Comscore Tracker

Intip Resep dan Cara Membuat Cireng Crispy Anti Gagal, Yuk!

Intip cara membuat cireng crispy rumahan anti gagal!
Intip Resep dan Cara Membuat Cireng Crispy Anti Gagal, Yuk!

Makanan berbahan dasar tepung tapioka atau tepung aci mulai menjamur di masyarakat. Mulai dari cimol, cilok, hingga nama-nama baru seperti cirambay, cimin, dan lain-lain mulai digemari orang-orang. Selain harganya yang murah dan ramah di kantong, juga karena mudah dalam membuatnya. Namun, tentunya ada satu makanan yang masih eksis hingga kemudian naik ke permukaan lagi. Salah satunya adalah cireng. 

Cireng merupakan penganan asal Jawa Barat yang digemari banyak orang. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa, semuanya menyukai penganan kenyal ini. Biasanya, cireng dimakan pada sore hari dengan ditemani teh atau kopi. Cocok untuk teman ngemil.

Dewasa ini, cireng sudah banyak macamnya. Ada cireng isi yang biasanya diisi dengan bakso, sosis, ayam, kornet, dan keju. Cireng isi juga bisa dikreasikan dengan rasa pedas bagi yang suka pedas. Kemudian ada cireng bumbu rujak. 

Pada dasarnya, cireng bumbu rujak sama dengan cireng pada umumnya, hanya saja cireng bumbu rujak menambahkan saus berupa bumbu rujak untuk cocolan. Ada juga varian baru cireng yaitu cireng kuah. Sama dengan cireng pada umumnya, hanya saja cireng yang satu ini disiram kuah pedas untuk menikmatinya.

Kali ini, kita akan membahas cara membuat cireng crispy. Resep cireng tentu sudah banyak bertebaran di internet. Bermacam-macam cara membuat cireng crispy, bahan-bahan dan takarannya pun bervariasi. 

Ada yang membuat cireng crispy memakai daun bawang, ada juga yang tidak. Semuanya ditentukan selera. Namun, kali ini kita akan membahas resep yang ditulis oleh Mardiana di platform aplikasi Yummy. Bahan-bahannya dijamin mudah didapat dan langkah membuatnya simpel dan praktis. Yuk, disimak!

Alat yang diperlukan:

  • Sendok makan
  • Gelas ukur
  • Ulekan
  • Mangkuk
  • Panci
  • Penggorengan
  • Sodet untuk menggoreng dan spatula untuk mengaduk adonan
  • Saringan 
  • Piring

Bahan-bahan:

  • 10 sdm (sendok makan) tepung tapioka
  • 100 ml (mililiter) air
  • Daun bawang satu tangkai
  • Garam secukupnya
  • Penyedap secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • Minyak secukupnya

Cara membuat:

  1. Takar semua bahan terlebih dahulu. Masukkan 10 sendok makan tepung tapioka ke dalam mangkuk dan ukur air matang hingga 100 ml menggunakan gelas ukur. Sisihkan.
  2. Haluskan dua siung bawang putih menggunakan ulekan. Sisihkan.
  3. Campurkan air, bawang putih yang telah dihaluskan, penyedap dan garam secukupnya, dan satu sendok makan tepung tapioka ke dalam panci.
  4. Aduk adonan tersebut hingga merata menggunakan spatula.
  5. Nyalakan api, masak adonan yang berada di dalam panci hingga mengental. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong.
  6. Setelah mengental, masukkan adonan basah yang sudah jadi ke dalam sisa tepung tapioka.
  7. Potong-potong daun bawang menggunakan pisau kemudian masukkan daun bawang ke campuran adonan tadi.
  8. Uleni adonan sebentar saja menggunakan tangan. Jangan sampai adonan kalis.
  9. Setelah diuleni, bentuk adonan menjadi pipih bulat, tetapi jangan terlalu ditekan.
  10. Sisihkan adonan yang sudah dibentuk ke atas piring. 
  11. Masukkan minyak ke dalam penggorengan dan nyalakan api.
  12. Goreng adonan cireng yang sudah dibentuk hingga matang. Jangan lupa dibalik-balik menggunakan sodet agar matangnya merata. 
  13. Adonan yang sudah matang biasanya akan terlihat crispy di luar. Tiriskan cireng yang sudah matang menggunakan saringan.
  14. Setelah minyak tiris, sajikan cireng yang masih hangat di atas piring. Cireng siap dihidangkan.

Itu dia tadi resep cireng crispy viral anti gagal. Bagaimana? Cukup mudah untuk diikuti, bukan, resepnya? Bahan-bahannya pun juga mudah didapat. Tinggal cari di rak-rak dapur, kemudian buat sesuai resep, jadi, deh, cireng khas Jawa Barat yang hangat yang siap disantap ditemani teh atau kopi kala ngemil sore hari. Yuk, ajak seluruh keluarga dan teman untuk buat ulang resep ini!