Jenis-jenis Pisau Ini Wajib Kamu Ketahui, Permudah Proses Memasak!

Yuk, simak, biar kamu makin paham dalam penggunaan pisau!

Jenis-jenis Pisau Ini Wajib Kamu Ketahui, Permudah Proses Memasak!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Jangan pernah ngaku hobi memasak jika kamu belum paham mengenai jenis-jenis pisau di dapur. Salah satu alat penting di dunia perdapuran ini memang terbagi menjadi beberapa jenis tergantung fungsinya. Pisau untuk mengiris, mencincang, mengoles, mengukir, dan masih banyak lainnya.

Sobat Yummy harus paham mengenai edukasi jenis-jenis pisau ini, agar tidak salah pakai. Atau mungkin kamu berencana membeli satu paket pisau, yang memiliki jenis lengkap? Nah, kali ini Yummy App akan memberikan edukasi seputar per-pisau-an dan fungsinya. Cuss!

1. Paring Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi paring knife (unsplah.com/tristan frank)

Jenis pisau pertama yang harus kamu tahu, yakni paring knife. Pisau ini memiliki fungsi untuk mengupas kulit buah, memotong sayuran berukuran kecil, hingga digunakan untuk membuka kulit udang. Paring knife memiliki ukuran mini, sekitar 10–17 cm dengan ujung meruncing yang tajam.

2. Chef’s Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi chefs knife (unsplash.com/kevin doran)

Mungkin jenis pisau ini yang sangat sering dijumpai dan digunakan dalam dunia perdapuran. Fungsi pisau ini bisa digunakan untuk memotong, bahkan mengupas segala jenis bahan pangan, seperti buah, sayur, dan daging.

Chef’s knife juga biasa disebut pisau serba guna. Ukuran chef’s knife tidak terlalu besar ataupun kecil, sekitar 20–30 cm.

3. Boning Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi boning knife (pixabay.com/lindsey home)

Saat kamu ingin memasak daging tapi melekat pada tulangnya, untuk mempercepat proses pemisahannya, kamu harus gunakan pisau khusus pemisah daging dari tulang ini.

Boning knife di design dengan badan yang sedikit melengkung, dengan bilah tipis dan ujung yang meruncing. Bentuk tersebut dapat mempermudah kamu dalam mengontrol proses pemotongan.

4. Cleaver Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi cleaver knife (unsplash.com/shot)

Jenis-jenis pisau selanjutnya, yakni pisau cleaver. Pisau dengan badan yang besar dan lebar ini biasa ditemui di pasar pada pedagang daging.

Cleaver knife memiliki bobot yang berat dengan ganggang yang kokoh, sangat cocok untuk memotong-motong daging sapi, ataupun ayam yang masih mentah dan terdapat tulang. Tapi sekarang juga sudah hadir cleaver knife versi mini, sehingga lebih cocok untuk mencincang sayur maupun daging.

Baca Juga: 6 Cara Mengasah Pisau dengan Batu Asah, Dijamin Lebih Awet

5. Bread Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi bread knife (pixabay.com/tookapic)

Bread knife, seperti namanya berfungsi untuk memotong atau mengiris roti. Pisau ini memiliki mata pisau yang panjang, dan bergerigi sehingga dapat menjaga bentuk roti agar tidak hancur. Bread knife tidak terlalu tajam, cocok untuk mengiris roti yang memiliki tekstur lembut.

6. Mincing Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi mincing knife (amazon.com/amazon)

Pisau dengan bentuk unik seperti mincing knife, difungsikan untuk mencincang bahan pangan lebih mudah dan praktis. Bentuk mata pisang yang melengkung dengan dua ganggang, sehingga cara kerja kamu dapat menggoyangkan pisa ke kiri dan kanan. Bahan pangan pun lebih cepat tercincang dengan sempurna.

7. Serrated Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi serrated knife (pinterest.com/s click alliexpress com)

Jika Sobat Yummy ingin menggoreng kentang tapi dengan bentuk unik bergelombang, coba kamu potong dengan seratted knife. Jenis pisau ini memiliki mata pisau yang bergelombang sehingga menghasilkan bahan pangan yang dipotong menjadi berbentuk tak biasa.

8. Steak Knife

jenis jenis pisau
ilustrasi steak knife (unsplash.com/amirali mirhashemian)

Sobat Yummy saat ke restoran steak pasti akan menemui pisau ini. Steak knife memiliki mata pisau bergerigi dan ujung yang runcing tajam. Hal ini memungkinkan untuk pengguna dalam mengiris steak. Tidak hanya itu, steak knife juga kerap digunakan dalam penyajian burger.

Jenis-jenis pisau memang banyak, akan tetapi mungkin untuk rumahan, jarang menggunakan jenis pisau yang lengkap. Bahkan terkadang pisau digunakan untuk segala jenis kegunaan. Tapi sekarang Sobat Yummy telah paham, jadi jangan salah pakai, ya!

Baca Juga: 5 Cara Marinasi untuk Olahan Daging Sapi yang Lebih Nikmat!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Febriyana W

Febriyana W

Beef Sirloin Teriyaki

Beef Sirloin Teriyaki

(5.0)

5 langkah

471

Artikel Lainnya di tips