Kamu suka pakai cat kuku? Coba deh trik ini! Yup, fungsi tepung maizena juga bisa untuk membuat cat kuku matte. Caranya, kamu hanya perlu menaruh beberapa tetes cat kuku ke atas piring dan taburkan tepung maizena di atasnya. Campurkan kedua bahan tersebut dengan kuas. Cat kuku matte pun siap kamu pakai!

6. Pembersih alat makan silver

6. Pembersih alat makan silver

Bingung bagaimana caranya mengembalikan warna asli sendok silver di rumah? Kamu cukup membuat pasta maizena untuk mengatasi masalah ini!

Caranya adalah dengan mencampurkan tepung maizena dan air. Campurkan hingga teksturnya mirip seperti pasta. Gunakan kain lembab untuk mengoleskan pasta maizena ini ke sendok yang akan kamu bersihkan.

Setelah pasta mengering, kamu bisa menggosoknya dengan kain secara lembut. Alat makan pun terlihat seperti baru kembali!

Baca Juga: 12 Peralatan Dapur yang Berguna untuk Investasi Jangka Panjang

7. Menghilangkan gigitan serangga

7. Menghilangkan gigitan serangga

Gigitan serangga sering kali terasa gatal dan bisa juga menimbulkan iritasi. Inilah salah satu manfaat tepung maizena yang belum banyak diketahui banyak orang, yaitu dapat menghilangkan efek gigitan serangga.

Tepung ini dapat membantu mengeringkan kulit di sekitar gigitan serangga dan meminimalisir rasa gatal yang ditimbulkan. Bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan tepung maizena dengan beberapa tetes air dingin hingga membentuk pasta. Oleskan adonan tersebut ke bekas gigitan serangga, diamkan hingga kering, lalu bilas.

8. Meredakan kulit melepuh

8. Meredakan kulit melepuh

Kulit yang melepuh bisa jadi lebih buruk ketika kamu ada di lingkungan yang lembab dan sering kali bergesekkan dengan permukaan lain. Kamu bisa meredakan kulit melepuh ini dengan tepung maizena untuk menjaga area kulit melepuh agar tetap kering. Perlu diperhatikan, jangan mengoleskan tepung maizena ini tepat di area yang melepuh ya, karena malah akan menimbulkan infeksi.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Meremajakan Kulit

9. Menghapus percikan minyak di dinding

9. Menghapus percikan minyak di dinding

Dapur rumahmu pasti sering terkena noda saat memasak, bukan? Salah satu fungsi tepung maizena yang pasti sangat berguna untuk area dapur rumah kamu adalah dapat menghapus percikan minyak di dinding. Bagaimana caranya?

Kamu hanya perlu menaburkan sedikit tepung maizena pada kain lembut dan gosok noda berminyak pada dinding hingga memudar.

10. Membuat slime

10. Membuat slime

Fungsi tepung maizena yang terakhir akan dibahas oleh Yummy App kali ini adalah dijadikan bahan untuk membuat slime.

Hanya dengan menggunakan tepung maizena, air, glitter, dan pewarna makanan, kamu sudah bisa membuat mainan yang menyenangkan untuk anak-anak di rumah!

Nah itu dia berbagai fungsi tepung maizena yang bermanfaat untuk sehari-hari, mulai dari bahan memasak hingga bahan untuk membersihkan perabotan di rumah.

Namun, ada yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan tepung maizena ini, yaitu jangan mengoleskan tepung maizena ke luka terbuka atau menggunakannya pada wajahmu, ya. Selamat mencoba!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nirastorytummy

Nirastorytummy

Kentang Maizena Goreng

Kentang Maizena Goreng

(4.5)

5 langkah

694

Artikel Lainnya di tips