10 Jenis Apel Paling Populer di Dunia, Sudah Pernah Cicip?

Serupa tapi tak sama, yuk, kenali bedanya

10 Jenis Apel Paling Populer di Dunia, Sudah Pernah Cicip?

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Jika kamu sedang menjaga pola makan sehat, maka apel menjadi buah yang wajib ditambahkan dalam menu makan harianmu. Apel termasuk buah tinggi serat dan air, namun rendah kalori yang mampu memberi rasa kenyang lebih lama di perut.

Namun, mengingat banyak apel yang memiliki karakteristik serupa, pernahkah kamu penasaran dengan berbagai jenis apel yang ada di dunia ini? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas 10 jenis apel yang paling populer di seluruh dunia. Yuk, simak!

1. Apel Red Delicious

jenis apel fuji
ilustrasi apel fuji (unsplash.com/Matheus Cenali)

Red delicious adalah apel paling populer di Amerika Serikat dan dikenal sebagai ikon buah apel. Jenis apel ini memiliki warna merahn yang cerah dengan tekstur daging buahnya yang renyah. Ketika didigit, red delicious akan terasa asam dan manis yang membuatnya semakin segar ketika dinikmati.

2. Apel Granny Smith

jenis apel granny smith apel hijau
ilustrasi apel granny smith (pexels.com/Pixabay)

Apel granny smith dikenal sebagai apel paling sehat, lho. Hal ini lantaran apel granny smith rendah gula dan karbohidrat, namun tinggi serat pektin yang sehat untuk barkteri baik pada usus. Apel granny smith dicirikan dengan warna hijau cerah dan terkenal akan rasa asamnya yang kuat.

Jenis apel ini biasanya digunakan dalam pembuatan pie apel atau saus apel karena rasa asamnya yang kuat dapat menyeimbangkan rasa manis dalam makanan penutup tersebut.

3. Apel Golden Delicious

jenis apel golden delicious atau apel kuning
ilustrasi apel golden delicious (unsplash.com/Elizabeth Kay)

Jenis apel populer selanjutnya, yaitu apel golden delicious yang termasuk apel paling disukai banyak orang. Apel ini memiliki aroma yang harum dan rasa asam manis yang menyegarkan. Kamu bisa langsung mengenal apel ini dari kulitnya yang berwarna kuning keemasan dengan bintik-bintik hitam.

Baca Juga: Kalori Apel, Kandungan Gizi dan Manfaat Apel

4. Apel Fuji

jenis apel red delicious
ilustrasi apel red delicious (pexels.com/Александар Цветановић)

Apel fuji berasal dari Jepang dan dikenal karena rasa manisnya yang kuat. Termasuk salah satu jenis apel yang populer, apel fuji disukai karena teksturnya yang renyah. Apel fuji biasa dimanfaatkan sebagai topping hidangan atau campuran dessert.

5. Apel Gala

jenis apel gala
ilustrasi apel gala (unsplash.com/an_vision)

Pernah menderngar apel satu ini? Apel gala adalah jenis apel yang berasal dari New Zealand dan populer di berbagai negara.

Warna kulitnya yang merah muda menggoda, selaras dengan daging buah yang lembut dan rasa manisnya yang khas membuat apel gala menjadi favorit banyak orang. Jenis apel ini sangat cocok untuk dijadikan snack sehari-hari.

6. Apel Honeycrisp

jenis apel honeycrisp
ilustrasi apel honeycrisp (pexels.com/Mareefe)

Sementara itu, honeycrisp adalah jenis apel yang terkenal karena teksturnya yang krispi. Kulit apel ini memiliki warna perpaduan antara merah, hijau, dan sedikit kekuningan. Ketika digigit, apel honeycrisp memberi rasa yang manis dengan hint keasaman, menjadikannya sempurna untuk dinikmati sendiri atau dijadikan pie.

Baca Juga: 11 Manfaat Apel yang Baik untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

7. Apel McIntosh

jenis apel mcintosh
ilustrasi apel mcintosh (flickr.com/William Newton)

McIntosh adalah jenis apel klasik yang ditemukan oleh seorang petani dan pemulia buah, John McIntosh, pada 1811 di Kanada. Apel satu ini memiliki perpaduan rasa asam dan manis yang seimbang.

Daging buahnya empuk dan sangat juicy. Jenis apel ini sering digunakan dalam minuman seperti cider atau jus apel.

8. Apel Cripps Pink

jenis apel cripps pink
ilustrasi apel cripps pink (flickr.com/Brenda Akker)

Mungkin kamu lebih mengenal apel ini dengan nama Pink Lady. Cripps Pink dikenal dengan kulitnya yang berwarna merah mudah, dan kombinasi rasa manis dan asam dengan tekstur yang renyah. Jenis apel ini biasanya digunakan dalam berbagai makanan penutup seperti kue dan pie.

9. Apel Braeburn

jenis apel braeburn
ilustrasi apel braeburn (flickr.com/Frédérique Voisin-Demery)

Apel braeburn termasuk salah satu jenis apel populer karena rasanya yang sangat kaya. Berasal dari Selandia Baru, apel ini memiliki tekstur yang padat dan juicy.

Warna kulitnya adalah campuran dari merah, hijau, dan kuning. Apel braeburn sangat cocok dimakan segar atau digunakan dalam berbagai resep.

10. Apel Jonagold

jenis apel jonagold
ilustrasi apel jonagold (flickr.com/rcrassweller)

Terakhir yaitu apel jonagold, yaitu jenis apel yang diciptakan dari persilangan apel jonathan dan golden delicious. Apel ini memiliki rasa yang sempurna, menyeimbangkan rasa manis dan sedikit asam. Apel jonagold memiliki daging buah yang renyah dan sangat ideal untuk dijadikan jus atau makanan penutup.

Baca Juga: 16 Jenis Kacang-kacangan Lezat, Kaya akan Protein dan Lezat

Nah, sekarang kamu sudah tidak bingung lagi dengan jenis apel yang bayak ditemui di pasaran. Dari kesepuluh apel di atas, mana yang paling kamu suka, nih, Sobat Yummy?

Mau lebih gampang cari resep dan rekomendasi kuliner lainnya? Yuk, download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Suka bingung dengan apel di toko karena warnanya yang mirip? Kalau begitu, simak, yuk, jenis apel paling populer dan karakteristiknya berikut ini.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hana Arnin

Hana Arnin

Choco Pineapple Pie

Choco Pineapple Pie

(5.0)

8 langkah

447

Artikel Lainnya di tips