7 Kata-Kata Promosi untuk Jualan Online Laris Manis

Lihat magic words​ ini bekerja untuk jualanmu!

7 Kata-Kata Promosi untuk Jualan Online Laris Manis

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Dalam dunia bisnis online yang kompetitif, kata-kata yang dirangkai memiliki kekuatan besar untuk memengaruhi keputusan pembeli.

Bagaimana kamu mempresentasikan produk atau layanan melalui teks dapat membuat perbedaan besar dalam penjualanmu. Inilah mengapa penting untuk menguasai seni kata-kata atau dikenal juga copywriting ampuh dalam jualan online.

Artikel ini akan membahas beberapa kata-kata dan frasa yang dapat meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pembeli. Juga strategi komunikasi yang efektif untuk menjual produk atau jasa yang kamu miliki.

1. Promo terbatas

Kata "terbatas" memiliki daya tarik tersendiri. Ketika pelanggan merasa ada batasan waktu atau jumlah dalam suatu penawaran, mereka cenderung merasa terdorong untuk bertindak cepat.

Misalnya, "Promo terbatas! Hanya berlaku hingga akhir pekan ini" akan mendorong pembeli untuk segera membeli produk atau layanan kamu.

2. Gratis

Siapa yang tidak suka barang gratis? Kata "gratis" adalah salah satu kata paling ampuh dalam jualan online, karena pada dasarnya setiap orang menyukai pemberian cuma-cuma yang berguna.

Misalnya, "beli satu, dapatkan satu gratis" atau "gratis pengiriman" adalah tawaran yang sulit untuk ditolak oleh banyak pembeli.

3. Eksklusif

Kata "eksklusif" dapat menciptakan perasaan istimewa ketika orang berhasil mendapatkan produk tertentu. Ini bisa kamu terapkan pada barang dengan stok limit atau limited stock, seperti new release atau produk yang hanya disediakan pada musim-musim tertentu.

Misalnya, "akses eksklusif untuk anggota" atau "penawaran eksklusif hanya untuk Anda" akan membuat pembeli merasa mereka mendapatkan sesuatu yang unik.

4. Diskon

Diskon memang selalu menarik siapa pun, terlebih pada produk incaran mereka. Kata ini langsung menghubungkan pembeli dengan penghematan uang.

Misalnya, "dapatkan diskon 20% hari ini" akan membuat pembeli merasa bahwa mereka mendapat kesepakatan yang baik.

5. Keamanan

Di era kekhawatiran tentang keamanan bertransaksi secafa online, kata-kata yang menggarisbawahi keamanan, seperti "transaksi aman" atau "kebijakan privasi kami" dapat meningkatkan kepercayaan pembeli. Pastikan untuk selalu menjaga privasi dan keamanan pelanggan, ya.

6. Coba gratis

Jika kamu memiliki produk perangkat lunak atau jasa berlangganan, kata "uji coba gratis" adalah cara yang bagus untuk mengajak pelanggan mencoba sebelum mereka membeli. Ini mengurangi hambatan di awal dan membantu pembeli merasa lebih nyaman dengan produkmu.

Namun belakangan, penjual makanan hingga kosmetik juga menyediakan free sample yang bisa dicoba oleh calon pelanggan untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pembeli.

7. Rekomendasi pelanggan

Kata "rekomendasi pelanggan" atau "ulasan pelanggan" menguatkan kepercayaan calon pembeli pada produk maupun layanan yang diulas. Saat pembeli melihat bahwa orang lain telah memiliki pengalaman positif dengan produk atau jasamu, mereka lebih cenderung untuk membelinya.

Sudah banyak studi perilaku pembelian yang menyebutkan bahwa online review mempengaruhi keputusan pembelian di akhir. Jadi, pastikan kamu juga menawarkan pelayanan dan kualitas produk yang bagus, ya.

Baca Juga: 3 Cara Promosi Makanan yang Menarik di Sosial Media

Tips strategi komunikasi yang efektif untuk promosi

merancang strategi komunikasi untuk promosi
ilustrasi merancang strategi komunikasi (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Selain memilih kata-kata yang tepat, strategi komunikasi juga penting dalam jualan online. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan efektivitas pesanmu.

1. Kenali pelangganmu

Pada poin ini, kamu perlu memahami target pasarmu dengan baik. Apa yang mereka cari dan bagaimana kamu dapat memenuhi kebutuhan atau masalah mereka. Untuk menjawab ini, kamu bisa lihat kembali nilai atau keunggulan produkmu yang bisa ditawarkan kepada pasar.

2. Gunakan bahasa yang sederhana

Ketika mempromosikan suatu produk, sebenarnya kamu sedang mengajak audiens untuk take action seperti yang kamu harapkan. Karena itu, gunakan bahasa yang persuasif, singkat, dan tidak bertele-tele. Hindari pula penggunaan jargon atau bahasa teknis yang mungkin tidak dimengerti oleh semua pelangganmu.

3. Bangun kepercayaan pelanggan

Bangun kepercayaan dengan memberikan informasi yang jelas tentang produk atau jasamu. Sertakan bukti sosial, ulasan pelanggan, atau sertifikat keamanan jika mungkin.

4. Gunakan Call to Action (CTA) yang jelas

Panggilan untuk bertindak atau call to action (CTA) yang jelas seperti "Beli Sekarang" atau "Daftar Gratis" dapat membantu mengarahkan pembeli pada tindakan yang diinginkan. CTA menjadi elemen yang tidak boleh tertinggal ketika kamu membuat narasi promosi produk.

5. Cantumkan gambar yang menarik

Gambar produk yang berkualitas tinggi dan menarik dapat membantu menyampaikan pesan dengan lebih baik daripada kata-kata saja. Buatlah desain promosi produk yang eye cathing dengan menyesuaikan persona dari target pasarmu.

6. Lakukan uji coba, lalu pelajari

Lakukan A/B testing pada pesan dan strategi komunikasi untuk melihat style atau bentuk promosi seperti apa yang paling efektif. Caranya, buatlah 2 sampai 3 gaya promosi berbeda dalam satu waktu yang bersamaan atau dalam jangka waktu berdekatan.

Kemudian, lihat dan bandingkan gaya promosi mana yang paling banyak mendatangkan konversi atau reaksi positif dari target pasarmu. Setelah keluar hasilnya, kamu bisa gunakan gaya promosi tersebut untuk kampanye pemasaran selanjutnya.

Mempromosikan produk memang butuh kreativitas dan tidak selalu berhasil dalam sekali coba. Karena itu, kamu bisa mengolah kata-kata promosi untuk jualan online supaya tidak monoton dan semakin memikat target pasar.

Yuk, download aplikasi Yummy untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru dengan mudah.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Food, Mudah dan Tawarkan Banyak Pelanggan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Sayur Labu Pedas Sederhana

Sayur Labu Pedas Sederhana

(5.0)

30 mnt

213

Artikel Lainnya di tips