8 Kegunaan Minyak Wijen dan Tips Menggunakannya

Wajib baca biar tahu manfaat minyak wijen!

8 Kegunaan Minyak Wijen dan Tips Menggunakannya

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Minyak wijen adalah minyak yang diekstraksi dari biji wijen. Minyak ini telah digunakan dalam berbagai budaya kuliner selama berabad-abad dan juga memiliki beberapa kegunaan di luar dapur.

Sebagai tips, saat membeli minyak wijen, Sobat Yummy disarankan untuk memilih varietas yang diperas dingin atau tidak dimurnikan, karena mengandung lebih banyak nutrisi dan rasa alami dibandingkan dengan versi olahan. Simpan minyak wijen di tempat yang sejuk dan gelap agar terjaga kualitasnya dan mencegah oksidasi.

Nah, berikut ini adalah delapan kegunaan minyak wijen, Sobat Yummy!

1. Bahan Masakan

Kegunaan minyak wijen
ilustrasi biji wijen (pixabay.com/allybally4b)

Minyak wijen bisa, lho, dijadikan sebagai bahan masakan, Sobat Yummy! Sering kali digunakan sebagai bahan masakan dalam berbagai hidangan Asia, terutama dalam masakan Tiongkok, Jepang, dan Korea. Minyak ini memberikan aroma dan rasa khas yang kaya pada makanan, terutama ketika digunakan sebagai bumbu atau untuk menggoreng.

2. Saus dan Dressing

Kegunaan minyak wijen
ilustrasi saus dan dressing (pexels.com/Shameel Mukkath)

Selain jadi bahan masakan, minyak wijen juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat saus dan dressing. Misalnya, dalam saus hoisin, saus tiram, dan saus sambal, serta dalam dressing salad seperti dressing wijen. Apakah kamu pernah mencobanya?

3. Marinasi

Kegunaan minyak wijen
ilustrasi minyak wijen (pexels.com/Eva Bronzini)

Kamu bisamenggunakan minyak wijen untuk memarinasi atau merendam daging, ikan, atau sayuran sebelum dimasak. Hal ini dikarenakan minyak ini dapat memberikan rasa yang dalam dan kaya pada bahan yang direndam. Tentunya, dengan jumlah yang secukupnya, ya!

Baca Juga: ​3 Tips Membuat Ayam Goreng Tepung Kriuk, Lengkap dengan Resepnya

4. Penambah Rasa

Kegunaan minyak wijen
ilustrasi minyak (pixabay.com/Silviarita)

Minyak wijen sering digunakan untuk menambahkan rasa pada hidangan seperti sup, mie, dan tumis. Sedikit minyak wijen bisa kamu tambahkan pada tahap akhir memasak dapat memberikan sentuhan rasa yang khas. Coba deh rasakan rasanya yang khas!

5. Pengganti Lemak

Kegunaan minyak wijen
ilustrasi minyak wijen (pexels.com/ready made)

Selanjutnya, minyak wijen bisa juga digunakan sebagai pengganti lemak lain dalam resep. Misalnya, jika kamu ingin mengurangi jumlah mentega atau minyak sayur dalam adonan kue, Sobat Yummy dapat menggunakan minyak wijen untuk memberikan kelembutan dan kekayaan pada tekstur kue.

7. Perawatan Kulit

Kegunaan minyak wijen
ilustrasi minyak wijen (pixabay.com/silviarita)

Kamu lagi perawatan rambut? Nah, tahukah kamu bahwa minyak wijen merupakan salah satu bahan dasar dari produk-produk perawatan rambut, seperti sampo dan masker rambut, lho!

Kandungan minyak tersebut yang dapat melembutkan serta menyehatkan rambut menjadi dasar dari digunakannya minyak wijen. Ditambah, minyak wijen juga dapat membantu mengendalikan kekeringan dan kerusakan rambut.

8. Obat Tradisional

Kegunaan minyak wijen
ilustrasi obat tradisional (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, minyak wijen telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, lho! Kegunaan obat tradisional untuk minyak wijen termasuk pengobatan nyeri sendi, perut kembung dan gangguan pencernaan.

Namun, hal tersebut sebetulnya belum ada klaim resmi dari medis, hanya biasa digunakan oleh segelintir masyarakat. Jika sakit kamu tidak kunjung sembuh, silakan konsultasikan ke dokter, ya!

Ternyata ada banyak kegunaan minyak wijen dalam kehidupan sehari-hari kita, ya, Sobat Yummy. Tetap gunakan minyak wijen dalam jumlah yang secukupnya, ya. Hal ini dikarenakan akan mengganggu usaha dietmu kalau terlalu banyak menggunakannya. Selamat mencoba!

Baca Juga: ​Rajin Minum Minyak Ikan, Apa Manfaatnya bagi Tubuh?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Retno Adiesty

Retno Adiesty

Salad Buah dan Jelly

Salad Buah dan Jelly

(5.0)

7 langkah

466

Artikel Lainnya di tips